Kamis, 17 November 2016

Wujudkan Rasa Nasionalisme Sejak Dini, Pelajar SD Terima Pembekalan Wasbang


Pendam IX/Udayana
Kamis, 17 Nopember 2016

Dalam rangka mewujudkan rasa nasionalisme, jiwa korsa (kebersamaan), rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan serta patriotisme terutama dikalangan dunia pendidikan, Kamis (17/11) pagi, Koramil 1617-02/Mendoyo menggelar kegiatan pembekalan Wasbang kepada para pelajar tingkat Sekolah Dasar di wilayah Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana.

Wasbang dilakukan dengan metode Quisioner yakni memberikan penekanan-penekanan singkat dan pertanyaan-pertanyaan tentang Pancasila dan UUD 1945, warna bendera kebangsaan, lagu wajib nasional, nama pejabat negara, nama daerah serta nama pahlawan nasional, dan sebagianya. Danramil 1617-02/Mendoyo Lettu Inf M. Zainul Eksan seizin Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Hendra Ferdinandus mengatakan, kegiatan ini merupakan Wasbang lanjutan bagi Sekolah Dasar di Kecamatan Mendoyo yang belum sempat menerima Wasbang pada bulan Agustus lalu. "Melalui pemahaman Wawasan Kebangsaan ini, para pelajar sebagai tunas bangsa diharapkan sejak awal dapat menumbuhkan semangat kebangsaan atau nasionalisme berdasarkan Pancasila sebagai ideologi dan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, serta dapat melahirkan motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dalam berbagai sektor sejak dunia anak, sekaligus manivestasi kesadaran bela negara di kalangan pelajar," jelas Danramil 1617-02/Mendoyo, Lettu Inf M. Zainul Eksan.

Salah satu diantaranya, Ni Gusti Ayu Sudiani, S.Pd (50) Kepala SDN 3 Delod Bale Agung, Desa Mendoyo Dauh Tukad mengaku senang sekali bisa diselenggaraknnya kegiatan ini, karena dengan pembekalan Wasbang maka para pelajar sejak dini akan dapat membentengi diri dari pengaruh negatif kemajuan teknologi informasi, karena di era sekarang kemajuan teknologi ini bahkan telah diadopsi oleh kalangan anak-anak pelajar setingkat Sekolah Dasar. "Nantinya, anak-anak remaja jangan sampai terjerumus pada berbagai kenakalan akibat seringnya membaca dan melihat situs-situs yang gampang ditiru, seperti pergaulan bebas, ugal-ugalan, narkoba dan melakukan tindakan kriminal lainnya yang disebabkan ketidakpemahaman akan Wawasan Kebangsaan yang berakibat membahayakan bangsa sendiri," terangnya.

Adapun materi Wasbang lanjutan ini disampaikan oleh masing-masing Babinsa dan diikuti oleh para pelajar dan guru beserta para TU di tingkat Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kecamatan Mendoyo, Kabupaten, diantaranya di SDN 1 Delod Brawah diberikan oleh Serda I Made Suartama kepada siswa/siswi kelas VI dengan jumlah 30 orang, di SDN 4 Sekar Kejula Kelod Desa Yehembang Kauh diberikan oleh Serda I Wayan Darma Adnyana kepada siswa/siswi kelas VI dengan jumlah 25 orang, di SDN 3 Delod Bale Agung Desa Mendoyo Dauh Tukad diberikan oleh Pelda Riyanto dan Serda I Nyoman Reden kepada siswa/siswi kelas V dengan jumlah 28 orang, di SDN 1 Tegal Cangkring diberikan oleh Sertu I Ketut Duana didampingi Pelda Saefudin Zuhri kepada siswa/siswi kelas V dengan jumlah 22 orang, di SDN 1 Yehembang Kangin diberikan oleh Sertu I Gusti Ketut Dena kepada siswa/siswi kelas V dengan jumlah 30 orang dan SDN 3 Yehembang diberikan oleh Pelda I Nengah Sugiarta kepada siswa/siswi kelas V dengan jumlah 25 orang. (Kodim 1617/Jembrana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar