Senin, 07 Desember 2015

KM Camara Nusantara 1 Angkut Pengiriman Perdana Ternak Sapi NTT Ke Jakarta


Pendam IX/Udayana
7 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Program Tol Laut yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo secara bertahap mulai terealisasi. Pemerintah Provinsi NTT melakukan pengiriman perdana ternak sapi dari NTT tujuan Tanjung Priok Jakarta, Minggu Malam (6/11) di Pelabuhan Tenau, Kupang, NTT.

Acara ini dihadiri langsung oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., Wakapolda NTT,  Staf Kementerian Pertanian RI, Ibu Vini, Dirjen Sarana Perhubungan Laut dan Perairan, Wahyu Widayat,  Kepala Syahbandar Tenau Kupang dan beberapa undangan lainnya.

Staf Kementerian Pertanian RI, mengatakan rasa syukurnya program Tol Laut pengiriman ternak sapi dari NTT tujuan Jakarta dengan menggunakan kapal khusus  bernama KM Camara Nusantara 1,  yang dirancang untuk pengiriman ternak sapi dapat terwujud dan terlaksana hari ini. Dan NTT mendapatkan kehormatan serta pengakuan dari pemerintah sebagai salah satu provinsi terbesar yang mampu menghasilkan ternak sapi di Indonesia.

Sementara Gubernur NTT menyampaikan terimakasihnya kepada pemerintah Indonesia yang sudah mefasilitasi pengiriman ternak sapi dari NTT dengan menyiapkan kapal khusus yang dirancang di Bangkalan, Madura ini. Dengan program tol laut  semua menjadi lebih efektif dan efisien, proses karantina bisa diminimalkan menjadi sehari, biaya bisa ditekan, kemudian waktu pengiriman Kupang-Jakarta selama 5 hari. Gubernur juga berterimakasih atas dukungan semua pihak, baik Korem 161/WS, Polda, Dinas Peternakan, Balai Karantina NTT dan yang tak kalah pentingnya para pengusaha dan peternak sapi di NTT yang ikut handil untuk mensukseskan program ini.

Mari kita syukuri apa yang sudah bisa dilakukan hari ini seraya program tol laut pengiriman ternak sapi NTT ke depannya dapat berkesinambungan dan berjalan baik. Kendala yang ada kita perbaiki secara bertahap. Berdasarkan laporan yang ada maka untuk tahap pertama ini diberangkatkan 353 ekor sapi dari kapasitas kapal yang mampu muat sebanyak 500 ekor. Sapi-sapi ini akan bongkar di Pelabuhan Tanjung Priok yang rencananya akan dihadiri oleh Presifen RI, Menteri Pertanian dan Menteri Perhubungan pada Jumat siang tanggal 11 Desember 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar