Minggu, 20 November 2016

Peringatan Ke-70 Hari Puputan Margarana



Pendam IX/Udayana
Minggu, 20 Nopember 2016
Upacara peringatan ke-70 hari Puputan Margarana dilaksanakan secara hikmad pada pukul 09.00 Wita, di Taman Makam Pujaan Bangsa Margarana Tabanan Bali. Kedatangan Ton Napak Tilas Pasukan I Gusti Ngurah Rai etape terakhir memasuki lapangan upacara dengan membawa panji-panji perjuangan dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai.

Hadir dalam upacara Wakil Gubernur Bali sebagai inspektur upacara, Mayor Sus. Dedy Setiawan, S.H Kakum Lanud Ngurah Rai selaku Komandan Upacara. Peserta upacara terdiri Satsik Pemprov Bali, Barisan Pama TNI-Polri, Pasukan Bersenjata, Barisan Korpri dan Limas, Barisan Generasi muda dan Pramuka, Barisan SMA/SMK dan SMP, serta Tamu undangan dari pejabat Lingkungan Kodam IX/Udayana dan Polda Bali,  Forum SKPD, Veteran serta tokoh masyarakat.

Dalam upacara Wakil Gubernur Bali membacakan amanat Gubernur Bali diantaranya upacara peringatan ke-70 hari Puputan Margarana sebagai refleksi perjuangan masayarakat Bali dalam hal ini Pasukan Ciung Wanara yang telah melaksanakan perang habis-habisan (puput) dalam mengusir kedatangan Belanda di wilayah Bali. Kedatangan Belanda di Bali yang membawa kesengsaraan untuk masyarakat Bali. Suatu keharusan kita yang berada di wilayah yang sudah merdeka ini mempunyai kewajiban untuk melestarikan dan memperingatinya tiap tanggal 20 Nopember, melalui peningkatan persatuan dan kesatuan masyarakat.

Sebagai acara tambahan dalam Upacara Peringatan ke-70 hari Puputan Margarana dilaksanakan penyerahan piala, piagam dan hadiah napak tilas, peluncuran buku “Jiwa Semangat dan Nilai-nilai 1945 dalam Revolusi Fisik di Bali, Mepeed oleh warga Desa Adat Klaci Marga, peletakan karangan bunga oleh Inspektur upacara dan tabor bunga, Kunjungan ke Musium Perjuangan Ngurah Raid an Kunjungan ke Stand Pesta Rakyat di areal Taman Pujaan Bangsa Margarana. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar