Kamis, 04 Februari 2016

Bhaksos Kesehatan Di Wilayah Perbatasan RI-RDTL

Pendam IX/Udayana
4 Februar 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kementerian Pertahanan, Mabes TNI bekerjasama dengan Kodam IX/Udayana melalui Jajaran Korem 161/Wira Sakti melaksanakan Bhakti Sosial Kesehatan, Selasa (02/02) di wilayah Perbatasan RI- RDTL tepatnya di Kampung Bundaran, Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu.

Kegiatan ini dihadiri langsung Dirjen Kuathan Kemhan Laksamana Muda Marinir Agus Purwoto, Wakapuskes TNI Laksma Drg. Andriani, Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., Danlantamal VII Kupang Brigjen TNI Marinir Siswoyo Hari Santoso serta sejumlah tamu undangan pejabat sipil di lingkungan Pemkab Belu dan Kecamatan Raihat. Turut menyambut kedatangan rombongan Dirjen Kuathan Kemhan  antara lain, Kakesdam IX/ Udayana, Dandenkesyah Kupang, Dandim 1605/Belu, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 725/Woroagi, Karumkitban Atambua, Camat Raihat, Kepala Desa Raihat, tokoh adat, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Kecamatan Raihat. Selanjutnya rombongan menerima sambutan adat oleh ketua adat dilanjutkan dengan pengalungan Kain Tais.

Sebagai ucapan selamat datang Camat Raihat Drs. Yulius Seran menyampaikan  trima kasih kepada kehadiran bapak karana masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Raihat yang berada di wilayah perbatasan sangat mengharapkan uluran tangan dari bapak TNI dalam bidang kesehatan ini dan kami juga mengerti tugas TNI bukan hanya tugas perang tetapi tugas sosial bidang kesehatan seperti yang dilaksanakan saat ini.

Sementara Danrem 161/Ws Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M.,  menyampaikan sambutan Panglima Kodam IX/Udayana diantaranya mengatakan kegiatan Bhakti Sosial bidang kesehatan merupakan program TNI untuk memberikan kesehatan kepada masyrakat yang khususnya berada di wilayah perbatasan RI-RDTL dan merupakan suatu simbol kemanunggalan TNI dan rakyat serta Pangdam IX/ Udayana menekankan Program Kesehatan ini merupakan Upaya strategis dan dapat memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan kesehatan oleh karena itu agar dilaksankan dengan sungguh-sungguh. Perhatikan mutu pelayanan di lapangan sehingga tidak ada keluhan dari pasien dan manfaatnya dapat benar-benar dirasakan oleh seluruh masyarakat.Tingkatkan koordinasi dan kerjasama yang terpadu antar lintas sektor, tokoh adat, tokoh agama dan seluruh masyarakat guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Dirjen Kuathan Kemhan Laksamana Muda TNI Agus' Purwoto mewakili menteri pertahanan menyampaikan bahwa Baksos ini merupakan upaya pertahanan dan upaya memberikan kesehatan kepada seluruh masyarakat  khususnya masyarakat Kecamatan Raihat agar memiliki hidup yang sehat dan agar siap untuk bela negara.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan cendramata dari Dirjen Kuathan Kemhan Laksamana Muda TNIAgus Purwoto kepada Danrem 161/WS, Kakesdam IX/Udayana dan Camat Raihat. Juga dilaksanakan penyerahan Sembako secara simbolis oleh Dirjen Kuathan Kemhan kepada Masyarakat setempat. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan peninjauan ke lokasi  pengobatan gratis terhadap masyarakat yang dilaksanakan antara lain, Sunatan Masal yang diikuti sebanyak  50 orang, pengobatan gigi sebanyak 500 orang dan pengobatan umum sebanyak 1000 orang. Acara yang dikemas dalam bentuk Bhksos Kesehatan ini disambut antusias oleh masyarakat dengan ucapan terima kasih atas partisipasi Kemhan dan satuan TNI yang ada di wilayah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar