Selasa, 18 Oktober 2016

Kodim 1616/Gianyar Tanam Padi Bersama Pt Pupuk Petrokimia

Pendam IX/Udayana
18 Oktober 2016

Kodim 1616/Gianyar kembali meningkatkan upaya kegiatan  swasembada pangan di Kabupaten Gianyar khususnya di Gianyar (18/10) berupa penanaman padi secara serentak yang dilakukan pada areal persawahan seluas 1 hektare di Subak Sulangai Desa Siangan Kec.Gianyar.

Kegiatan penanaman padi serentak dilakukan oleh anggota Kodim 1616/Gianyar bersama PT Petro Kimia, anggota Distan Gianyar serta melibatkan masyarakat setempat. Kegiatan penanaman secara serentak diprioritaskan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan menuju ketahanan pangan di wilayah dengan menggunakan sistim padi Cigeulis sistim tanam Jajar Legowo dengan pemberian pupuk secara berimbang.

Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto SP Capah , S.Sos menyatakan bahwa Kodim 1616/Gianyar selama ini terus menurunkan Babinsa dari seluruh Koramil jajaran untuk bersama PPL dan warga Subak dalam upaya pendampingan maupun perbantuan untuk bersama mengatasi kesulitan baik pendataan kerusakan , perbaikan dan pengoptimalan sarana irigasi serta penerapan pola tanam ’‘ Jajar Legowo ” sebagai upaya sinergi dan saling dukung antara Dinas Pertanian dengan Kodim dalam mewujudkan swasembada pangan dengan memaksimalkan peran sumber daya yang dimiliki kedua institusi ini dapat digunakan secara optimal. Namun demikian, leading sector kegiatan ini tetap berada di Dinas Pertanian. TNI, dalam hal ini Kodim 1616/Gianyar hanya mendorong dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat bersama PPL. TNI mempunyai kepentingan dalam terwujudnya swasembada pangan, karena keberhasilandalam mewujudkan swasembada panganakan dapat mendukung tercapainya ketahanan pangan menuju ketahanan nasional.

Kedepan kegiatan ini masih akan dilakukan sebagai bentuk aplikasi dilapangan sehingga menjadi tolak ukur keberhasilan sinergitas antara kedua insitusi dalam pengawalan dan pendampingan kepada petani dalam menyukseskan program swasembada pangan di Kab.Gianyar.(Kodim 1616/Gianyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar