Jumat, 26 Februari 2016

Peringati HUT Ke 55, Korem 161/Wira Sakti Tanam Anakan Pohon


Pendam IX/Udayana
26 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Korem 161/Wira Sakti baru saja memperingati hari jadinya yang ke 55 tanggal 24 Pebeuari 2016 kemarin. Namun rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT tersebut masih berlanjut dengan diselenggarakannya penanaman anakan pohon yang berjumlah 2.000 batang pohon, Kamis (25/2) di lokasi daerah latihan TNI AD Kelurahan Sulamu, Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Kegiatan ini dihadiri oleh unsur militer dan sipil antara lain anggota Makorem 161/Wira Sakti, Kodim 1604/Kupang, Brigif 21/Komodo, Kepolisian Sektor Sulamu, Pelajar SD, SMP, SMU dan SMK di wilayah Kecamatan Sulamu serta masyarakat Kelurahan Sulamu yang berada di sekitar daerah latihan tersebut.

Kedatangan Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., yang didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161, Kasiter Korem, Kolonel Kav Edward Sitorus dengan menggunakan Heli jenis Bell 412, mengundang perhatian masyarakat yang dapat menyaksikan dari dekat Alut Sista yang dimiliki oleh TNI AD.

Danrem dan rombongan disambut dengan tradisi pengalungan kain tais sebagai bentuk penghormatan yang dilakukan oleh masyarakat setempat terhadap pejabat atau tamu yang datang ke wilayah mereka.

Dalam sambutan sekapur sirih yang disampaikan oleh tokoh masyarakat yang juga kepala dusun, Yuspiter menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kegiatan yang dilakukan oleh Korem 161/Wira Sakti bersama masyarakat. Dia berharap kegiatan kali ini bisa benar-benar bermanfaat buat pelestarian lingkungan di wilayah Sulamu. Bahkan meminta agar daerah latihan Sulamu untuk dipagari agar tanaman yang sudah ditanam dapat terjaga kelangsungan hidupnya.

Sementara Bupati Kupang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Titus mengatakan program penanaman anakan pohon yang dilakukan Korem 161/Wira Sakti bersama masyarakat selaras dengan program paksa tanam dan tanam paksa yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kupang. Kita melaksanakan penanaman tanaman lestari yang berjangka panjang serta tanaman jangka pendek yang bernilai ekonomis yang bermanfaat bagi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sementara Danrem 161/Wira Sakti dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk menanam pohon dibutuhkan ketersediaan air. Kita ketahui untuk wilayah Sulamu di saat musim kemarau air menjadi sangat terbatas, oleh karena itu di saat musim hujan masih ada seperti sekarang ini, mari kita menanam pohon dengan harapan bila sudah tumbuh besar pohon tersebut akan menyerap air dan menyimpan cadangan air di akarnya.

Selanjutnya Danrem juga mengatakan bahwa dalam rangka Hut Ke 55 Korem 161/Wira Sakti dilaksanakan penanaman pohon secara serentak di seluruh Jajaran Korem 161/Wira Sakti sementara secara simbolisnya dilaksanakan di Daerah Latihan TNI AD Sulamu ini. Perlu diketahui bahwa program ini dilaksanakan untuk pelestarian lingkungan dengan harapan akan dapat berkesinambungan bukan retorika semata, yakinkan anakan pohon yang kita tanam terpelihara dengan baik dan tumbuh subur, tegas Danrem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar