Jumat, 23 Desember 2016

Danrem 161 Wira Sakti : TNI Sepenuhnya Back Up Polri Amankan Natal Dan Tahun Baru




Pendam IX/Udayana
Jumat,  23 Desember 2016

Danrem 161/Wira Sakti mengatakan bahwa TNI akan  memback-up sepenuhnya Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. Termasuk di wilayah Nusa Tenggara Timur, demikian disampaikan saat wawancara dengan awak media di ruang kerja Danrem, Kamis (23/12).

"Sejauh ini tugas pokok ada pada Polri dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru melalui Operasi Lilin, sementara TNI akan memback-up sepenuhnya dan ini merupakan juga perintah Panglima TNI untuk memback-up Polri, termasuk di wilayah-wilayah yang bersinergi dengan kepolisian daerah atau Polda", sebut Danrem.

Lebih lanjut dikatakan Danrem bahwa back-up nya dimana dari awal TNI sudah mengikuti perencanaan proses pengamanan tersebut. Berapa kekuatan yang digelar Polri, berapa dari TNI serta unsur-unsur lainnya. Yang disiapkan adalah bagaimana kita merencanakan situasi yang berkembang saat ini dimana adanya sedikit kekhawatiran masyarakat terhadap situasi dengan adanya penangkapan kelompok teroris di beberapa tempat di Pulau Jawa dan Sumatera. Ini menjadi konsenterasi, pengawasan dan kewaspadaan kita, tetapi kita tidak usah terlalu tegang dan khawatir, yang penting kita harus optimis untuk bersama-sama menjaga keamanan wilayah ini mudah-mudah semua permasalahan wilayah ini kita dapat  atasi.

Untuk mengantisipasinya Polri dan TNI sudah menyiapkan road map atau pemetaan terhadap wilayah-wilayah yang rawan kemudian menjadi titik pertimbangan dalam pengamanan perkuatan yang tentu pada saat pelaksanaan Natal kita akan memperkuat di tempat-tempat ibadah. Polda dan Polres sudah merencanakan, TNI siap membantu termasuk didalamnya melibatkan unsur lain seperti lintas agama, Barisan Anshor dan Pemuda Gereja. Ini yang membuat kita bangga bahwa dengan kebersamaan seperti ini menjadi respon dan tanggung jawab kita bersama. Kesiapan seperti ini akan menjadi indikator kesiapan pelaksanaan Hari Raya Natal Tahun 2016 ini.

Sebagai Komandan Korem 161/Wira Sakti yang mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan wilayah Nusa Tenggara Timur berharap pelaksanaan Natal 2016 dan menyambut Tahun Baru 2017 dapat berjalan aman dan lancar. Korem 161/Wira Sakti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar