Selasa, 22 Maret 2016

Cegah Longsor, Hijaukan Boru


Pendam IX/Udayana
22 Maret 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Koramil 1624-06/Boru bersama Masyarakat Boru, Jumat (18/03), menyelenggarakan kegiatan bersama berupa penanaman anakan pohon Mahoni di Desa Boru, Kecamataan Wulanggitang, Kabupaten Flotim, tepatnya di pinggir jalan Km 63 Jalan Trans Larantuka - Maumere.

Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi,SE melalui Danramil 1624-06/Boru Kapten Inf Paulus Ibi Weking, mengatakan inisiatif warga masyarakat Desa Boru, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flotim, dalam menggagas kegiatan penanaman pohon ini, patut mendapat apresiasi kita bersama dan harus kita dorong, sehingga disamping menumbuhkan semangat gotong royong dan peduli lingkungan hidup, juga sebagai sarana memelihara dan meningkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat di Wilayah Koramil 1624-06/Boru.

Lebih lanjut, jelas Dandim 1624/Flotim, ke depan bukan hanya kegiatan penanaman pohon semata yang akan kami dorong, akan tetapi juga berbagai kegiatan positif lainnya, baik itu di bidang olah raga, bidang seni budaya, maupun berbagai bentuk kegiatan positif lainnya, yang mengajak warga masyarakat Desa Boru untuk berpartisipasi aktif dalam percepatan pembangunan didesanya.

Sementara itu, Kepala Desa Boru, Benediktus Baran Liwu, usai kegiatan penanaman pohon ini mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bagian upaya pemerintah desa, bersama-sama dengan elemen masyarakat desa lainnya, dalam mencegah terjadinya tanah longsor, yang kerap terjadi di wilayah ini.

Terkadang karena longsornya tanah mengakibatkan putusnya atau terganggunya jalan Trans Larantuka- Maumere. Di samping itu juga untuk memelihara tetap sejuk segarnya wilayah desa kami serta menjaga kelestarian lingkungan di desa kami, jelas salah satu tokoh Desa Boru.

Tidak kurang dari 100 anakan pohon Mahoni, yang kami tanam bersama-sama dengan Koramil 1624-06/Boru, pada lahan seluas kurang lebih 1,5 Ha, tutup Kepala Desa Boru ini mengakhiri penjelasannya.

Turut serta hadir dalam kegiatan penanaman pohon ini adalah tokoh adat,tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Boru Kec. Wulanggitang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar