Kamis, 31 Desember 2015

Babinsa Jajaran Kodim 1602/Ende Mengecek Pembangunan JIT


Pendam IX/Udayana
31 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kegiatan pengawalan dan pendampingan semakin intensif dilakukan oleh Babinsa jajaran Kodim 1602/Ende. Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1602-03/Detsoko, Pelda Benediktus Benge, bersama Ketua Poktan Woamesu melaksanakan pengecekan kegiatan pembangunan Jaringan Irigasi Teknis. (JIT) sepanjang 70 meter, Rabu (30/12) di Detsoko, Ende.

Jaringan Irigasi Teknis sepanjang 70 meter ini telah selesai dikerjakan dengan realisasi 100 %, yang selanjutnya akan dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk mengairi lahan persawahan mereka.

Ketua Kelompok Tani Woamesu mengatakan rasa syukur dan terima kasihnya, pengerjaan Jaringan Irigasi Teknis ini dapat terselesaikan tepat menjelang pada masa tanam musim ini. Karena musim penghujan sudah turun, kita siap bercocok tanam, sementara dengan adanya JIT ini memudahkan dan melancarkan aliran air ke lahan persawahan.

Sementara Babinsa Koramil 1602-03/Detsoko mengatakan bahwa anggota Poktan Woamesu harus dapat memanfaatkan sarana irigasi pertanian ini secara baik, terlebih saat ini akan memasuki musim tanam bersamaan datangnya musim hujan tahun ini.

Rabu, 30 Desember 2015

Danrem 162/WB Berikan Ceramah Kebangsaan dan Belanegara Kepada Mahasiswa IAIN Mataram


Pendam IX/Udayana
30 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB memberikan ceramah Kebangsaan dan Belanegara kepada Mahasiswa dan Mahasiswi IAIN Mataram, Rabu (30/12) di Kampus IAIN Mataram.
Kegiatan yang dilaksanakan tersebut selain bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para Mahasiswa dalam membangun keutuhan berbangsa dan bernegara dalam kestabilan pemuda yang toleran, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi SAW.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., yang memberikan materi mengenai Belanegara dan proxy war, berharap para pemuda khususnya para Mahasiswa Institut Aagama Islam Negeri Mataram dapat memahami dan mengerti setiap materi yang disampaikan, sehingga nantinya dapat menjadi bekal dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari agar nantinya tidak terjerumus dan dapat bersama-sama memerangi proxy war, karena para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa harus mampu menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Hadir  dalam acara tersebut Kepala BNN Prov. NTB, Rektor IAIN dan para Dosen IAIN Mataram.

Kodim 1612/Manggarai Laksanakan Bhakti Penghijauan


Pendam IX/Udayana
30 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1612/Manggarai melaksanakan bhakti penghijauan,  Rabu (30/12) di Desa Compang Dehes, Kecaamatan Wae Rii, Kabupaten Manggarai.

Kegiatan penghijauan ini melibatkan warga masyarakat setempat sejumlah 60 orang yang bersinergi dengan anggota Kodim 1612/Manggarai.

Adapun pohon yang ditanam sebanyak 3.000 batang pohon yang terdiri dari jenis Pohon Ara, Pohon Cambir, Pohon Namut dan Pohon Nangke.

Menurut Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav Imron, menanam pohon sebanyak-banyaknya saat ini adalah ibarat menabung. Hasil yang didapat dari apa yang kita lakukan hari ini adalah buat masa depan generasi kita, alam akan hijau, udara segar, konservasi terjaga, termasuk terjaminnya ekosistem terlebih buat kita manusia sebagai mahluk utama ciptaan Tuhan yang sangat membutuhkan udara sehat dan berkualitas.

Untuk itu Dandim menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat untuk memelihara kelangsungan hidup tanaman pohon ini. Jangan hari ini sudah kita tanam dengan susah payah besok sudah hilang tak berbekas. Jadi masyarakat terdekat warga Desa Compang Dehes memiliki tanggung jawab lebih untuk hal ini, tegasnya.

Danrem 162/WB Berikan Pembekalan Ketahanan Nasional dan Belanegara Kepada FKUB


Pendam IX/Udayana
30 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB memberikan pembekalan Ketahanan Nasional dan Belanegara kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Prov. NTB, Rabu (30/12) di Kantor Departemen Agama Prov. NTB, Mataram.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., sebagai narasumber menyampaikan beberapa materi mengenai  “Ketahanan Nasional, Belanegara, Ancaman dan Tantangan Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Di Masa Depan”. Materi ini disampaikan mengingat Bangsa Indonesia saat ini dihadapkan pada ancaman yang tidak ringan dan berbeda dari masa sebelumnya, berbagai peristiwa yang terjadi diberbagai belahan dunia termasuk di negara kita merupakan salah satu permasalahan yang harus kita perangi bersama dan inilah yang dikenal dengan istilah proxy war, dimana pelaku tidak dikenal secara jelas namun bila dicermati dampaknya telah menimbulkan berbagai persoalan seperti terjadinya berbagai konflik di masyarakat, Parpol dan antar lembaga pemerintah yang dibentuk melalui konstitusi justru tidak saling memperkuat tetapi saling melemahkan, sehingga persatuan dan kesatuan yg menjadi Soko Guru Republik ini sedang dirobek-robek.

Untuk itu FKUB sebagai salah satu kekuatan utama Bangsa harus sadar dan paham akan ancaman yang sedang berkembang melalui cara-cara  baru dengan efek penghancuran yang lebih kuat  dan lebih dahsyat. Untuk itu diharapkan melalui kesempatan ini, FKUB Prov. NTB dapat mengajak seluruh masyarakat khususnya masyarakat NTB untuk selalu bersatu dan bahu-membahu dalam menjaga keutuhan dan Kedaulatan NKRI. 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kemeneg Prov. NTB, Ketua FKUB Prov. NTB, Ketua MUI Prov NTB, Kabinda Prov. NTB, Kesbang Pol, Kesra, Pengurus FKUB Sepulau Lombok.

Korem 162/WB Beserta Jajaran Sweping Pedagang Trompet


Pendam IX/Udayana
30 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Tim Intel Korem 162/WB melaksanakan razia pedagang trompet terkait berita yang beredar belakangan ini, mengenai maraknya trompet yang menggunakan sampul Al’Quran, Selasa (29/12) di Jalan Sriwijaya, Mataram.

Menanggapi berita yang beredar belakangan ini, baik di media elektronik maupun media cetak mengenai maraknya trompet yang menggunakan sampul Al’Quran, anggota Intel jajaran Korem 162/WB langsung bertindak melaksanakan razia pedagang trompet untuk mencari trompet yang menggunakan sampul Al’Quran sebagai bahannya,  dari hasil razia dagang trompet yang dilaksanakan di jalan Sriwijaya depan Kompleks Gebang tersebut ditemukan 7 buah trompet yang terbuat dari sampul Al’Quran. Pedagang dan barang bukti trompetnya langsung diamankan di Kantor Tim Intel Korem 162/WB untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Dengan adanya penemuan trompet di Jalan Sriwijaya tersebut, Korem 162/WB terus akan melaksanakan razia ke pedagang-pedagang trompet lainnya yang ada di wilayah NTB dan menghimbau kepada para pedagang untuk tidak lagi menjual trompet yang menggunakan sampul Al’Quran.

Kodim 1615/Lotim Sita Dua Truk Kayu Gelondongan Tanpa Dokumen


Pendam IX/Udayana
30 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Anggota Unit Intel Kodim 1615/Lotim mengamankan dua truk yang berisi kayu gelondongan tanpa dokumen yang diperkirakan sebanyak kurang lebih 4 kubik, Selasa (29/12) di Dusun Bubur Tedes, Desa Pengadangan, Kec. Pringgesela, Kab. Lotim.

Truk dengan nomor Polisi DR 8560 SZ yang diberhentikan oleh anggota Unit Intel Kodim 1615/Lotim ini dikemudikan oleh saudara Rudi, warga Desa Lenek Daya, Kec. Aikmel, Kab. Lotim. Menurut keterangan saudara Rudi, kayu gelondongan dengan jenis Bajur, Sengon, Elar, Boro dan Lemuru yang diangkutnya tersebut merupakan milik saudara Amaq Awaludin seorang pengusaha kayu dan pemilik Somil yang beralamat di Desa Kalijaga, Kec. Aikmel. Kayu yang diambil dari Dusun Selak Aik, Desa Banok, Kec. Pringgesela, Keb. Lotim ini rencananya akan dibawa ke Somil milik Amaq Awaludin.

Setelah diintrogasi oleh Letda Inf Junaidi yang merupakan Komandan unit Intel Kodim 1615/Lotim, sopir beserta barang buktinya kemudian diamankan ke Kodim 1615/Lotim untuk selanjutnya diserahkan ke aparat terkait yaitu Dinas kehutanan Kab. Lotim dan Polres Lotim.

Dengan adanya pengamanan kayu ilegal oleh Kodim 1615/Lotim ini,  kedepan diharapkan dinas terkait seperti Dishut dan Polres serta seluruh elemen masyarakat yang ada di Kab. Lotim dapat bekerjasama mencegah maraknya aksi-aksi ilegal loging  di wilayah NTB khususnya di Kab. Lotim.

Panen Raya Musim Tanam Tahun 2015 di Sumba Timur


Pendam IX/Udayana
30 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Jajaran Kodim 1601/Sumba Timur khususnya di wilayah Koramil 1601-01/Lewa melaksanakan panen raya musim panen Tahun 2015, Senin (28/12) di Desa Tanarara, Kecamatan Lewa, Sumba Timur.

Panen raya ini dilaksanakan jajaran Kodim 1601/Sumba Timur bersama Kelompok Tani Rama Pahamang1 bertempat di Poktan Rama Pahamang, Desa Tanarara.

Luas panen di  seluruh Desa Tanarara dilaksanakan pada lahan seluas 125 Hektar dimana di desa tersebut terdapat  5 Kelompok Tani yang masing-masing  Poktan menggarap lahan seluas 25 Hektar. Pada panen kali ini setiap Hektar lahan persawahan mampu menghasilkan gabah 7,5 Ton per Hektarnya.

Menurut Dandim 1601/Sumba Timur, Letkol Inf Alvin Teomoda Saragih yang hadir pada acara ini mengatakan, panen kali ini patut disyukuri dengan hasil per hektarnya sesuai dengan target yang diinginkan. Ini adalah buah jerih payah para petani yang tergabung dalam masing-masing Poktan yang telah melakukan proses penanaman, pemeliharaan secara baik dan sesuai arahan dari penyuluh lapangan, sehingga panennya pun menjadi baik dan maksimal.

Dandim juga mengapresiasi jajarannya yang telah secara baik dan tanpa mengenal lelah melakukan pendampingan terhadap para petani. Kerjasama yang sudah terjalin baik ini patut dilanjutkan dalam rangka untuk mencapai target swasembada pangan yang sudah dicanangkan pemerintah.

Di samping Dandim 1601/Sumba Timur hadir pada kegiatan  panen raya ini juga  dihadiri oleh Kadistan Sumba Timur, Camat Lewa, Pjs. Danramil 1601-01/Lewa, Ka BP3K Lewa, Ketua dan anggota Poktan Rama Pahamang 1, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh anggota kelompaok tani.

Koramil 1602-01/Ende Tanam Jagung Bersama Poktan Meru Jeja


Pendam IX/Udayana
30 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Jajaran Kodim 1602/Ende dalam hal ini Koramil 1602-01/Ende melaksanakan penanaman  bersama jagung jenis Hibrida bersama Kelompok Tani Meru Jeja, Senin (28/12) di Desa Jejaraja, Ende, NTT.
Kegiatan ini melibatkan para anggota Babinsa dan anggota Kelompok Tani Jeja Reja yang dipimpin langsung oleh Danramil 1602-01/Ende, Kapten Inf Supriyadi.

Anggota Babinsa dan para anggota kelompok tani bahu-membahu melakukan kegiatan penanaman ini pada lahan seluas  2  Hektar di Desa Jejaraja.

Menurut Danramil 1602-01/Ende kegiatan penanaman bersama ini merupakan wujud kebersamaan antara TNI dengan masyarakat untuk mewujudkan swasembada dan  ketahanan pangan di bidang palawija yaitu  jenis palawija jagung.
Ditambahkan kondisi lahan yang ada memungkinkan untuk ditanami jagung serta saat ini sudah didukung oleh cuaca  dimana hujan sudah mulai merata.

Danramil yang juga didampingi oleh para petugas PPL melakukan penanaman secara simbolis yang diikuti oleh seluruh anggpota kelompok tani dan para anggota Babinsa.  Diharapkan tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan subur  serta dengan pemeliharaan yang intensif maka akan menghasilkan panen yang optimal.

Senin, 28 Desember 2015

Korem 162/WB Gelar Ceramah Agama Dan Penyuluhan Kesehatan Sebanyak 250 Orang Peserta


Pendam IX/Udayana
28 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Korem 162/WB menggelar acara ceramah agama dan penyuluhan kesehatan kepada putra dan putri personel yang berusia 13 sampai 20 tahun sebagai upaya membentuk karakter generasi muda yang bertanggung jawab dan berwawasan, Senin (28/12) di Aula Sudirman Makorem 162/WB.

Kegiatan penyuluhan yang diikuti oleh 250 orang peserta tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai perbuatan yang dilarang dan dianjurkan agama, serta memberikan pengetahuan mengenai kesehatan kepada generasi muda khususnya bagi putra dan putri personel jajaran Korem 162/WB. Mengingat di era globalisasi seperti saat ini, dimana kemajuan tekhnologi semakin tidak terbendung sehingga masyarakat dengan mudah mengakses dunia luar untuk memperoleh infomasi baik yang bersiifat  positif maupun negatif. Namun seperti kita ketahui bersama bahwa, kebanyakan para pemuda kita saat ini  justru lebih mengikuti budaya barat yang cendrung bertentangan dengan adat kita, salah satu contohnya yaitu banyaknya generasi muda kita yang terjerumus dalam pergaulan bebas seperti penyalahgunaan Narkoba dan lain sebagainya.

Menyikapi hal itu dalam kesempatan tersebut, Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si. menyampaikan kepada seluruh peserta penyuluhan yang hadir agar benar-benar menyimak setiap materi yang disampaiakn baik oleh penceramah TGH Ilham Yusro, L.C. maupun oleh dr. Agus Thoriq, S.P.O.G yang memberikan penyuluhan kesehatan, sehingga nantinya apa yang disampaikan oleh pemberi meteri dapat benar-benar menjadi pedoman dan pandangan hidup para pemuda,  sehingga nantinya para pemuda ini tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang dampaknya cenderung negatif dan dapat merusak masa depan para generasi muda.

Selain itu, Danrem 162/WB juga menyampaikan mengenai proxy war. Dengan adanya penjelasan mengenai proxy war tersebut, maka diharapkan masyarakat khususnya para generasi muda dapat memahami dan mengerti bahaya yang akan ditimbulkan, agar nantinya dapat disampaikan keteman lainnya baik yang ada di lingkungan sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya, dengan demikian bersama-sama dapat memerangi dan menangkal dampak yang ditimbulkan dari proxy war  tersebut. Untuk itu kegiatan seperti ini sangat penting untuk kita laksanakan, sehingga para pemuda ini mendapat penjelasan dan pengetahuan mengenai dampak dari perkembangan tekhnologi saat ini, agar para pemuda kita menjadi generasi-generasi muda yang mampu memimpin dan menjaga NKRI agar tetap tegak berdiri.

Sabtu, 26 Desember 2015

Kodim 1624/Flotim : "Damai Natal di Flores Timur ".


Pendam IX/Udayana
26 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pada Malam Misa Natal Tahun 2015, Kamis (24/12), Kodim 1624/Flores Timur mengerahkan seluruh personel dan materiil guna terciptanya rasa aman dan nyaman pelaksanaan ibadah Misa Natal Tahun 2015 di seluruh Gereja yang berada di wilayah Kodim 1624/Flores Timur, demikian disampaikan Dandim 1624/Flores Timur Letkol Inf Dadi Rusyadi, S.E., disela-sela pelaksanaan Pengamanan Natal Tahun 2015 di Larantuka, Flores Timur.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa berdasarkan pantauan  dan laporan para Danramil di jajaran Kodim 1624/Flores Timur, seluruh personel jajaran Kodim 1624/Flotim telah melaksanakan pengamanan malam Misa Natal di wilayah Koramil masing-masing dengan aman dan berjalan kondusif tegas Dandim 1624/Flores Timur. Dalam pelaksanaan Pengamanan ini, jelas Dandim 1624/Flotim, satuannya.  berkoordinasi dengan Polres Flores Timur dan Polres Lembata. Tidak ketinggalan pula, sebagai bentuk tingginya rasa toleransi antar umat beragama di wilayah Kodim 1624/Flotim, Umat Islam dan elemen masyarakat yang lain, juga turut serta dalam pelaksanaan pengamanan Ibadah Malam Misa Natal Tahun 2015 di seluruh Gereja yang berada di wilayah Kodim 1624/Flotim.

Dandim 1624/Flotim menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat di wilayah Kodim 1624/Flotim yang telah mendukung terciptanya situasi yang kondusif selama Misa Natal ini, situasi seperti ini hendaknya kita jaga sampai perayaan Tahun Baru 2016, harap Dandim 1624/Flotim

Kodim 1618/TTU Laksanakan Penanaman Anakan Mahoni


Pendam IX/Udayana
26 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta


Kodim 1618/TTU melaksanakan kegiatan penghijauan  penanaman pohon Mahoni yang berjumlah ratusan anakan pohon Mahoni, Kamis (2412) di beberapa wilayah Koramil jajaran.

Menurut Dandim 1618/TTU Letkol Arm Dodi Diantoro mengatakan penanaman anakan Mahoni ini dilaksanakan di beberapa wilayah Koramil jajaran Kodim 1618/TTU. Untuk wilayah Koramil 1618-01/Kota Kefamenanu penanaman dilaksanakan  di Gunung Maol di belakang Koramil 1618- 01/Kota dengan jumlah anakan 100 pohon yang melibatkan 40 orang personel. Di Koramil 1618-02/Miobar tepatnya di sekitar Koramil Eban dengan jumlah anakan 100 pohon yang melibatkan sebanyak 35 orang personel. Hal yang sama dilaksanakan juga di wilayah Koramil 1618-03/Insut tepatnya di  sekitar Jalan Perbatasan Wini, dengan jumlah anakan 100 pohon dengan melibatkan 30 orang peserta. Di  Koramil 1618-04/Bisel yang berlokasi di Desa Keun, Kecamatan Insana menanam anakan 100 pohon dan 50 orang peserta.

Sementara di Koramil 1618-05/Buit tepatnya di Desa Manubmean, Kecamatan Biboki Feutleuh ditanam 200 anakan pohon Mahoni melibatkan 50 orang personel. Lokasi penanaman lainnya adalah Koramil 1618-06/Bian, di Desa Oemanu, Kecamatan Bian dengan jumlah anakan 150 pohon dengan melibatkan 50 orang personel. Kegiatan ini dirasa tepat sehubungan musim hujan saat ini cocok untuk melaksanakan penanaman dengan harapan ke depan akan memberikan manfaat untuk penghijauan dan pelestarian lingkungan.

Danrem 161/WS dan Kabinda NTT Kunjungi Lokasi Bendungan Rotiklot


Pendam IX/Udayana
26 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta


Danrem 161/WS, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M.,bersama Kabinda. NTT Brigjen TNI Edison Napitupulu melaksanakan kunjungan ke lokasi Bendungan Rotiklot, Kamis (24/12) di KM 10 Dusun Rotiklot, Atambua, Belu.

Tujuan kegiatan yang dilakukan Danrem 161/WS bersama Kabinda NTT dalam rangka untuk mengecek dan memastikan kesiapan lokasi Bendungan Rotiklot yang rencana akan dikunjungi dan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo selain juga  meninjau Perum Warga Baru di Desa Dualaos Kecamatan  Kakuluk Mesak, Belu.

Kedatangan rombongan Danrem 161/WS dengan menggunakan Helly jenis Bell disambut oleh Penjabat Penjabat Bupati Belu, Dandim 1605/Belu Letkol Inf M. Nanang, Pejabat BIN wilayah  Kabupaten Belu Letkol inf Yohanes, Danyon yonif 744/SYB, Dansatgas Yonif 725/Wiroagi, Dansubdenpom Atambua, Dantim Pom Satgas Pamtas RI - RDTL dan Perwira Staf Kodim 1605/Belu.

Lewat jalur darat yang berjarak sekitar 10 Kilometer dari Kota Atambua, rombongan langsung meninjau lokasi pembangunan dan proses pembangunan Bendungan Rotiklot yang didampingi oleh staf NK (Nindia Karya). Setelah selama satu jam, rombongan meninggalkan lokasi pembanguanan bendungan menuju ke Desa Dualaus dengan menggunakan jalur darat untuk meninjau lokasi pembangunan rumah bantuan kepada eks pengungsi Timor Timur untuk mengecek lokasi serta luas tanah yang akan dibangun perumahan.
Kegiatan selesai Danrem 161/WS kembali ke Bandara AA Bere Tallo untuk selanjutnya take off menuju Kupang.

Jumat, 25 Desember 2015

Perayaan Maulud Nabi Muhammad S.A.W Tahun 2015 di Kupang secara Tradisional

Pendam IX/Udayana
25 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta


Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., menghadiri perayaan Maulud Nabi Muhammad S.A.W. Tahun 2015 yang dirayakan secara, tradisional, Rabu (23/12) bertempat di Masjid Agung Al' Baitul Qadim Airmata di Jalan Trikora No 29 Kelurahan Air Mata, Kecamatan.Kota Lama, Kupang.

Tema perayaan kali ini, yaitu "Sripuan Simbol Cinta Kasih,Serta Toleransi Antar Umat Beragama Menuju Kota Kasih dengan Sub Tema " Benang Merah Kebudayaan Melayu Antara Bangka Belitung dan Kota Lama Kupang NTT " yang dihadiri  oleh Kadis Pariwisata Bangka BelitungbTajudin SH, mewakili Gubernur Bangka Belitung, Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto S.E.M.M, Ketua DPRD Provinsi NTT Anwar Pua Geno, Walikota Kupang Drs.Jhonas Salean SH.M. Si, Dandim 1604/Kupang Letkol Inf Subar , Kepala B2KP H Husaen, Ketua MUI Provinsi .NTT H. Abdul Makarim, Pimpinan SKPD Kota Kupang, Forkopimda Kota Kupang, para Imam Masjid Kota Kupang,Tokoh Melayu Kupang Burhan Mustafa serta diikuti sekitar 600 orang jemaah.

Adapun rangkaian kegiatan  diawali dengan pelepasan pawai Sripuan dari Masjid Al-Ikhlas Bonipoi menuju Masjid Al-Baitul Qadim Air Mata dan laporan ketua Panitia  H.Musa Imran. Dalam sambutannya tokoh Melayu Kota Kupang  Burhan Mustafa berterimakasih kepada Pemkot Kupang atas dukungan penuh terhadap kegiatan ini, dan ini merupakan kali pertama Perayaan Maulid Nabi Muhamad Kaum Muslim mendapatkan dukungan penuh dari Pemkot Kupang, ini menunjukan kepemimpinan yang mempunyai toleransi yang tinggi.  Dikatakan juga bahwa Kota Kupang dengan Bangka Blitung mempunyai sejarah panjang sehingga tali silaturahmi antara kedua daerah tetap terjalin.

Perayaan kali ini melibatkan 5 Masjid yang ada di Kota Kupang yakni Masjid Namosain, Masjid Kelapa Lima, Masjid Kampung Solor, Masjid Bonipoi, Tasbatan dan Masjid Air Mata. Sementara  WaliKota Kupang  Jonas Salean SH.M.Si., dalam sambutannya mengatakan,  pemikiran kami sebagai Pemerintah terbentuknya acara Maulid kali berawal ketika saya menghadiri acara Maulid pada tahun lalu sehingga kami menggagaskan acara dengan menggabungkan  5 Masjid secara terpusat dan ini merupakan awal dari gagasan kami. Harap dimaklumi apabila ada kekurangan  akan diperbaiki pada tahun depan dengan kegiatan-kegiatan positif ini mari kita tingkatkan rasa toleransi dan saling bersilaturahmi utk menjaga kekompakan antara umat yg ada di Kota Kupang. Senada Ketua DPRD Provinsi NTT Anwar Pua Geno mengatakan, kita sangat bersyukur kegiatan Maulid Kali ini diselenggarakan di kampung Islam Pertama dengan kegiatan yang sangat bagus tentunya atas dukungan penuh dari Pemkot Kupang, dalam momentum ini merupakan ajang bagi kita utk meningkatkan toleransi antar umat beragama karena kita tahu bahwa dalam bulan ini ada dua momentum besar yg akan di selenggarakan yakni Maulid Nabi Muhammad S.A.W., dan NATAL  mari kita saling menghargai, menjaga serta menjunjung tinggi perbedaan.

Pada kesempatan ini  Gubernur Bangka Blitung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Tajudin, S.H., menyampaikan terimakasih kepada Pemkot Kupang atas penyelengaraan Maulid yang sangat meriah tentunya ini merupakan ide dari Walikota Kupang ini merupakan bentuk toleransi dan sangat positif. Hubungan silaturahmi antara NTT dan Bangka Blitung tentunya tidak bisa kita pisahkan dengan sejarah panjang dimana Sultan Depati Amir Bahrain pernah diasingkan di NTT dan meninggal di Airmata, selamat merayakan Maulid Nabi Muhammad S.A.W.

Sambutan Gubernur NTT diwakili oleh kepala B2KP H. Husai mengatakan  pelaksanaan perayaan dimaksudkan untuk meningkatkan rasa iman dan saling bertoleransi, walaupun secara fisik kita berada di dua tempat bebeda Bumi Flobamora dan Bangka Belitung, tegasnya.


Kamis, 24 Desember 2015

Anggota Denhubrem 162/WB Hijaukan Bukit Ketejer


Pendam IX/Udayana
24 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Denhubrem 162/WB melaksanakan kegiatan penghijauan Rabu (23/12) di bukit Ketejer Desa Gunung Pengsong Kec. Labuapi Kab. Lobar.

Kegiatan yang dilaksanakan pada saat minggu militer ini bertujuan untuk mengajak masyarakat setempat untuk menghijaukan bukit Ketejer yang selama ini sangat minim ditumbuhi pohon-pohon besar. Untuk itu Denhubrem 162/WB melaksanakan penghijauan dengan menanam 1500 bibit pohon seperti pohon avokat, trambesi, rambutan, durian, dan sengon, Berbagai jenis pohon yang ditanam ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat setempat, untuk itu dalam kesempatan tersebut Wadan Denhubrem 162/WB  Mayor Chb Budi Kawoso menyampaikan kepada seluruh masyarakat agar menjaga dan memelihara dengan baik pohon yang telah ditanam tersebut, karena selain hasilnya dapat dimanfaatkan dengan menanam pohon dapat mencegah terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor dan lainnya.

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Wilayah Kodim 1615/Lotim

Pendam IX/Udayana
24 Desembe 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Musthofa, Sip menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Kamis (24/12) di Masjid Besar Jamiyyatul Qudsiyah Desa Pringgasela Kec Pringgasela Lombok Timur.

Sebelum acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW  dimulai didahului dengan kegiatan sunatan massal 100 org anak. Turut hadir mendampingi Dandim dalam kegiatan tersebut anggota DPR RI H Muhamad Syamsul Lutfi, Bupati Lotim yg di wakili oleh Kepala Dinas Dikpora Bpk Maksin, Camat Pringgasela Hanudin, S.Sos, Danramil Masbagik Kapten Inf Abd Hak, Kapolsek Pringgasela Ipda H Suyono JL, Kepala Puskesmas Pringgasela Bpk Munggah, Danpos Pringgasela Pelda Sir'an dan para undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Dandim dalam sambutannya menyampaikan Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia karena penyelenggaraan kegiatan Maulid Nabi khususnya di Pringgasela dimana masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan seperti ini. Dandim juga berharap acara seperti ini Jadi momentum sebagai ajang menjalin dan mempererat hubngan silaturrahmi sesama umat Muslim.

Selanjutnya acara dilanjutkan Uraian Hikmah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW oleh DR Tgh Solahudin, MA yg intinya menjelaskan proses kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW dimana ada 4 wanita yg ditugaskan olh Alloh Subha Nahu Wataala mendampingi dan membesarkan beliau, adapun keempat wanita-wanita tersebut adalah Ibu kandung beliau yang bernama Siti Aminah, yang kedua adalah Siti Asyyifa yg bertugas membantu proses kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, yang ketiga adalah Siti Suwaibah yg bertugas menjadi pelayan dan pembantu, yang keempat adalah Siti Halimatussyakdiah yg bertugas menyusui Nabi Besar Muhammad SAW.
Acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW berjalan dengan lancer dan aman.



Rabu, 23 Desember 2015

Korem 162/WB Bersama Pemda Buat Lobang Biopori


Pendam IX/Udayana
23 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Korem 162/WB bersama dengan Pemerintah daerah, Kadis Perkebunan Prov. NTB, Kadis LH Prov. NTB dan Kadis LH Kab. Lobar beserta Ponpes Haramaen melaksanakan kegiatan penghijauan pemulihan sumber mata air melalui pembuatan sumur resapan lobang biopori, Selasa (22/12) di Bumi Perkemahan Gunung Jae, Desa Sedau, Kec. Narmada, Kab. Lobar 

Kegiatan yang dilaksanakan di daerah Bumi Perkemahan Gunung Jae ini bertujuan untuk memulihkan kembali sumber mata air yang ada diwilayah tersebut, melalui pembuatan sumur resapan lobang biopori sangat diperlukan, karena saat ini sudah masuk musim penghujan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pada saat musim kemarau masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan air, untuk itu diharapkan kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di wilayah Bumi Perkemahan Gunung Jae di Desa Sedau saja, namun juga di semua wilayah yang ada di NTB, hal tersebut disampaikan oleh Mayor Inf Januardi Pasi Ter Korem 162/WB yang mewakili Danrem 162/WB dalam acara tersebut.

Danramil 1620-03/Kopang Ajak Babinsa Buka Jalan Penghubung Dua Desa


Pendam IX/Udayana
23 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danramil 1620-03/Kopang Kapten Inf Syiful mengerahkan seluruh anggotanya untuk melaksanakan karya bhakti pembukaan jalan membantu masyarakat, Rabu (23/12) di Desa Montong, Kec. Kopang, Kab. Loteng.

Karya bhakti dalam rangka minggu militer ini dikerjakan dengan  kegiatan pembukaan jalan menghubungkan dua Dusun yaitu Dusun Montong Gamang 2 dengan Dusun Montong Gamang 3. Kegiatan yang dilaksanakan dengan bergotong royong dengan warga setempat ini, nantinya akan membuka jalan sepanjang 500 meter dengan lebar 2,5 mater.

Dengan adanya kegiatan pembukaan jalan ini diharapkan dapat membantu masyarakat kedua dusun tersebut untuk dapat berinteraksi dengan warga desa lainnya, sehingga laju perekonomian masyarakat yang ada di Desa tersebut dapat berjalan dengan baik.  

Kodim 1613/Sikka Dan Poktan Tanam Padi Serentak


Pendam IX/Udayana
23 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1613/Sikkan melaksanakan kegiatan tanam padi serentak jenis Padi Ciherang pada lahan seluas 1 Hektar bersama Kelompok Tani Poilima, Selasa (22/12) di Desa Bhera, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka.

Menurut Kasdim 1613/Sikka, Mayor Inf Basuki yang hadir bersama beberapa undangan pada kegiatan tanam padi serentak ini, mengatakan kegiatan ini baru kita laksanakan karena pencanangan penanaman serentak seluruh Indonesia dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2015 lalu. Saat ini cuaca sudah mendukung, hujan sudah turun serta pengolahan lahan persawahan membutuhkan waktu yang tepat. Karena dengan metode yang benar serta didukung oleh cuaca yang baik maka diharapkan kelangsungan tanaman padi ini tumbuh dengan baik yang nantinya menghasilkan panen yang maksimal.

Kegiatan penanaman  serentak ini melibatkan anggota Kelompok Tani Poilima yang berjumlah 20 orang, Pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Sikka serta anggota Kodim 1613/Sikka yang sebagian besar adalah para Babinsa sejumlah 19 orang yang secara rutin bersama petugas penyuluhan lapangan dan mantri tani mendampingi kelompok-kelompok tani di wilayah Kabupaten Sikka.

Selasa, 22 Desember 2015

Dandim 1626/Bangli Melaksanakan Panen Raya GP-PTT di Subak Umajero


Pendam IX/Udayana
22 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf Agus Wahyudi Irianto melaksanakan panen raya Gerakan Penerapan Pengolahan Tanaman Terpadu ( GP-PTT ) ketahanan pangan Tahun 2015 di wilayah Koramil 1626-01/Bangli, Minggu (20/12) di Subak Umajero, Dusun Teruna, Desa Taman Bali, Kec/Kab. Bangli.

Kegiatan panen raya ketahanan pangan yang merupakan program GP-PTT Padi Inhibrida Non Kawasan Tahun 2015 ini dipimpin oleh Dandim 1626/Bangli  dan didihadiri dari Dinas P3 Kab. Bangli, Danramil 01/Bangli, Pasiter Kodim 1626/Bangli, UPTD P3  Kec Bangli, PPL Desa Taman Bali, Badan Statistik Kab Bangli, Ketua Kelompok (klian subak) 1, pemilik lahan I Dewa Gede Oka dan Anggota Koramil 1626/Bangli sebanyak 30 orang serta anggota Subak Umajero 105 orang.

Adapun padi yang di panen yaitu jenis Varitas Cigelis pada lahan seluas  25 Ha, dengan hasil produksi yang di dapat dari hasil panen ubinan 6,354 kg / 2,5 M2, Produksivitas  101,66 Kw/Ha GKP ( Gabah Kering Panen ) dan produksi rata-rata 10 ton /Ha.

Babinsa Jenggala Bersama Masyarakat Bersihkan Saluran Irigasi


Pendam IX/Udayana
22 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pada hari senin 21 Desember 2015 Babinsa Koramil 1606-08/Narmada bersama warga Desa Jenggela bergotong royong memperbaiki dan membersihkan saluran irigasi Pekatan Kiri, Senin (21/12) di Desa Jenggela, Kec. Narmada, Lobar.

Rusaknya saluran irigasi ini disebabkan karena terjadinya longsor bongkahan pohon bambu, akibat hujan yang turun selama seharian penuh. Hal inilah yang menyebabkan terhambatnya saluran irigasi, untuk itu Pelda Komang Diarna yang merupakan Babinsa Desa setempat berinisiatif mengajak masyarakat untuk bersama-sama memperbaiki saluran irigasi, sehingga dapat dipergunakan kembali oleh masyarakat untuk mengairi sawah mereka.

Kodim 1621/TTS : Tanam Kedelai Serentak


Pendam IX/Udayana
22 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1621/TTS bersama Kelompok Tani Nekmese melaksanakan penanaman kedelai serentak jenis atau varietas Kedelai Burang Rang., Senin (21/12) di Desa Nobi Nobi, Kecamatan  Amanuban Tegah, Kabupaten Timur Tengah Selatan.

Menurut Dandim 1621/TTS Letkol Inf Erwin di sela-sela acara penanaman serentak ini, mengatakan kita harus memacu dan mendorong para petani dalam penanaman palawija kedelai sebagai bagian dari mensukseskan program swasembada pangan Pajale seperti juga yang telah diprogramkan pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI. Ini adalah program kegiatan percepatan optimasi kedelai, tegasnya.

Konsumsi dan kebutuhan akan kedelai di negara kita sangatlah tinggi sebagai bahan pangan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti tahu, tempe, susu atau olahan lainnya.

Kadistan Pemkab TTS mengamini apa yang disampaikan Dandim 1621/TTS, untuk  kegiatan penanaman kedelai serentak ini adalah bagian dari bagaimana kita untuk menuju mandiri dalam komoditi pangan jenis kedelai dan mengurangi ketergantungan impor dari luar. Potensi yang ada kita manfaatkan sebaik mungkin sekaligus memotivasi dan mengarahkan petani bertanam palawija jenis kedelai ini secara modern.

Acara penanaman serentak ini juga dihadiri oleh pejabat yg mewakili Kadis Pertanian Propinsi NTT, Kadis Pertanian TTS, Dandim 1621/TTS, Para Danramil,  Kapolsek Aban Tengah, Camat Amanuban, Kepala Desa Nobi Nobi dan beberapa tokoh masyarakat yang secara simbolis melaksanakan penanaman yang selanjutnya diikuti oleh seluruh anggota kelompok Tani Nekmese. Mereka semua berharap dan berdoa semoga apa yang dilakukan hari ini akan memberikan panen yang baik dan maksimal nantinya.

Senin, 21 Desember 2015

Timsus Kodim 1620/Loteng Kembali Menangkap Pelaku Ilegal Loging


Pendam IX/Udayana
21 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Timsus Kodim 1620/Loteng kembali menangkap pelaku ilegal loging pada saat melaksanakan kegiatan Pamkat, Senin (21/12) di Dusun Gunung, Desa Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Loteng.

Sekitar empat kubik kayu Mahoni dalam bentuk gelondongan yang diangkut oleh satu truk Mitsubishi Counter dengan Nopol DR 8555 KA serta satu mobil open cup dengan Nopol DR 9616 AE berhasil diamankan oleh Timsus Kodim 1620/Loteng yang diketuai oleh Pelda Awaludin.

Penangkapan tersebut terjadi ketika Timsus Kodim 1620/Loteng yang berjumlah enam orang melaksanakan kegiatan Pamkat kewilayah Jonggat, Kec. Batukliang Utara, kemudian saat itu Timsus ini melihat satu unit truk melintas dengan membawa kayu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari warga setempat yaitu saudara  Hirto Handoyo mengatakan bahwa ada dua mobil yang keluar dari hutan lindung Pondok Gedang membawa kayu Mahoni, saat kedua mobil yakni mobil truk dan open cup tersebut diikuti,  kemudian keduanya ditemukan berada di belakang rumah warga yang beralamat di Dusun Gunung Jae Desa Aik Berik. Setelah diperiksa salah satu sopir dari kedua mobil tersebut sudah melarikan diri dan satunya lagi diamankan ke Makodim 1620/Loteng untuk dimintai keterangan dan selanjutnya  akan diserahkan ke aparat terkait.

Pangdam IX/Udayana Hadiri Peringatan HKSN, Hari Ibu Dan Hut Ke 57 Provinsi NTT


Pendam IX/Udayana
21 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial  Nasional dan Hari Ibu Secara Nasional Tahun 2015 sekaligus Hari Ulang Tahun Ke 57 Provinsi Nusa Tenggara Timur dilaksanakan secara terpusat, Minggu (20/12) di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, Jalan Eltari, Kecamatan Kota Raja, Kupang.

Hadir beberapa tamu penting pada kegiatan ini, antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Ibu Puan Maharani, Menteri Sosial RI Ibu Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Ibu Yohana Susana Yembise, Para Gubernur atau Penjabat Gubernur Provinsi, termasuk pejabat militer seperti, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M. Setyo Sularso beserta Ibu, Pangkoopsau II beserta Ibu, Deputi Bidang Operasi SAR Mayjen TNI Heronimus Guru, M.Si, Danrem 161/WS beserta Ibu, Danlantamal VII Kupang beserta Ibu, Kapolda NTT beserta Ibu, Kabinda NTT, Danlanud Eltari Kupang beserta ibu serta Para Pimpinan Forkompinda Provinsi NTT, FKUB, SKPD di  lingkup Provinsi NTT, Para Bupati dan Walikota, Ibu-ibu PKK dari seluruh Indonesia serta diikuti sekitar 2.000 orang yang terdiri dari tamu undangan dari pusat, seluruh Provinsi di Indonesia, para penerima penghargaan sosial, peserta nikah massal, dan masyarakat Kota Kupang serta tamu undangan lainnya.

Ada tiga tema utama yang diusung pada kegiatan ini antara lain, Tema peringatan HKSN  "Ayo Kerja Bersama Membangun Indonesia Sejahtera ". Tema Peringatan Hari Ibu "Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki Dalam Mewujudkan Lingkungan Yang Kondusif Untuk Perlindungan Perempuan Dan Anak". Serta Tema HUT Ke 57 Provinsi NTT, "Dalam Rangka Memperkuat Kesetiakawanan Sosial Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial.

Untuk tahun ini pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada Provinsi NTT sebagai tuan rumah kegiatan nasional bersekala besar ini sebagai suatu bentuk komitmen untuk membangun Indonesia menyisir dari wilayah pinggir seperti yang disampaikan oleh Menteri Sosial RI.

Rangkaian kegiatan peringatan ini dikemas sedemikian rupa diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu Mars Kesetiakawanan Sosial dan lagu Mars Hari Ibu. Kemudian ditampilkan visualisasi tentang revolusi mental karakter bangsa dan pembacaan sejarah hari Ibu.

Acara dilanjutkan sambutan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya. Prosesi penyerahan Pataka KSN dari Gubernur NTT kepada Menteri Sosial, yang selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah peringatan HKSN Tahun 2016.

Kemudian Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan RI Ibu Puan Maharani yang mewakili Presiden memberikan sambutan terkait pelaksanaan peringatan HKSN dan Hari Ibu Tahun 2015 ini.

Menko PMK pada kesempatan ini juga menyerahkan penghargaan berupa lencana Satya Lancana Kebaktian Sosial yang didahului pembacaan surat Keputusan Presiden kepada beberapa warga negara yang telah berjasa dan mendharma bhaktikan dirinya pada kegiatan-kegiatan sosial, kemudian penyerahan penghargaan dalam rangka Hari Ibu serta penyerahan bantuan-bantuan lainnya.

Terkait HKSN diserahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Juga pada kesempatan ini  diserahkan Akta Nikah kepada peserta nikah masal dan Akta Lahir. Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan juga diserahkan 50.000 bibit pohon Jambu.

Sementara untuk peringatan Hari Ibu diserahkan bantuan Sembako, mesin jahit dan peralatan salon kecantikan untuk memacu usaha ekonomi kecil dan kreatif.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Peluncuran Gerakan Indonesia menyapa dan sebar S.O.S ditandai dengan menyanyikan  lagu Indonesia menyapa, penekanan tombol sirine dilanjutkan dengan pembacaan Testimoni Presiden RI tentang  "He for She" oleh Gubernur NTT.

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan persembahan tarian medley kolosal Flobamorata yang menggambarkan keberadaan lima etnik besar di Provinsi NTT, sesudahnya dilanjutkan ramah tamah dengan peserta nikah massal penerima akte lahir dan masyarakat penerima manfaat serta peninjauan  Festival Flobamorata.

Minggu, 20 Desember 2015

Tatap Muka Ketua Persit KCK Daearah IX/Udayana Dengan Anggota Persit KCK Koorcab Rem 161


Pendam IX/Udayana
20 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarata

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana Nyonya M. Setyo Sularso melaksanakan tatap muka dengan Pengurus dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 161, Sabtu (19/12) bertempat di Aula Serbaguna Makorem 161/WS.

Kehadiran Ibu Ketua Persit KCK Daerah IX/Udayana beserta pengurus disambut oleh Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161, Nyonya Heri Wiranto yang didampingi oleh Pengurus Koorcab Rem 161.

Acara Tatap Muka ini diawali dengan sambutan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 yang mana secara pribadi dengan rasa hormat dan penuh kebahagiaan mengucapkan selamat datang kepada Ibu Ketua Persit KCK Daerah IX/Udayana beserta rombongan di Korem 161/WS.

Terima kasih tak terhingga kami sampaikan atas berkenannya Ibu Ketua beserta rombongan untuk hadir dan bertatap muka dengan pengurus beserta anggota Persit KCK Koorcab Rem 161. Disampaikan juga permohonan maaf seandainya dalam penyambutan dan selama kegiatan ada hal-hal yang tidak berkenan. Ketua Koorcab juga menyampaikan kondisi organisasi Persit KCK yang dipimpinnya di Koorcab Rem 161 dimana secara kondisi geografis letak organisasi cabang dan ranting dengan jarak berjauhan yang memiliki jarak daratan cukup jauh dan dipisahkan oleh lautan.

Namun demikian kondisinya, acara tatap muka ini memiliki makna yang penting dan sangat berharga bagi seluruh pengurus dan anggota guna mempererat tali silahturahmi, rasa kebersamaan dan kekeluargaan di antara anggota yang tentunya untuk saling mengenal lebih dekat serta mendapatkan informasi yang aktual dan positif.

Sementara itu Nyonya M. Setyo Sularso selaku Ketua Persit KCK Daerah IX/Udayana merasa bahagia bisa bertatap muka langsung bersilahturahmi dengan Pengurus dan anggota Persit Koorcab Rem 161 dan Persit KCK Brigif 21/Komodo sekaligus untuk memperkenalkan diri sehubungan saat ini menjabat sebagai Ketua Persit KCK Daerah IX/Udayana yang baru.

Dalam arahnya Ibu Ketua mengucapkan selamat Hari Ibu yang puncak peringatannya secara nasional bersamaan dirayakan dengan Hari Kesetiakawanan Nasional tanggal 20 Desember 2015 yang diselenggarakan di Kupang.

Ibu Ketua juga menyampaikan bahwa makna Hari Ibu adalah sebagai momentum untuk mengenang semangat perjuangan kaum ibu dalam upaya perbaikan kualitas Bangsa Indonesia. Hal inilah menjadi penyemangat bagi kaum perempuan dari berbagai latar belakang dan lintas generasi untuk terus bersatu dan ikut ambil bagian dalam pembangunan nasional.

Menempatkan kaum perempuan sejajar dengan kaum laki-laki dalam pembangunan nasional, perempuan ternyata mampu berperan penting dan berprestasi dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya dan olahraga tanpa meninggalkan kodratnya sebagai seorang perempuan. Kaum Ibu atau perempuan dapat berperan dengan melihat dan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi yang dihadapi.

Banyak hal lain yang disampaikan oleh Ibu Ketua Persit KCK Daerah IX/Udayana ini, terkait kehidupan keluarga supaya harmonis, kemudian bagaimana mengasuh dan membimbing anak-anak dalam keluarga dengan harapan menjadi anak-anak yang nantinya berguna buat semua.

Disampaikan juga untuk mempererat tali silahturahmi, persaudaraan dan kekeluargaan di antara ibu-ibu sebagai anggota Persit Kartika Chandra Kirana sehingga dapat menjadi saling mengenal dan menjadi panutan bagi orang lain.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab untuk mendapatkan masukan ataupun saran yang berguna untuk memajukan organisasi Persit KCK ke depannya.

Korem 162/WB Gelar Sunatan Massal dan Arak-Arakan Jaran Kamput


Pendam IX/Udayana
20 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarata

Korem 162/WB menggelar acara sunatan massal 1.000 anak dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika dan Hari Infanteri Tahun 2015, Minggu (20/12) bertempat di Lapangan Eks Bandara Selaparang.

Selain melaksanakan kegiatan sunatan massal, Korem 162/WB juga menggelar arak-arakan Jaran Kamput yang merupakan kesenian tradisional Sasak. Kesenian Jaran Kamput ini bertujuan untuk menghibur anak-anak yang akan disunat, sebanyak 110 Jaran Kamput yang diiringi dengan musik tradisional Suku Sasak yaitu Pereret dan Gendang Beleg mengarak anak-anak yang akan disunat berjalan mengelilingi Jalan Udayana dan kembali ke tempat acara sunatan yaitu di Eks Bandara Selaparang.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., membuka acara sunatan massal sekaligus melepas arak-arakan Jaran Kamput. Danrem berharap kegiatan yang dilaksanakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, karena seperti kita ketahui bahwa bagi umat Islam Khitan (Sunat) merupakan hal yang wajib untuk dilaksanakan, untuk itu dengan adanya kegiatan sunatan massal ini tentu akan membantu masyarakat yang belum mampu melaksanakan Khitan bagi anaknya karena kendala faktor ekonomi.

Dalam acara sunatan massal para pesertanya tidak hanya berasal dari Kota Mataram, namun juga dari seluruh wilayah yang ada di Pulau Lombok. Hadir dalam acara tersebut kapolda NTB, Dandim se Pulau Lombok, Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB, Perbakin, Tokoh Agama, Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 162 serta tamu undangan lainnya.  

Kodim 1622/Alor Bersama Pemkab Alor Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia


Pendam IX/Udayana
20 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarata

Kodim 1622/Alor bersama Pemkab Alor melaksanakan acara Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon Kabupaten Alor Tahun 2015,  Sabtu (19/12) di Kelurahan Welai Barat, Kecamatan Teluk Mutiara,  Alor.

Kegiatan penanaman pohon dipimpin   langsung oleh Bupati Alor Drs. Amon Djobo dan  dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Alor, Kasdim 1622/Alor, Waka Polres Alor, Ketua PN Kalabahi,  Pimpinan SKPD Pemkab Alor, Para Camat, Danramil 1622-01/Kalabahi, Lurah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Anggota Koramil 1622-01/Kalabahi dan masyarakat sejumlah 200 orang.

Kegiatan ini mengambil tema " Ayo Kerja, Tanam Dan Pelihara Pohon Untuk Hidup Yang Lebih Baik". Gerakan penanaman pohon dilatar belakangi oleh perubahan iklim secara global yang dampaknya mengakibatkan terganggunya sistem tata air daerah aliran sungai, ancaman terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor atau kekeringan yang juga berimbas terganggunya ketahanan pangan.

Secara simbolis pada kegiatan ini dilaksanakan  penanaman 200 anakan  Pohon Mahoni dari 10.000 anakan dan penyerahan bibit Pohon Kemiri sebanyak 5.000 pohon.

Menurut Bupati Alor, pohon mempunyai fungsi begitu penting utamanya untuk menghasilkan oksigen, peningkatan cadangan air dan penurunan emisi.

Program penanaman pohon seharusnya tidak terhenti pada kegiatan ini tetapi harus berkesinambungan dalam rangka untuk merehabilitasi lahan kritis.

Momentum peringatan hari menanam pohon Indonesia diharapkan dapat membangkitkan semangat masyarakat dalam gerakan penanaman 1 milyar pohon seperti apa yang diprogramkan oleh Kementerian Kehutanan RI dan Pemerintah Kabupaten Alor.

Sabtu, 19 Desember 2015

Kodam IX/Udayana Peringatan Hari Infanteri Tahun 2015


Pendam IX/Udayana
19 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Upacara peringatan Hari Infanteri Tahun 2015 untuk wilayah Bali pelaksanaannya dipusatkan di Taman Pahlawan Pujaan Bangsa Margarana, pada Sabtu (19/12),  Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigadir Jenderal TNI Hadi Kusnan bertindak sebagai Inspektur upacara, mewakili Pangdam IX/Udayana.

Infantri sebagai Korp terbesar dilingkungan Angkatan Darat tumbuh dan berkembang tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa Agresi Militer Belanda II yang terjadi pada tanggal 19 Desember 1948 dimana Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat yang ditujukan kepada Angkatan Perang Republik Indonesia untuk melawan musuh dengan melaksanakan Perang Rakyat Semesta. Bentuk dan siasat pertempuran dengan menggunakan taktik dan strategi Prajurit Infanteri. Dengan latar belakang sejarah ini maka tanggal 19 desember ditetapkan sebagai Hari Infanteri.

Pada kesempatan peringatan Hari Infanteri ini Kasdam IX/Udayana sebagai Inspektur upacara menbacakan Amanat Danpussenif Kodiklat TNI AD menyampaikan, dengan melihat latar belakang ditetapkannya hari Infanteri maka peran serta, tugas dan fungsi TNI AD khususnya prajurit Infanteri tidak dapat dipidahkan dengan  masyarakat sekitarnya, kebersamaan dengan rakyat menjadi bagian penting dan strategis dalam mendukung pencapaian tuntutan profesionalisma prajurit dan satuan Infanteri.
Hal ini sangat selaras dengan tema yang diusung kali ini yaitu “ Dilandasi Semangat Yudha Wastu Pramukha Kita Tingkatkan Profesionalisme, Militansi Dan Soliditas, Bersama Rakyat Sebagai Landasan Kekuatan Bela Negara Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

Tema ini juga mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan Infanteri untuk menjadi professional, Modern dan militan sebagai petarung yang handal dalam pertemputran. Makna tema ini juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalannya dengan rakyat serta membangun sinergitas dengan segenap komponen bangsa lainnya sebagai kekutan bela Negara dalam sistem Pertahanan Semesta. Upacara ini dihadiri oleh para pejabat Teras Kodam IX/Udayana, Irdam, para Asisten, para Perwira Ahli, Perwira Liaison, para Kabalak Kodam IX/Udayana dan sejumlah undangan lainya.


Korem 161/WS : Prajurit Infanteri Sebagai Petarung Handal Dalam Pertempuran


Pendam IX/Udayana
19 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Peringatan Hari Infanteri TNI AD ke 67 Tahun 2015 di wilayah NTT dilaksanakan di Lapangan Upacara Mako Brigif 21/Komodo, Sabtu (19/12), Naebonat, Kabupaten Kupang.

Dengan tema "Dilandasi Semangat Yuddha Wastu Pramuka, Kita Tingkatkan Profesionalisme, Militansi Dan Soliditas "Bersama Rakyat" Sebagai Landasan "Kekuatan Bela Negara" Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD".

Makna tema tersebut mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan Infanteri untuk menjadi profesional, modern dan militan sebagai petarung yang handal dalam pertempuran. Makna tersebut juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalannya dengan rakyat serta membangun sinergitas dengan segenap komponen bangsa lainnya sebagai kekuatan bela negara dalam sistem pertahanan semesta.

Demikian antara lain isi amanat dari Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri, Mayor Jenderal TNI Prihadi Agus Irianto, yang dibacakan oleh Kasrem 161/WS, Kolonel Inf  Adrianus Suryo Agung Nugroho saat bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam memperingati Hari Infanteri TNI AD ke 67 ini.

Selanjutnya dikatakan bahwa tema tersebut tidak hanya dijadikan sebagai selogan belaka, namun harus ditanamkan dengan niat dan mantapkan ikhtiar menjadi komitmen bersama, benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan secara cerdas dan bijak melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten sesuai peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing.

Tantangan tugas ke depan juga akan semakin kompleks dan dinamis dengan berubahnya karakteristik bentuk ancaman di Abad 21 yang mengedepankan teknologi modern. Sejalan dengan kebijakan pimpinan TNI AD maka keberadaan satuan-satuan Infanteri harus dilengkapi Alutsista dan perlengkapan tempur modern. Fenomena ini juga menuntut kehadiran prajurit dan satuan Infanteri yang berkualitas dan modern serta memiliki mentalitas baja dan berkarakter pejuang.

Rangkaian upacara peringatan ini juga menghadirkan penampilan pasukan tradisional yang mencerminkan perjuangan menghadapi penjajahan utamanya saat Agresi Belanda Tahun 1948.

Kemudian dilaksanakan juga serah terima peleton ranting  yang dilakukan oleh peleton terakhir Yudha Wastu Pramuka Jaya dari Yonif 744/SYB.

Dari pelaksanaan peleton ranting, yang juga dilaksanakan penilaian oleh penyelenggara maka yang menjadi pemenang pelaksanaan Peleton Ranting Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) Tahun 2015, Juara pertama Peleton YWJP Etape 4, yang dipimpin oleh Letda Inf Rino Wahyu Wirawan dari Yonif 744/SYB. Juara kedua Peleton YWPJ Etape 5 dipimpin Letda Inf Daniel Johanis Boman, dari Yonif 743/PSY. Sementara juara ketiga Peleton YWPJ Etape 6 dipimpin Letda Inf Adnan Purnama dari Yonif 744/ SYB. Piala untuk seluruh pemenang diserahkan oleh Kasrem 161/WS, sekaligus menyerahkan piala bergilir peleton ranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Tahun 2015 yang menjadi milik dari Yonif 744/SYB.

Upacara yang berlangsung tertib tersebut dihadiri juga oleh Kabinda NTT Brigjen TNI Edison Napitupulu, Danbrigif 21/Komodo Kolonel Inf Parwito, Danyon Pasmar Mayor Mar I Wayan Warga, Perwakilan TNI AU Laud El Tari Kupang, Basarnas, Kepolisian dan beberapa undangan lainnya.

Danrem 162/WB Pimpin Upacara Peringatan Hari Infanteri Tahun 2015


Pendam IX/Udayana
19 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., sebagai Irup Upacara Peringati Hari Infanteri Tahun 2015, Sabtu (19/12) di Lapangan Yonif 742/SWY.

Peserta upacara yang terdiri dari pasukan TNI AD, TNI AL, TNI AU, Brimob Polda NTB, PNS TNI AD, Menwa dan Pramuka ini, tetap mengikuti seluruh rangkaian kegiatan upacara dengan hikmat dan penuh semangat meskipun dalam cuaca hujan. Pada kesempatan tersebut, selain membacakan amanat dari Danppusenif, Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., juga menyampaikan kepada seluruh prajurit yang ada dijajaran Korem 162/WB agar menghayati makna dari pelaksanaan Hari Infanteri yang tentunya tidak terlepas dari kegiatan peleton beranting, karena kegiatan peleton beranting selain membutuhkan fisik yang kuat, semangat pantang menyerah juga harus dimiliki oleh setiap prajurit dalam melaksanakan tugasnya. Danrem juga menyampaikan kepada seluruh prajurit agar kegiatan ini tidak sekedar dijadikan acara serimonial semata, namun juga diharapkan dapat memotivasi semangat patriotisme seluruh anggota jajaran Korem 162/WB dalam melaksanakan tugasnya untuk  menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Setelah kegiatan upacara selesai, Danrem 162/WB kemudian membagikan hadiah kepada para pemenang lomba peleton beranting, yaitu untuk juara I Ton 1 Kipan B Yonif 742/SWY, juara II Ton 1 Kipan C Yonif 742/SWY dan juara III Ton 2 Kipan B Yonif 742/SWY.   Hadir dalam acara tersebut FKPD Prov. NTB, Dandim se Pulau Lombok serta Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 162.

Kodim 1613/Sumba Barat Tanam Jagung Dan Kedelai Serentak


Pendam IX/Udayana
19 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1613/Sumba Barat melaksanakan kegiatan penanaman serentak tanaman palawija jagung dan kedelai, Kamis (17/12) di dua tempat berbeda Kabupaten Sumba.
 
Penanaman jagung di lahan seluas 60 Hektar ini dilaksanakan  di Desa Weimangira, Kecamatan Kodi Balaghar, Sumba Barat Daya.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Sumba Barat, Dandim 1613/SB, Ka BPPTP NTT, Kadis pertanian, BP2KP, Camat, serta melibatkan 18 orang anggota TNI,  Mantri Tani, PPL 15 orang dan masyarakat sebanyak  100 orang.

Sementara di tempat lain di Desa Okawacu, Kecamatan Katikutana, Sumba Tengah dilaksanakan kegiatan penanaman serentak kedelai di lahan seluas 72 Hektar pada 09.30 Wita di Desa Okawacu,  Kec. Katikutana, Sumba Tengah.

Babinsa Koramil 1604-11/Alak Amankan Pemuda Berbaju Gambar Palu Arit


Pendam IX/Udayana
19 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Babinsa Koramil 1604-11/Alak, Serda Anis Ngale mengamankan seorang pemuda berinisial ES alias Erik karena didapati menggunakan baju yang bergambar "Palu Arit", Jumat (18/12) bertempat di Jalan  Yos Sudarso depan Kantor Bulog, Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Pemuda bersangkutan sekitar pukul 10.00 Wita diamankan oleh Babinsa Serda Anis Ngale. Dari keterangan awal yang bersangkutan ES berstatus sebagai pelajar di salah satu SMK di Kota Kupang. Pelajar berusia 17 Tahun ini berasal dari Kuanfatu, Kabupaten Soe, dengan alamat tinggal  sementara  di Jalan Mangili, Kelurahan Oeleta,  Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Untuk saat ini yang bersangkutan dibawa ke Makodim 1604/Kupang, untuk dimintai keterangan oleh Unit Intel Kodim 1604/Kupang, terkait penggunaan atribut "Palu-Arit", tersebut. Serta selanjutnya akan didalami motifnya menggunakan simbol-simbol komunis yang sangat dilarang di Negara Indonesia.

Jumat, 18 Desember 2015

Operasi Bibir Sumbing Warnai Hari Juang Kartika


Pendam IX/Udayana
18 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Peringatan hari Juang Kartika tahun ini yang tepatnya jatuh pada tanggal 15 Desember 2015 sampai saat ini masih berlanjut dengan kegiatan Bhakti Sosial dalam bentuk Operasi Bibir Sumbing yang digelar pada Jumat (18/12) bertempat di Rumah Sakit Darma Yadnya Denpasar.

Kegiatan Bhakti Sosial Operasi Bibir Sumbing ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika ke-70 Tahun 2015 dengan tujuan untuk membantu kesulitan masyarakat yang tidak mampu di wilayah Kodam IX/Udayana terutama dalam mendapatkan bantuan  pelayanan operasi Bibir Sumbing secara gratis.
Dalam pelaksanaannya Panitia bekerjasama dengan Yayasan Senyum dan sekaligus menunjuk Rumah Sakit Darma Yadnya Denpasar sebagai tempat pelaksanaannya.

Sesuai rencana operasi Bibir Sumbing ini akan diikuti oleh 18 orang penyandang cacat Bibir Sumbing yang dilaksanakan secara berlanjut dan untuk hari ini Jumat 18 Desember 2015 direncanakan 4 orang namun dalam pelaksanaannya dapat dioperasi 3 orang karena satu orang lagi tidak memenuhi syarat umur ( Masih terlalu Kecil),  sehingga operasi ditangguhkan. Pelaksanaan operasi ini dilaksanaan oleh Dr, Anak Agung Asmarajaya, SPBP dan dibantu oleh tenaga medis dari Rumah Sakit Darma Yadnya dan Kesdam IX/Udayana.

Pelaksanaan operasi bibir sumbing dalam rangka Hari Juang Kartika Tahun 2015 ini dipusatkan di tiga tempat yaitu, Rumah Sakit Darma Yadnya Denpasar, Kesdam IX/Udayana dan RST Singaraja.

Hadir pada kesempatan tersebut Waka Kesdam IX/Udayana, Letkol CKM Dr. Sebastian Dandenkesyah Singaraja, Letkol CKM (K) Dr. Ni Gusti Ayu Putu Maryanti dan Kasiter Korem 163/Wira satya, Mayor INF Joni Arsya. Operasi dapat berjalan sesuai rencana dan lancar. (Pendam IX/Udayana).

Danrem 162/WB Tanam Padi Di Lombok Tengah


Pendam IX/Udayana
18 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan, yang merupakan program pemerintah ini Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., Kamis (17/12) bersama Dandim se Pulau Lombok melaksanakan tanam raya padi di wilayah Dusun Jempong Desa Bunut Baok Kec. Praya Loteng.

Kegiatan tanam raya padi ini diharapkan mampu meningkatkan hasil panen untuk wilayah Loteng, dengan demikian kebutuhan pangan untuk wilayah NTB khususnya Loteng dapat terpenuhi. Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si. menyampaikan bahwa TNI khususnya Korem 162/WB akan selalu siap membantu pemerintah daerah dan para petani dalam mensukseskan peningkatkan swasembada pangan daerah, untuk itu Korem 162/WB melalui para Babinsa akan selalu memberikan pendampingan dan mambantu para petani mulai dari mengolahan lahan, pembibitan, pemupukan hingga panen sampai pada penjualan gabah nantinya. Untuk itu Danrem 162/WB berharap agar pemerintah daerah dan instansi terkait, serta TNI maupun para petani dapat bekerjasama dengan baik, bahu-membahu untuk meningkatkan hasil panen sehingga swasembada pangan untuk wilayah NTB dapat terpenuhi. Kegiatan tanam padi ini merupakan bentuk kerjasama Korem 162/WB dengan Dinas Pertanian Kab. Loteng dan PT Dyriz Indonesia, hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Pertanian Kab. Loteng, Dandim se Pulau Lombok, Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB, para Kasi Korem 162/WB, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 162,  dan Perwakilan dari PT. Dyriz Indonesia.


Korem 162/WB Bedah Rumah Veteram Dalam Rangka Hari Juang Kartika Tahun 2015


Pendam IX/Udayana
18 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., meninjau langsung lokasi bedah rumah Veteran yang merupakan kerjasama TNI dengan Bank Mandiri dan CSR dalam rangka Hari Juang Kartika Tahun 2015 Kamis (17/12) diwilayah Loteng tepatnya di Desa Prapen Kec. Praya Kab. Loteng.

Setelah melaksanakan kegiatan bedah rumah veteran sebanyak 45 unit rumah, Korem 162/WB kembali melaksanakan kegiatan bedah rumah dua anggota veteran diwilayah Loteng tepatnya di Desa Prapen Kec. Praya Kab. Loteng. Kegiatan bedah rumah sebanyak 47 rumah veteran yang telah berlangsung sejak tanggal 10 Nopember 2015 dan tersebar diseluruh wilayah NTB ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang Kartika tahun 2015. Mengingat masih adanya veteran yang menempati rumah tidak layak huni, untuk itu Korem 162/WB kembali melaksanakan bedah rumah veteran sebanyak 2 rumah yaitu rumah miliki keluarga bapak Sobari dan keluarga bapak Iran di Desa Prapen Kec. Praya Kab. Loteng.

Seperti apa yang disampaikan oleh Danrem 162/WB dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian kita kepada para veteran yang telah berjasa memperjuangkan kemerdekaan negara ini, selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk komunikasi sosial antar TNI dengan masyarakat, khususnya para veteran karena sesuai dengan slogan TNI yaitu TNI akan kuat jika terus berdampingan dengan masyarakat. Kegiatan bedah rumah yang dilaksanakan tersebut merupakan kerjasama TNI dengan Bank Mandiri dan CSR, yang telah memberikan bantuan dana sehingga kegiatan ini dapat berjalan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu para veteran yang telah berjasa merebut kemeerdekaan negara ini, selain itu para veteran juga merupakan orang tua kita semua, untuk itu sudah sepatutnya kita membantu dengan memberikan hunian yang layak bagi mereka.   






Korem 162/WB Gelar Operasi Bibir Sumbing


Pendam IX/Udayana
18 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si menghadiri operasi bibir sumbing yang diselenggarakan atas kerjasama rumah sakit TNI AD dengan Yayasan Smile Train Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2015 Rabu (16/12) bertempat di rumah sakit Angkatan Darat Mataram.

Kegiatan operasi bibir sumbing ini diselenggarakan atas kerjasama rumah sakit TNI AD dengan Yayasan Smile Train, selain di Mataram kegiatan ini juga telah dilaksanakan di wilayah Sumbawa. Dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si yang datang ke RSAD Mataram untuk melihat langsung  jalannya kegiatan operasi bibir sumbing menyampaikan ucapan terimakasih kepada dr. Agus Santosa Budi ahli bedah plastik yang merupakan ketua Tim dokter yang datang langsung dari Surabaya untuk membantu terlaksananya kegiatan operasi ini. Danrem berharap kegiatan operasi bibir sumbing ini, dapat membantu masyarakat ekonomi lemah dan yang memiliki kekuarangan seperti bibir sumbing ini, sehingga nantinya mereka akan memiliki fisik sempurna dengan demikian tentunya akan menambah kepercayaan diri mereka.  Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin, SH., M.Si, Dandim se-Pulau Lombok, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 162 beserta pengurus. Setelah pembacaan do’a kegiatan operasi dimulai oleh Tim dokter.   

Korem 161/WS : Hari Juang Kartika Selenggarakan Pameran Alutsista Dan Bhaksos Kesehatan


Pendam IX/Udayana
18 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Korem 161/WS bersama jajaran Balak Aju se Garanisun Kupang melaksanakan kegiatan Pameran Alutsista TNI AD dan  Bhakti Sosial Kesehatan  Donor Darah dan  Pengobatan Massal serta pengecekan kesehatan mata selama dua hari dari tanggal 17 sampai dengan 18 Desember 2015 bertempat di Lippo Mall Kupang.

Sebagaimana disampaikan oleh Kasiter 161/WS, Kolonel Kav Edward Sitorus yang mewakili Danrem 161/WS saat pembukaan kegiatan ini, mengatakan maksud penyelenggaraan Pameran Alutsista dan Bhaksos Kesehatan  ini  adalah merupakan bagian dari rangkaian kegitan memperingati   Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2015 yang merupakan kerjasama antara Lippo Mall dan Palang Merah Indonesia Provinsi NTT.

Danram 161/WS mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung penyeleggaraan kegiatan ini. Donor Darah dilaksanakan untuk mendukung program kemanusiaan, dimana hasil dari kegiatan donor darah nantinya akan disumbangkan melalui PMI, sementara Pengobatan Massal dilaksanakan untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat guna mendukung program Pemerintah Daerah NTT dalam mewujudkan visi pembangunan kesehatan.

Khusus kegiatan Pameran Alutsista bertujuan untuk memperkenalkan beberapa Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang dimiliki satuan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat di wilayah Nusa Tenggara Timur. Alutsista TNI AD pada hakekatnya adalah milik rakyat, karena dibeli dari uang rakyat dan diperuntukkan hanya untuk melindungi atau mengayomi rakyat. Pameran ini juga secara tidak langsung juga merupakan sebuah bentuk pertanggungjawaban kepada rakyat bahwa TNI AD bertekad untuk memelihara, merawat sekaligus mengoperasionalkan Alutsista ini dengan sebaik-baiknya untuk menegakan kedaulatan negara dan menjaga keutuhan NKRI.

Kedua kegiatan yang dilaksanakan secara bersinergi ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan, antara lain Wadan Lantamal VII Kupang, Wadan Lanud El Tari Kupang, Pengurus dan Ibu-Ibu Persit KCK Koorcab Rem 161, Kapolresta Kupang serta mendapatkan  perhatian yang antusias dari masyatakat umum, pelajar serta pengunjung Mall.

Kodim 1622/Alor, Tanam Serentak Jagung dan Kedelai


Pendam IX/Udayana
18 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1622/Alor  bersama Dinas Pertanian serta para kelompok  tani melaksanakan penanaman serentak Jagung dan Kedelai, (17/12) di Desa Hula, Kecamatan  Alor Barat Laut., Kabupaten Alor.

Lahan yang ditanami kedua jenis komoditi palawija ini terdiri atas kedelai pada lahan seluas 20 Hektar yang digarap oleh 4 kelompok tani, kemudian untuk jagung yang terdiri atas jenis Hibrida ditanam pada lahan seluas 175 Hektar yang digarap oleh 7 kelompok tani dan jagung jenis komposit ditanam pada lahan seluas 100 Hektar yang digarap oleh 4 Poktan.

Menurut Dandim 1622/Alor, Letkol Inf Ahmad Marzuki, kegiatan tanam serentak utamanya kedelai dan jagung adalah sebagai bagian dari penyuksesan program swasembada pangan termasuk upaya khusus yang kita lakukan selain penanaman padi. Potensi lahan yang ada serta kondisi musim tanam yang sudah memungkinkan maka para kelompok tani dipacu untuk melaksanakan kegiatan ini.

Bupati Alor, Drs. Amon Djobo yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi kerjasama Poktan, TNI AD dan para petugas pertanian dalam mensukseskan program pertanian ini. Dengan apa yang sudah dilakukan saat ini maka Bupati berharap hasilnya nanti akan maksimal, target tercapai yang tentunya melalui pemeliharaan dan perawatan tanaman yang baik juga, tegasnya.

Acara tanam serentak ini ditandai dengan penanaman secara simbolis dari para tamu undangan yang hadir, antara lain Bupati Alor, Dandim 1622/Alor, Ketua DPRD Alor, Asisten II Setda Kabupaten Alor, Kasdim 1622/Alor, SKPD  Kabupaten Alor, Camat Alor Barat Laut dan Kepala Desa se Kecamatan  Alor Barat Laut.

Kamis, 17 Desember 2015

Karya Bhakti meriahkan Hari Juang Kartika Tahun 2015 di Gianyar


Pendam IX/Udayana
17 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dalam rangka Hari Juang kartika Tahun 2015 berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan jajaran Kodam IX/Udayana untuk memeriahkannya. Seperti yang dilaksanakan Kodim 1616/ Gianyar kamis (17/12) melaksanakan Karya bhakti dan penghijauan di Banjar Keliki Kawan, Desa Kelusa, Kec. Payangan.

Pada kesempatan tersebut Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Barito Capah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan tema Hari Juang Kartika Tahun 2015 yang bertemakan  " Melalui Hari Juang Kartika Kita Mantapkan Jati diri TNI AD dan Kemanunggalan Rakyat - TNI Guna Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat Mandiri dan Berkepribadian ". Adapun sasaran karya bhakti dan penghijauan  diantaranya Pembersihan got kiri dan kanan jalan, Penyerahan bibit kepada masyarakat, Penghijauan di Banjar keliki Kawan. Luas lahan penghijauan seluas 3 hektar dengan penanaman bibit 3000 pohon dan jenis bibit pohon yang di tanam antara lain Cendana : 100  pohon,  Nangka   : 500  pohon, Durian     : 200   pohon, Mahoni   : 1000 pohon, Sengon   : 1000 pohon,

Kegiatan di awali dengan acara penyerahan bibit pohon secara simbolis kepada perwakilan  masyarakat di wantilan Banjar Keliki Kawan yang di awali sambutan Dandim 1616/ Gianyar pada intinya menyampaikan bahwa kegiatan karya bhakti dan penghijauan merupakan rangkaian Hari Juang  Kartika Th. 2015 yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan agar sumber daya alam seperti air dapat di pelihara dengan baik dan di harapkan masyarakat untuk memanfaatkan persediaan air yang ada dengan tidak di eksploitasi atau di jual untuk kepentingan bisnis, melalui penanaman pohon ini, di harapkan persediaan air dapat tetap terjaga dengan baik di wilayah Banjar Keliki Kawan. Kegiatan di lanjutkan penyerahan secara simbolis bibit pohon dari Dandim 1616/ Gianyar kepada perwakilan masyarakat yg di terima oleh Bendesa Adat Keliki Kawan I Wayan Sugita.
Selanjutnya penanaman pohon oleh seluruh undangan dan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dandim 1616/ Gianyar, Bupati Gianyar di wakili Kadistan Kab. Gianyar Ir. I Gusti Ayu Dewi Ariani Msi., Muspika Payangan. Kepala Desa Klusa. PPL Kec. Payangan, Bendesa Adat Keliki Kawan, Kadus Keliki Kawan, Tokoh Pemuda dan masyarakat setempat.


Rabu, 16 Desember 2015

Donor Darah Meriahkan Hari Juang Kartika Tahun 2015


Pendam IX/Udayana
16 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan mewakili Pangdam IX/Udayana membuka Bhakti Sosial berupa Donor Darah yang diselenggarakan Kesdam IX/Udayana bekerjasama dengan PMI Bali dan Tiara Dewata Rabu (16/12) di Parkiran Tiara Dewata Denpasar.

Dalam sambutan tertulisnya pangdam IX/Udayana yang dibacakan Kasdam IX/Udayana menyampaikan bahwa Donor darah yang kita laksanakan kali ini, merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata dalam ikut berpartisipasi membantu peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Pangdam juga berharap ke depan kegiatan semacam ini dapat lebih ditingkatkan dan semoga apa yang kita laksanakan pada acara donor darah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak terutama bagi yang membutuhkan. Selanjutnya dalam amanat tertulisnya pangdam juga menyampaikan bahwa donor darah, selain bermanfaat untuk program kemanusiaan yaitu membantu orang lain, juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan pendonor itu sendiri, untuk itu saya berharap kepada para pendonor, agar menumbuhkan kesadaran pada diri masing-masing untuk melaksanakan donor darah secara rutin dan berkala paling cepat tiga bulan sekali sesuai aturan kesehatan.

Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah yang di mulai pukul 08.00 wita berhasil mengumpulkan darah sebanyak 142 kantong, dari 216 orang calon pendonor yang terdaftar di meja panitia, 74 orang calon pendonor lainnya dinyatakan gagal donor karena tensi yang tidak memenuhi Syarat. Adapun rincian kantong darah yang terkumpul sebagai berikut: Galongan Darah “A” 26 kantong  “B” 48  kantong, “O” 59 kantong dan “AB” 9 kantong.
Hadir juga dalam kegiatan donor darah dalam rangka Hari Juang kartika diantaranya Irdam, Asrendam, para Asisten Kasdam, Perwira Staf Ahli, LO AL dan LO AU, Wakil Ketua dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana serta para Dan/Kabalak Satuan jajaran Kodam IX/Udayana.

Penyerahan symbol dan pelepasan Peleton Beranting YWP Tahun 2015


Pendam IX/Udayana
16 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 163/WSA Kolonel Inf Nyoman Cantiasa bersama Bupati Gianyar melepas peserta gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka dalam rangka memperingati rangkaian hari Kartika juang dan hari Infanteri Rabu (16/12) di Lapangan Astina Raya Gianyar Jl. Ngurah Rai Gianyar.

Gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka akan dilaksanakan pada 16 Desember sampai dengan 19 Desember 2015 demgan tema “Dengan semangat Yudha Wastu Pramuka kita tingkatkan profesionalisme militansi dan soliditas bersama rakyat sebagai landasan kekuatan Bela Negara dalam rangka menudukung tugas pokok TNI-AD” Ditandai dengan upacara penyerahan simbol dan pelepasan peserta Peleton Berantying YWP. Kegiatan diselenggarakan oleh Kodim 1616/Gianyar bekerjasama dengan Pemda Kab. Gianyar. Pelaksanaan upacara penyerahan simbol dan pelepasan peserta gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka bertindak sebagai Irup Wakil Bupati Gianyar, Perwira Upacara Mayor Inf Gede Ardika, S. Pd, dengan susunan peserta upacara yaitu 1 SST 900/Raider, 1 SST 741/SBW, 1 SST Yonzipur 18/YKR, 1SST Rindam, 1 SST Ton Inti, 1 SST Ton Pendamping, 1 SST Lanal, 1 SST Lanud, 1 SST Brimob, 1 SST FKPPI, 1 SST PPM, 1 SST PPI, 1 SST Pramuka Saka Wira Kartika.

Setelah pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pelepasan peserta gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka oleh Wakil Bupati Gianyar di depan Balai Budaya Gianyar dan rencana Tonranting Yudha Wastu akan menuju wilayah Kab. Bangli-Kab. Klungkung-Kab. Karangasem-Kab. Singaraja-Kab. Tabanan dan finish di Puputan Margarana Tabanan dengan berjalan kaki sampai dengan tanggal 19 Desember 2015.

Kegiatan upacara penyerahan simbol dan pelepasan peserta gerak jalan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka di Lapangan Astina Raya Gianyar dihadiri oleh Hadir pada upacara tersebut antara lain Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Pamen Kodam IX/Udayana, Dandim jajaran Korem 163/Wira Satya, Danyon 900/Raider ,Danyon Zipur 18/YKR, Kapolres Gianyar, Kepala Kejaksaan Negeri Gianyar, SKPD jajaran Pemkab. Gianyar, Anggota Kodam IX/Udayana, Korem 163/Wira Satya, Rindam IX/ Udayana serta undangan sekitar 60 orang. dapat berjalan dengan lancar dan aman.


Kasdam IX/Udayana Hadiri Bulan menanam Nasional (BMN) tingkat provinsi Bali


Pendam IX/Udayan
16 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan mewakili Pangdam IX/Udayana hadir pada upacara Hari menanam pohon indonesia (HMPI) dan dan kabupaten Bangli Di Desa Batur tengah kecamatan kintamani kabupaten Bangli yang dirangkaikan dengan HUT korpri ke 44, hari ibu yang ke 87 dan gerakan perempuan tanam dan pelihara pohon tahun 2015 serta hari juang Kartika Tahun 2015. Kegiatan tersebut mengambil tema “Ayo kerja menanam dan pelihara pohon untuk hidup dan meningkatkan kesejahtraan masyarakat yang  lebih baik “.  Jumat (11/12) yang dibuka oleh Gubernur Bali yang diikuti oleh 1.000 orang bertempat di  Desa Batur tengah kecamatan kintamani kabupaten Bangli.

Acara diawali sambutan Pjs Bupati Bangli Dewa Mahendra menyampaikan ucapan terimakasih atas kedatangan Bapak Gubernur Bali pada acara Hari menanam pohon indonesia (HMPI) dan Bulan menanam Nasional (BMN) tingkat provinsi Bali dan kabupaten Bangli ,Tujuan dari penanaman ini adalah untuk mendorong masyarakat untuk hidup lebih baik dan giat melakukan penanaman pohon untuk menyelamatkan bumi. Penanaman Pohon akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 1 pebruari 2016.Jenis pohon yg ditanam yaitu  : Ampupu dan puspa sebanyak 4000 (1000 pohon ditanam dihutan kawasan Batur 3000 pohon diserahkan kpd masyarakat utk ditanam sendiri).

Selanjutnya Gubernur Bali menyerahkan bibit secara simbolis kepada Pjs Bupati Bangli untuk diserahkan kepada perwakilan masyarakat serta penyerahan piagam penghargaan kepada kab karangase , kab buleleng, tabanan dan dilanjutkab pemberian SK gubernur nomor Tentang pengolahan hutan lindung, dan penyerahan bantuan bedah rumah oleh gubernur Bali. Dalam sambutan tertulisnya Mentri Kehutanan yang dibacakan Gubernur Bali menegaskan bahwa penanaman pohon ini sangat penting yang harus dilindungi sesuai dg uu no 77 tahun 2006 dan kesadaran penanaman dan pemeriharaan pohon demi kesejahteraan seluruh bangsa indonesia dan dilanjutkan pemukulan kentongan tanda dimulainya HMPI dan BMN.

Hadir pada acra tersebut diantaranya Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kasdam IX/Udayana, Ketua DPRD prop Bali, Ketua tim penggerak PKK, Pangdam IX/udy yang diwakili oleh Kasdam IX/udayana & Ibu, Kapolda Bali diwakil Dirsabhara, Bupati Bangli, Aster Kasdam Ix/udayana, Danrem 163/wsa diwakili  Kasrem 163/Wsa, Kepala kejaksaan Bali, Ketua DPRD kab Bangli, Ketua pengadilan tinggi Denpasar 1 ton Zipur,  ton Reider 900, 1 ton kodim 1626/bangle, 2 ton dinas kehutanan prop bali, masyarakat desa batur tengah, Ormas sosial kemasyarakata lainnya serta masyarakat Kintamani sebanyak 1000 orang.

  

Selasa, 15 Desember 2015

Peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2015 Di Kodam IX/Udayana


Pendam IX/Udayana
15 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI M Setyo Sularso, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Juang Kartika Selasa (15/12) bertempat di Lapangan Puputan Marga Rana, Renon Denpasar.

Hari Juang Kartika terlahir dari peristiwa bersejarah para pendahulu TNI AD bersama rakyat, melawan musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi ini. Di Kota Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945, Perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Sudirman pada pertengahan Desember 1945 membuat tentara sekutu terpukul mundur dari Ambarawa menuju Semarang, walaupun  TKR dihadang dengan  kekuatan persenjataan modern serta kemampuan taktik dan strategi sekutu canggih , para pejuang RI tak pernah gentar sedikit pun, ,mereka melancarkan serangan dengan gigih seraya melakukan pengepungan ketat di semua penjuru kota Ambarawa yang akhirnya hingga saat ini diperingati sebagai Hari TNI AD.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana selaku Inspektur upacara membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan darat mengajak kita semua untuk   menjadikan momentum peringatan Hari Juang Kartika ini sebagai wahana untuk mensyukuri segenap capaian yang telah dapat diwujudkan bersama, sekaligus untuk melakukan introspeksi dan mawas diri terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan dalam kurun waktu setahun lalu. Peringatan ini juga selayaknya menjadi saat untuk membulatkan tekad dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pengabdian TNI AD di masa yang akan datang.

Pada kesempatan peringatan Hari Juang kali ini melalui amanat Kasad diingatkan  juga apa yang disampaikan oleh Presiden RI dan Panglima TNI dalam peringatan Hari TNI Ke-70 tanggal 5 Oktober yang lalu, yakni TNI adalah Rakyat dan Rakyat adalah TNI serta Rakyat Indonesia adalah Ibu kandung TNI.  Bagi TNI AD, penekanan tersebut akan selalu relevan dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas. TNI AD tidak hanya tentara yang lahir dan terbentuk dari rakyat pejuang, tetapi selalu dan akan terus berjuang bersama rakyat. Sejarah telah membuktikan bahwa selama 70 tahun masa pengabdiannya, TNI AD tidak dapat dilepaskan dari rakyat.

Selanjutnya, sebagai salah satu pilar penopang bagi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, TNI AD tidak hanya harus menjadi kekuatan yang profesional, kuat, kokoh dan andal tetapi juga harus selalu manunggal dengan rakyat,  kebersamaan TNI dengan rakyat sebagai satu kekuatan yang sinergis, telah berhasil mengatasi berbagai ancaman, gangguan dan hambatan yang dihadapi Bangsa Indonesia. Saya berkeyakinan negara kita akan tetap berdiri dengan kokoh, bila rakyat menyatu dengan TNI, serta seluruh komponen bangsa bersatu padu dan bersinergi membangun bangsa.
Sejalan dengan tema yang diusung pada peringatan kali ini yakni   “MELALUI HARI JUANG KARTIKA, KITA MANTAPKAN JATI DIRI TNI AD DAN KEMANUNGGALAN TNI-RAKYAT GUNA MEWUJUDKAN INDONESIA YANG BERDAULAT, MANDIRI DAN BERKEPRIBADIAN.” pada momentum peringatan Hari Juang Kartika tahun ini, jajaran TNI AD di seluruh tanah air tidak hanya memperingati, tetapi juga terus melakukan berbagai kegiatan karya bhakti untuk mempelopori dan membantu mengatasi kesulitan rakyat di wilayah masing-masing. Berbagai keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai TNI AD hingga saat ini, tentu tidak terlepas dari kerja keras dari para sesepuh, para pimpinan, serta pengabdian para pendahulu selama berdinas di satuan jajaran TNI AD,  sebagaimana pesan Panglima Besar Jenderal Soedirman bahwa NEGARA INDONESIA TIDAK CUKUP DIPERTAHANKAN OLEH TENTARA SAJA, MAKA PERLU SEKALI MENGADAKAN KERJA SAMA YANG SEERAT-ERATNYA DENGAN GOLONGAN SERTA BADAN-BADAN DI LUAR TENTARA.

Pesan Bapak TNI ini hendaknya selalu tergelorakan dalam hati dan pikiran setiap Prajurit TNI AD, serta menjadi landasan moral dalam berpikir, bersikap dan bertindak. sejalan dengan kemajuan jaman, TNI AD memang harus terus berkembang dan membangun dirinya menjadi organisasi yang semakin modern dan profesional, tetapi sekali lagi, TNI AD tidak pernah boleh meninggalkan jati diri dan roh perjuangannya sebagai tentara rakyat Peringatan Hari Juang kartika ini dihadiri oleh para pejabat antara lain, Wakil Gubernur Bali, Kapolda Bali, para pejabat dilingkungan TNI, Para Bupati sebali, Tokoh Agama, Masyarakat ,Adat, pejabat dilingkungan Pemda Provinsi Bali, Para pimpinan Media, Persit Kartika Chandra Kirana dan sejumlah undangan lainnya. Sebagai acara tambahan dilanjutkan dengan Devile, pembukaan Pameran Alut Sista dan syukuran yang digelar dilingkungan Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon Denpasar. (Pendam IX/Udayana).