Senin, 01 Agustus 2016

Bali Merah Putih di Gianyar




Pendam IX/Udayana
1 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Memasuki awal Agustus ini Kodim 1616/Gianyar beserta jajaran melaksanakan penguatan tentang rasa cinta negara berupa upacara bendera dan pemberian ceramah materi Wawasan Kebangsaan terhadap siswa-siswi SMU/SMK maupun SMP dengan mengusung semangat gerakan Bali Merah Putih menyambut HUT RI ke 71 di Kab.Gianyar (1/8).

Kegiatan Bali Merah Putih dilakukan dengan upacara bendera disekolah masing-masing sebagai pembina upacara Danramil jajaran Kodim 1616/Gianyar yang dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan bagi siswa-siswi disekolah. Hal  ini merupakan penjabaran intruksi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Prov.Bali dengan Korem 163/WSA.

Uniknya pada upacara bendera kali ini untuk siswa-siswi menggunakan Kacu Merah Putih dan Pita Merah Putih yang diikat dikepala serta meneriakan yel-yel semangat terhadap sekolah dan cinta negara dengan kekuatan gerakan Bali Merah Putih yang bermakna berani mengajar di sekolah untuk mewujudkan putra-putri hebat dan berwawasan kebangsaan.

Gerakan Bali Merah Putih ini serentak dilakukan dibeberapa sekolah diantaranya SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Blahbatuh, SMAN 1 Tegalalang, SMAN 1 Ubud, SMAN 1 Payangan, SMPN 2 Gianyar, SMPN 3 Tampaksiring dan SMPN 3 Sukawati.

Selain itu Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto SP Capah,S.Sos., juga menjadi inspektur upacara di SMAN 1 Gianyar dan menyampaikan bahwa kegiatan ini perlu diberikan kepada siswa-siswi yang merupakan generasi penerus bangsa untuk mencegah lunturnya rasa cinta terhadap negara dan bangsa serta mencegah masuknya pengaruh globalisasi negatif dari luar negeri yang dapat melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara disamping itu juga untuk memupuk rasa bangga terhadap Indonesia menjelang HUT RI ke 71. (Kodim 1616/Gianyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar