Sabtu, 12 Desember 2015

Danrem 161/WS Buka Pelatihan Bela Negara Undana


Pendam IX/Udayana
12 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., membuka pelatihan Bela Negara Universitas Nusa Cendana, Jumat (11/12) di Mako Brigif 21/Komodo, Naebonat Kupang.

Pelatihan bela negara Universitas Nusa Cendana ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antara Rektor Universitas Nusa Cendana dengan Korem 161/WS  beberapa waktu lalu yang disampaikan langsung oleh Rektor Undana Prof Fred Benu kepada Danrem 161/WS saat acara silahturahmi di Rektorat Undana.

Pihak Undana siap untuk mengerahkan 600 orang mahasiswanya untuk mengikuti pelatihan bela negara ini. Tapi untuk gelombang pertama ini baru diikuti 150 an mahasiswa.

Dalam sambutannya, Danrem 161/WS mengatakan dengan kondisi saat ini dimana kemajuan dunia sangat pesat kemudian adanya berbagai perkembangan issue internasional, regional, nasional maupun daerah seperti masalah radikalisme, ketegangan kawasan, perbatasan antar negara, separatis dan issue lainnya  setidaknya membawa pengaruh kepada kebidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang mungkin saja bisa mengikis rasa nasionalisme kebangsaan kita.

Untuk itulah maka Danrem 161/WS memandang penting pelatihan bela negara ini untuk semua kalangan masyarakat, termasuk mahasiswa yang merupakan kaum intelek, idealis dan generasi muda harapan bangsa.  Nasionalisme, patriotisme, bela negara, cinta tanah air merupakan hal yang patut ditanamkan pada diri setiap warga negara Indonesia, sehingga akhirnya tertanam kecintaan dan kebanggaan kepada bangsanya.

Rangkaian kegiatan pelatihan bela negara ini diawali dengan penjemputan kepada peserta di pintu utama Mako Brigif 21/Komodo oleh anggota Mabrigif sebagai bentuk ucapan selamat datang serta menggugah mental dan semangat peserta.

Para peserta tampak antusias terhadap pengalaman baru yang mereka dapatkan hari ini, semuanya diatur kata salah satu peserta. Kami disambut, kondisi kesehatan kami juga dicek, untuk meyakinkan kami benar-benar siap untuk mengikuti kegiatan ini.

Sementara Rektor Undana Prof. Fred Benu yang didampingi oleh Pembantu Rektor II Prof. Mangadas L. Gaul dan Pembantu Rektor III Prof Simon Oak pada upacara pembukaan pelatihan bela negara ini, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Korem 161/WS, kegiatan ini dapat berlangsung, semoga nantinya dapat berkelanjutan.

Selesai upacara pembukaan dilanjutkan pemberian materi oleh Danrem 161/WS tentang wawasan kebangsaan, dimana Danrem menggambarkan tentang kondisi Bangsa Indonesia sebagai negara yang luas dan besar serta memiliki kekayaan alam yang berlimpah yang menjadi rebutan negara-negara lain untuk memilikinya. Ini harus menjadi perhatian kita semua. Danrem juga menggambarkan tentang permasalahan yang sering dihadapi generasi muda seperti kenakalan remaja, Narkoba termasuk seringnya terjadi tawuran antar pelajar maupun antar mahasiswa. Masalah perbatasan juga disampaikan oleh Danrem yang saat sekarang mulai dibenahi, ditata, dibangun sehingga perbatasan negara kita benar-benar menjadi pintu terdepan atau etalase negara ini. Maka peran generasi muda sangat dibutuhkan termasuk peran para mahasiswa untuk berpartisipasi dalam mewujudkan bangsa ini lebih baik dan lebih maju.

Acara pembekalan oleh Danrem ini mendapatkan perhatian antusias dari mahasiswa diselingi dengan beberapa pertanyaan kritis yang disampaikan oleh beberapa peserta.

Hadir juga pada kegiatan ini Danbrigif 21/Komodo Kolonel Inf Parwito selaku tuan rumah, Kasiter Korem 161/WS Kolonel Edward Sitorus, Para Kasi Brigif dan Perwira lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar