Kamis, 20 Oktober 2016

Bupati Malaka Apresiasi Pelaksanaan TMMD Ke 97



Pendam IX/Udayana
20 Oktober 2016

Bupati Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur, dr. Stefanus Bria Seran memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 97 Tahun Anggaran 2016 yang dilaksanakan di wilayahnya oleh Kodim 1605/Belu dan menurut Bupati hasil yang dicapai dalam TMMD kali ini merupakan bukti nyata jika Tentara Nasional Indonesia bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat atau rakyat.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Malaka pada Upacara Penutupan TMMD Ke 97 Tahun Anggaran 2016 di Lapangan SMP Katholik St. Isodorus, Desa Besikama, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Rabu (19/10/2016), yang juga dihadiri oleh Pati Ahli Staf Khusus Kasad Brigjen TNI Hadi Kusnan. Orang nomor satu di Kabupaten Malaka yang wilayahnya memiliki perbatasan darat langsung dengan negara tetangga Republic Democratic Timor Leste (RDTL) mengungkapkan  bahwa TNI sebagai institusi pertahanan negara tidak hanya bisa berperang saja tetapi juga membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya terutama dalam bidang pembangunan infrastruktur yang diperlukan di wilayah.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang sudah melaksanakan TMMD di Kabupaten Malaka sekaligus juga mengaku siap mengalokasikan anggaran guna pelaksanaan TMMD di Tahun 2017 mendatang."Saya sudah lihat hasil TMMD tahun ini luar biasa bagus. Jalan yang ke Skabilulik itu, sebelum TMMD, kita tidak bisa lewat jalan utamanya. Tetapi berkat TMMD saat ini sudah bisa kita gunakan jalan utamanya dan lebih nyaman. Jalannya juga lebih lebar”, Ungkap Bupati.

Sementara itu Upacara Penutupan TMMD Ke 97 dipimpin  oleh Pati Ahli Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Hadi Kusnan dan dihadiri jajaran TNI, Polri, Forkopimda Malaka dan masyarakat di Desa Besikama.  Brigjen TNI Hadi Kusnan  mengatakan, keberhasilan pelaksanaan TMMD Ke 97 menunjukkan sinergitas dan kemanunggalan TNI, Polisi, Pemerintah  Daerah dan masyarakat. Hal ini sangat penting dalam memperkokoh rasa cinta tanah air, rasa persatuan dan semangat gotong royong untuk mencapai tujuan negara yaitu kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia."Kami, Tentara Nasional Indonesia  sangat senang bisa melakukan TMMD di Kabupaten Malaka. Kami senang bisa bekerja sama dengan masyarakat, Polri dan juga pemerintah. Jika pemerintah siap mengalokasikan anggaran untuk TMMD tahun depan, kami siap melakukan TMMD di Malaka”, ungkap mantan Kasdam IX/udayana ini, menanggapi penyampaian Bupati Malaka.

Pada kesempatan terpisah Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Moch. Nanang Nazmudin mengharapkan masyarakat Malaka mampu menjaga dan merawat semua fasilitas yang telah dibangun dalam TMMD Ke 97ini, sehingga akan memiliki massa penggunaan yang lebih panjang. Dirinya juga berharap hasil yang dicapai bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terkait permintaan Bupati Malaka agar TMMD Tahun 2017 kembali diadakan di Malaka, Dandim 1605/Belu mengatakan, semua tergantung usulan dari Pemda Malaka terkait lokasi TMMD. Saat ini pihaknya masih melakukan survei untuk mencari tempat yang tepat untuk dilakukan TMMD pada periode berikutnya.

Menurutnya TMMD dilaksanakan dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah pelosok, perbatasan atau terisolir. Oleh karena itu saat ini kita masih akan membicarakannya, mencari lokasi yang tepat untuk melakukan TMMD. Jika kita sudah  mendapatkan lokasinya, ada kesepakatan dengan Pemda maka selanjutnya kita akan membuat proposal kepada  pemerintah bersangkutan. Demikian menjadi prosedur button-up nya yang juga akan kita laporkan ke Komando Atas atau pimpinan dan jika disetujui maka program TMMD tersebut  akan dapat dilaksanakan”, Ungkapnya dihadapan awak media. (Penrem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar