Selasa, 27 September 2016

Meriahkan Hut Ke 71 TNI, Kodam Gelar Lomba Kesenian


Pendam IX/Udayana
27 September 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kesenian Tradisional merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang perlu mendapat apresiasi karena karya seni tradisional Indonesia merupakan kebanggaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan, telah mendapat pengakuan dan sering kali Kesenian Tradisional Indonesia mendapat pujian serta dipelajari secara serius oleh bangsa lain karena keunikan dan falsafah yang terkandung didalamnya.

Dalam upaya melestarikan kesenian Tradisional Indonesia ini, Kodam IX/Udayana dalam momen yang bersejarah peringatan ke-71 Hari TNI  tahun 2016 menggelar lomba kesenian antara lain Lomba Paduan Suara, Baca Puisi, Tarian dan Cipta Lagu Perjuangan dengan tujuan untuk membangkitkan rasa cinta terhadap budaya Daerah dan Nasional sehingga terbangun rasa cinta tanah air dan   semangat nasionalisma yang dijiwai oleh kemanunggalan TNI-Rakyat.

Adapun pelaksanaan lomba kesenian ini dimulai tanggal 26 sampai dengan 30 September bertempat di Korem 161/Wira Sakti Kupang khusus untuk peserta dari wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur dan di Kodam IX/Udayana untuk peserta dari wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Bali.

Peserta lomba dari lingkungan pelajar setingkat SLTA yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Bali dengan melibatkan dewan juri dari kalangan Militer, Komponis, ISI Denpasar dan Komunitas Sastra Denpasar. Untuk di wilayah NTB dan Bali dilaksanakan di Kodam IX/Udayana dan dibuka pada Senin (26/9) bertempat di Aula Udayana Makodam IX/Udayana oleh Aster Kasdam IX/Udayana, Kolonel Inf Heri Susanto mewakili Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya yang dibacakan Aster Kasdam IX/Udayana menyampaikan lomba kesenian seperti ini mempunyai nilai yang sangat penting untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya di tanah air serta menggugah semangat putra putri bangsa khususnya generasi muda dalam meningkatkan rasa cinta tanah air, nasionalisme dan kesadaran bela negara, untuk itu diharapkan agar ruang kreasi ini dapat dimanfaatkan secara sungguh sungguh dengan penuh penjiwaan sehingga dapat menampilkan karya seni yang berkualitas sesuai dengan jenis lomba yang diikuti sehingga khasanah seni dan budaya Bali Nusra akan dapat dilestarikan sepanjang jaman. Demikian harap Pangdam.

Adapun hasil lomba pada hari pertama yang dilaksanakan di Aula Makodam IX/Udayana untuk Korem 162/Wira Bhakti antara lain, Juara I Paduan Suara, Kodim 1606/Lombok Barat dari SMAN 7 Mataram yang didukung oleh 12 orang  penyanyi dengan judul lagu Indonesia Pusaka dan Bagimu Negeri, kemudian untuk Juara I Lomba Cipta Lagu adalah Kodim 1607/Sumbawa dari SMAK Sumbawa dengan judul lagu Semangan Juang TNI, atas nama Yakobus Elman Segu dan Erlin, juara I lomba Baca Puisi Kodim 1608/Bima dari SMA I Bima atas nama Lailatul Fikra dengan judul puisi Perjuangan Tanpa Batas dan juara I lomba tari, Kodim 1614/Dompu dari SMAN I Kempo (Sanggar Mada Duli) dengan jenis tari Nelayan didukung oleh 12 orang penari.

Selanjutnya untuk wilayah Korem 163/Wira Satya, Juara I Lomba Baca Puisi, Kodim 1616/Gianyar atas nama, Ni Komang Diah Restu Swari dengan judul puisi Gugur, Juara I Lomba Cipta Lagu Perjuangan, Kodim 1623/Karangasem, atas nama Ni Komang Candrani Dewi dengan judul lagu Salam Perjuangan, Juara I Lomba Paduan Suara, Kodim 1609/Buleleng didukung oleh 25 orang penyanyi dengan judul lagu, Tanah Airku dan Pada Pahlawan  sedangkan untuk lomba tari Kodim 1611/Badung, atas nama I Putu Parama Kesawa A.P dan I Kadek Karunia Artha dengan jenis tari Baris Tunggal.

Sementara untuk di wilayah Korem 161/ Wira Sakti lomba tingkat Korem sedang berlangsung dan selanjutnya untuk juara I di masing-masing wilayah Korem akan di lombakan di tingkat Kodam pada tanggal 30 September mendatang. Pada Kesempatan tersebut hadir Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Danrem 163/Wira Satya dan para pejabat teras Kodam IX/Udayana lainnya. (Pendam IX/Udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar