Selasa, 08 November 2016

Dandim 1622/Alor : Sebagai Anggota TNI Harus Menjaga Netralitas


Pendam IX/Udayana
Selasa, 8 Nopember 2016

Dandim 1622/Alor Letkol Inf Daniel Budi Marwanto,SE menghimbau agar seluruh Babinsa terus memantau situasi di wilayah masing-masing dan laporkan secara hirarki kepada Komandan satuan masing-masing hal tersebut di sampaikan Saat memberikan pengarahan kepada personel TNI dan PNS Kodim 1622/Alor, Senin (7/11/2016)

Daniel menegaskan, Pilkada Kab. Alor masih jauh (dua tahun) lagi namun suhu politiknya sudah mulai terasa sekarang, untuk itu dirinya mengingatkan agar sebagai anggota TNI harus menjaga netralitas dengan tidak memberikan komentar, saran dan masukan serta menjanjikan sesuatu apa pun kepada pemimpin dan anggota Parpol maupun kandidat, tegas Dandim.

“Ada kandidat yang sudah mulai turun ke masyarakat, maka sebagai TNI tidak boleh memihak ke salah satu pihak, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan oleh TNI, intinya kita TNI harus netral.” Demikian ditegaskan oleh Dandim 1622/Alor Letkol Inf Daniel Budi Marwanto,SE, pada saat memberikan arahan kepada anggotanya.

Mengenai situasi nasional saat ini berkaitan tuntutan masyarakat yang ditujukan kepada Gubernur nonaktif Basuki Cahaya Purnama alias Ahok, saya harap Babinsa tidak boleh memberikan pendapatnya secara politis kepada masyarakat mengenai hal ini. “Tugas kita memantau situasi di masyarakat jangan sampai ada oknum tertentu sengaja memanfaatkan situasi ini dengan mengeluarkan isu-isu yang tidak benar apalagi isu SARA untuk memprovokasi masyarakat. Babinsa harus terus laksanakan Komsos dengan semua tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dan LSM-LSM yang ada di wilayah binaan. Babinsa harus rutin berikan himbauan dan arahan-arahan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan melalui sarana tempat-tempat ibadah. Bina relasi baik dan bekerja sama dengan tokoh-tokoh agama agar bisa pakai tempat ibadah seperti Gereja dan Masjid untuk berbicara dengan masyarakat.

Dandim kembali menegaskan sebagai prajurit TNI harus patuh dan taat dengan aturan yang berlaku. Apabila ada prajurit yang ditemukan masuk dalam lingkup politik maka akan ditindak tegas sesuai aturan yang ada. Dalam melaksanakan tugas tidak boleh ragu-ragu, harus bisa memilah mana zona aman yang diperbolehkan dan mana tidak aman dan dilarang, tegasnya. (Kodim 1622/Alor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar