Jumat, 05 Februari 2016

Koramil 1624-03/Lewoleba : Hijaukan Pantai Tanjung Tuak

Pendam IX/Udayana
5 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Koramil 1624-03/Lewoleba, Kodim 1624/Flotim senantiasa turut serta berperan aktif dalam setiap lini pembangunan di wilayah binaannya, hal ini di wujudkan pada kegiatan bhakti sosial penanaman pohon ,Sabtu (30/1), bersama Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lembata beserta elemen masyarakat lainnya di Kawasan Pantai Tanjung Tuak Desa Kolipadan Kecamatan Ile Ape, Lembata.

Kadis Distanhut Kabupaten Lembata  Feliks Bediona mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Pemkab Lembata yang dilaksanakan pada tempat dan waktu yang berbeda, kali ini dilaksanakan di Desa Kelipadan. Berbagai jenis anakan pohon kami tanam pada kegiatan ini, diantaranya adalah anakan pohon Mahoni 500, Nimba 500 pohon, Jambu Mente 2000 pohon dan Gaharu 50 pohon, yang semuanya berjumlah 3050 anakan pohon, jelas Kadistanhut Kabupaten Lembata.

Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi, S.E., melalui Danramil 1624-03/Lewoleba Mayor Inf Ignasius Hali Agen, S.E., mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon ini memiliki arti yang sangat penting dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup, serta memelihara keseimbangan ekosistem yang ada. Tetapi yang lebih penting lagi adalah,  bukan hanya sekedar menanam pohon, lalu di biarkan begitu saja, hendaknya juga harus diiringi dengan pemeliharaan, pengawasan dan pemantauan pasca penanaman pohon. Hal inilah yang sering di lupakan, tegas Dandim 1624/Flotim.
Berbagai elemen masyarakat diantaranya dari unsur pemerintah desa, tokoh masyarakat, pemuda, adat dan tokoh agama turut serta ambil bagian dalam kegiatan ini.

Salah satu warga masyarakat Desa Kelipadan yang enggan disebut namanya, merasa sangat bersyukur dengan adanya penanaman pohon ini, karena jenis anakan pohon yang ditanam, lebih dominan jenis anakan pohon yang dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi warga masyarakat sekitarnya, yaitu anakan pohon jambu mete.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar