Kamis, 04 Februari 2016

Babinsa Koramil 1624-06/Boru Tanggap Bencana Alam


Pendam IX/Udayana
4 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Koramil 1624-06/Boru bersama Masyarakat pengguna jalan,  secara spontan melaksanakan pembersihan longsoran batu dari sebuah tebing Jalan Trans Larantuka - Maumere, Selasa (02/02) tepatnya di KM 7 Jalan Trans Boru-Maumere di Desa Boru Kecamayan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur.

Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi, SE melalui Danramil 1624-06/Boru Kapten Inf Paulus Ibi Weking mengatakan bahwa longsor terjadi  pada hari Selasa tanggal 2 Pebruari 2016  sekitar pukul 10.20 Wita. Tanah longsor ini terjadi diperkirakan di samping tanahnya yang relatif labil juga dimungkinkan karena tingginya curah hujan di wilayah setempat, pada awal bulan Pebruari ini. Tanah longsor ini sempat mengakibatkan terhambatnya lalu lintas pengguna jalan Trans Larantuka-Maumere selama kurang lebih 15 sampai dengan 20 menit.

Lebih lanjut, setelah kami mendapat laporan dari masyarakat tentang terjadinya tanah longsor ini, maka tanpa berpikir panjang, kami langsung datang ke lokasi tanah longsor. Dengan peralatan yang serba sangat terbatas, secara manual, Bati Tuud Koramil 1624-06/Boru Pelda Freitas dan Babinsa Koramil 1624-06/Boru Serda Dominggus, mengajak para pengguna jalan untuk bersama-sama membersihkan material berupa bongkahan batu yang tepat berada di ruas jalan. Beruntung saat kejadian longsor, tidak ada masyarakat yang melintas, jelas Dandim 1624/Flotim.Salah satu pengguna jalan, Frans, 45 tahun, asal Maumere,  memberikan apresiasi kepada aparat TNI atas kecepatannya dalam merespon untuk melaksanakan tindakan awal mengatasi terjadinya tanah longsor ini, meskipun hanya dengan tangan, bersama sama dengan pengguna jalan, lalu lintas bisa normal kembali. Terima kasih Pak TNI. Kami bisa melanjutkan perjalanan bersama keluarga ke Maumere,  dengan muka ceria, sambil melambaikan tangan ke arah kerumunan pengguna jalan usai melaksanakan pembersihan material longsor tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar