Rabu, 28 September 2016

Lomba Tari Gemu Famire Meriahkan Peringatan HUT TNI Ke 71



Pendam IX/Udayana
28 September 2016

Ribuan penonton bersorak sorai  mengiringi semaraknya Lomba Tari Gemu Famire  yang dilaksanakan di Hall Lippo Mall Kupang, Selasa (27/09/2016), dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke 71 Tahun 2016.
Kegiatan lomba ini diikuti 18 Tim peserta dari satuan TNI yang ada di Garnisun Kupang. Masing–masing tim menampilkan tarian wajib Gemu Famire yang bisa diimprovisasi tanpa meninggalkan gerakan dasar tarian tersebut sehingga terkesan lebih variatif dan menarik untuk ditonton dipadukan dengan tata busana yang ditentukan sendiri oleh setiap peserta.

Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., saat membuka lomba ini mengatakan bahwa Tarian Gemu Famire yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, saat ini sudah sangat dikenal dan familiar, tidak saja di kalangan masyarakat NTT tetapi sudah memasyarakat di seluruh Indonesia. Hasil karya kearifan lokal seniman NTT ini, telah menjadi suatu kebanggaan dan ikon yang perlu untuk dijaga dan dilestarikan eksistensinya.

Hampir di setiap even dan kegiatan di wilayah ini, Tarian Gemu Famire pasti selalu ditampilkan, karena mampu menggugah semangat serta kebersamaan kita semua. Bahkan pada even-even tertentu tarian ini juga sering dilombakan, seperti pada saat ini,  kita juga melombakannya dalam rangka memperingati HUT TNI ke 71 Tahun 2016. 

Lebih lanjut Danrem menjelaskan adapun tujuan dari penyelenggaraan lomba ini, disamping untuk memeriahkan HUT TNI ke 71 Tahun 2016, juga untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan yang dijewantahkan sebagai kemanunggalan TNI dengan rakyat, menggugah semangat perjuangan dalam mengisi pembangunan melalui even seni yang sekaligus untuk mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal.

Besar harapan kita dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat memotivasi dan menginspirasi kita   semua   untuk    menggali    segala    potensi yang diwujudkan dalam kreatifitas seni yang nantinya dapat melahirkan karya-karya seni terbaik, populer serta diminati sebagai sarana hiburan bagi seluruh masyarakat. Setelah kedelapan belas tim peserta menampilkan dan unjuk kreasi di depan ribuan penonton yang memadati Hall Lippo Mall, akhirnya Tim Juri Lomba yang terdiri dari Margaret,  S.Pd., Paulina dan Ari Setyo Wati  memutuskan tiga pemenang sebagai juara dalam Lomba Tari Gemu Famire kali ini, Juara I Lantamal VII Kupang Tim 4, Juara II Denpom IX/1 Kupang serta Juara III Denzibang 1/IX Kupang. Salah satu anggota juri ketika dikonfirmasi mengatakan ada beberapa aspek penilaian yang menjadi kriteria untuk menentukan pemenangnya, antara lain gerakan dasar dari tarian Gemu Famire, keserasian, variasi gerakan serta tata busana atau pakaian yang digunakan setiap peserta. Dengan kriteria yang sudah disepakati dari awal saat technical meeting maka kita putuskan ketiga peserta di atas yang berhak sebagai pemenangnya, ungkapnya.

Pantauan di lokasi kegiatan menunjukkkan antusias setiap tim dalam mengikuti lomba dengan dukungan dari masing-masing supporter membuat suasana semakin gemuruh setiap kali satu tim menyelesaikan penampilannya, termasuk menarik masyarakat umum yang kebetulan lagi jalan-jalan dan belanja di mall terbesar di Kota Kupang ini.

Hadir juga pada kesempatan ini beberapa pejabat penting dari ketiga Angkatan Tentara Nasional Indonesia di wilayah Garnisun Kupang, antara lain Danlanud El Tari Kupang Kolonel (Pnb) Jorry Koloay, Aspers Danlantamal VII Kupang Kolonel (P) Bambang, Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Gregorius Suharso, Para Kasi Korem 161/Wira Sakti, Dan/Kabalak Aju Korem 161/Wira Sakti, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX Udayana serta Perwira Staf dari masing-masing satuan. (Penrem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar