Rabu, 28 September 2016

Donor Darah Dalam Rangka HUT TNI Ke 71 Di Kupang

Pendam IX/Udayna
28 September 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Menyongsong peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 71 Tahun 2016, satuan TNI wilayah Garnisun Kupang yang dikoordinir oleh Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.01 Wira Sakti Kupang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kota Kupang, Diskes Lantamal VII Kupang serta Diskes Lanud El Tari Kupang, menyelenggarakan kegiatan donor darah bertempat di Suba Suka Exibition Hall Kupang, Rabu (28/09/2016).

Kegiatan donor darah ini diikuti dari personel dari ketiga Angkatan Tentara Nasional Indonesia di wilayah Kupang, seperti Korem 161/Wira Sakti dan Balak Aju Korem, Lantamal VII Kupang, Lanud El Tari Kupang, Brigif 21/Komodo, Ibu-ibu anggota Persit, Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Kupang serta anggota Kepolisian  Polda dan Polres Kupang Kota.

Koordinator kegiatan donor darah ini, Letkol Ckm Prabowo Effendi mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai rangkaian menyambut peringatan Hut TNI ke 71 tahun ini. Berdasarkan catatan yang diterima panitia penyelenggara terdapat 203 orang yang mendaftar untuk melakukan donor, tetapi setelah dilaksanakan pengecekan secara detail hanya 161 orang yang memenuhi syarat untuk melaksanakan donor.

Dalam penjelasannya, Dandenkesyah 09.04.01 Wira Sakti Kupang ini menambahkan ada beberapa orang yang tidak bisa melaksanakan donor darah dikarenakan yang bersangkutan terindikasi hipertensi, hipotensi, HB nya rendah serta ada yang belum waktunya untuk melaksanakan donor karena belum mencapai 3 bulan sesuai ketentuan kesehatan.

Dari pelakasanan donor darah ini terkumpul 161 Kolp (Kantong darah) dengan rincian ; golongan darah A sebanyak 43 kolp, golongan darah B sebanyak 46 kolp, golongan darah AB sebanyak 8 kolp serta golongan darah O sebanyak 64 kolp. Darah hasil donor ini akan disetorkan ke Bank Darah milik PMI Kota Kupang. Dengan harapan apa yang kita lakukan hari ini dalam bentuk kegiatan donor darah akan dapat bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan. “Bagi kita semua meyakini bahwa setetes darah yang kita sumbangkan atau kita donorkan akan dapat menyelamatkan nyawa banyak orang”, ungkapnya. (Penrem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar