Senin, 29 Februari 2016

Kasdam IX/Udayana Bersama Gubernur NTB Panen Raya Padi


Pendam IX/Udayana
29 Pebruari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI I Made Sumantra, S.H. dan Gubernur NTB TGH M. Zainul Majdi, MA.,  Senin (29/2) melaksanakan kegiatan panen raya padi bersama kelompok tani Presak, yang ada di Dusun Presak Sidekarya Desa Batu Kumbung Kec. Lingsar Kabupaten Lombok barat.

Dengan menggunakan mesin traktor pemotong padi Kasdam IX/Udayana  bersama Gubernur NTB, Danrem 162/WB dan FKPD lainnya mulai memanen padi di lahan seluas 10 Hektar milik kelompok tani tersebut.  Dalam kesempatan tersebut Kasdam IX/Udayana menyampaikan bahwa kegiatan panen raya padi yang dilaksanakan ini, diharapkan mampu menjadi motivasi bagi para petani lainnya yang ada di wilayah Lombok Barat agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan pertaniannya. Kita sadari bersama bahwa  padi merupakan salah satu bahan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia, untuk itu saya berharap kegiatan pertanian di wilayah NTB khususnya di Kab. Lombok barat dapat terus ditingkatkan dari generasi ke generasi, mengingat semakin hari pertumbuhan penduduk semakin meningkat sedangkan lahan pertanian semakin berkurang dan kebutuhan akan bahan makanan tentu juga akan semakin bertambah.

Selain itu berbagai kendala juga dihadapi oleh para petani, namun dengan adanya kerjasama antar TNI AD (Korem 162/WB), para petani, Instansi terkait dan pemerintah daerah diharapkan dapat memberikan solusi serta adanya penemuan-penemuan baru dibidang pertanian yang nantinya dapat meningkatkan hasil pertanian, dengan demikian kebutuhan masyarakat dalam hal pemenuhan bahan pokok seperti pajale dapat terpenuhi. TNI AD akan terus berupaya membantu para petani untuk dapat meningkatkan hasil pertanian melalui para Danramil dan Babinsanya, hal tersebut dilakukan karena kita sadari bahwa ancaman ekonomi mulai terasa di bangsa Indonesia, oleh sebab itu kerjasama yang baik dan kemauan untuk bekerja keras dalam pengolahan lahan pertanian serta do’a maka diharapkan dapat menigkatkan hasil pertanian, yang nantinya mampu memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat NTB, dengan demikian kita tidak lagi bergantung pada beras import, jangan biarkan ada lahan pertanian yang terbengkalai. Hadir dalam acara tersebut Dirjen Serealia dari Kementerian Pertanian, Kadis Pertanian Kab. Lobar, Dandim 1606/Lobar dan Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB.

Kodim 1624/Flotim: Acara Tradisi di Gunung Ile Mandiri.



Pendam IX/Udayana
29 Pebruari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Mengakhiri Latihan Minggu Militer Bulan Pebruari 2016,  seluruh Prajurit Kodim 1624/Flotim mengikuti Acara Tradisi Satuan Sabtu (27/02) di Makam Leluhur Raja Larantuka di Gunung Ile Mandiri, Larantuka, Kab. Flores Timur.

Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi,SE usai Acara Tradisi Satuan di Makam Leluhur Raja Larantuka di Gunung Ile Mandiri mengatakan bahwa kegiatan diawali dengan jalan kaki, start di Ma Kodim 1624/Flotim dan finish di Makam Leluhur Raja Larantuka, ini merupakan salah satu prosedur tetap Kodim 1624/Flotim dalam rangka pembinaan tradisi kejuangan satuan bagi personel baru yang akan bertugas di jajaran Kodim 1624/Flotim.

Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, Prajurit baru yang bertugas di Jajaran Kodim 1624/Flotim akan lebih mencintai satuannya dan melaksanakan tugas dengan berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 (delapan) Wajib TNI, tanpa meninggalkan kearifan lokal di wilayah Kodim 1624/Flotim yaitu Kabupaten Flotim dan Lembata." Dimana bumi dipijak, di situ langit di Junjung".

Terdapat 7 (tujuh) prajurit baru Kodim 1624/Flotim yang wajib mengikuti Acara Tradisi Satuan ini, sedangkan prajurit Kodim 1624/Flotim lainnya yang turut serta dalam kegiatan ini adalah sebagai pendukung. Kegiatan ini juga sekaligus menutup rangkaian kegiatan latihan minggu militer bulan Pebruari Kodim 1624/Flotim Tahun 2016. Lima Butir Ikrar Prajurit Kodim 1624/Flotim di ucapkan oleh seluruh Prajurit Kodim 1624/Flotim dalam sebuah Upacara Tradisi Satuan yaitu; pertama Senantiasa Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam menjalankan Tugas Pengabdian kepada Bangsa dan Negara. Kedua Senantiasa menjaga kehormatan satuan,diri dan keluarga serta menjadi contoh dan tauladan di dalam sikap dan pergaulan,  Ketiga Senantiasa menjadikan Sapta Marga,Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI dalam tindakan sehari hari guna memelihara dan meningkatkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Keempat Senantiasa Mewujudkan Satuan yang berkarakter, berkualitas, militan,tangguh dan profesional serta selalu dicintai rakyat.Kelima Senantiasa menjalin hubungan yang harmonis antara sesama rekan, bawahan dan atasan.

Bertindak sebagai Pimbina Acara adalah Dandim 1624/Flotim, sedangkan pemimpin acara Danramil 1624-03/Lewoleba Mayor Inf Ignasius Hali Sogen. Sebelum Acara Tradisi ini, terlebih dahulu dilaksanakan Ziarah Makam Leluhur Raja Larantuka. Acara Ziarah Makam Leluhur Raja Larantuka dan Acara Tradisi Satuan Kodim 1624/Flotim berlangsung aman, khidmat, tertib dan lancar. Guyuran hujan deras lebih  menambah dalamnya makna Acara Tradisi Satuan. (kodim1624/flotim).

Kodim 1607/Sumbawa Tangkap Pelaku Ilegal Loging


Pendam IX/Udayana
29 Pebruari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

anggota Unit Intel Kodim 1607/Sumbawa kembali menangkap pelaku illegal loging Minggu (28/2) di jalan Lintas Serading - Moyo Hilir Desa Serading Kec Moyo Hilir Kab Sumbawa.

Kegiatan illegal loging khususnya di Kab. Sumbawa saat ini mulai meresahkan, dua hari berturut-turut anggota Unit Intel Kodim 1607/Sumbawa telah melakukan penangkapan terhadap pelaku illegal loging di jalan Lintas Serading-Moyo Hilir. Setelah melakukan penangkapan pada hari sabtu 27 Februari 2016, pada hari minggu 28 Februari 2016 anggota Unit Intel Kodim 1607/Sumbawa kembali menangkap pelaku illegal loging di jalan lintas Seranding-Moyo Hilir. Bersama dengan duabelas anggotanya Dan Unit Intel Kodim 1607/Sumbawa Lettu Inf Zainul Fahri menangkap I unit truk warna kuning dengan Nopol EA 8654 F yang dikendari oleh saudara Iwin warga Desa Langam Kec Langam Kab. Sumbawa. Truk yang mengangkut kayu olahan jenis jati tersebut diberhentikan oleh Dan Unit Intel Kodim 1607/Sumbawa beserta anggotanya saat melintas di Jalan Seranding Desa Seranding Kec. Moyo Hilir Kab. Sumbawa. Saat diberhentikan dan di memeriksa kelengkapan surat-surat kayu oleh anggota Unit Intel ternyata surat kayu yg ditunjukkan tersebut berasal dari Lantung yg akan di muat menuju Lopok sedangkan kayu yang diangkut sebanyak enam kubik tersebut berasal dari Hutan Tanjung Bele. Setelah diintrogasi supir truk beserta barang buktinya kemudian diserahkan ke kantor dinas Kehutanan Kab. Sumbawa untuk diproses lebih lanjut.


Sabtu, 27 Februari 2016

Kodim 1608/Bima Cetak Sawah Baru


Pendam IX/Udayana
27 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1608/Bima dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan di beberapa wilayah Koramil jajarannya dilaksanakan pencetakan lahan persawahan baru, Jumat (26/2) di Wilayah Kab. Bima.

Sepaerti di Koramil Wawo Kec. Langgudu dan Kec. Wera yang tergabung dalam 12 kelompok tani mengerjakan lahan baru untuk mencetak sawah seluas 589 Ha dan sampai saat ini telah selesai dikerjakan sebanyak 210 Ha.  

Untuk wilayah Koramil Monta yang tergabung dalam empat kelompok tani mengerjakan lahan baru untuk mencetak sawah  seluas 235 Ha sedangkan yang sudah dikerjakan 165 Ha.   Diwilayah Koramil Donggo yang  juga tergabung dengan empat kelompok tani mengerjakan lahan baru untuk mencetak sawah seluas 106 Ha,  dan selesai dikerjakan 46 Ha.   Dengan adanya pembukaan lahan baru tersebut diharapkan masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya masyarakat  Kab. Bima dapat hidup lebih sejahtrera dimasa yang akan datang dengan adanya lahan baru untuk bercocok tanam.

Kodim 1607/Sumbawa Kembali Menangkap Pelaku Ilegal Loging


Pendam IX/Udayana
27 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dan Unit Intel Kodim 1607/ Sumbawa Lettu Inf Zainul Fahri beserta 12 anggota Unit Intel melakukan penangkapan 1 unit truk warna Hijau Nopol DK 9379 MC sopir An Hen alamat Desa Muer, Kec. Maronge yang mengangkut kayu balok jenis Jati ilegal sebanyak 5 kubik, Sabtu (27/2) di Jalan Lintas Serading - Moyo Hilir, Desa Serading, Kec. Moyo Hilir, Kab. Sumbawa. 

Penangkapan ini berhasil dilakukan berawal dari Dan Unit  beserta anggota unit Intel melakukan pengendapan di dua lokasi yaitu Jln. Moyo Utara - Sebewe dan Jln. Srrading - Moyo Hilir.  Pukul 04.45 Wita pada saat truk  yang membawa kayu balok jenis jati melintas di Jln Serading - Moyo Hilir Desa Serading, Kec. Moyo Hilir langsung  dilakukan penghadangan terhadap truk tersebut, sopir  melarikan diri dan  Pukul 05.05 Wita karena supir truk melarikan diri dan barang bukti langsung di bawa ke Kantor Unit Intel dengan pengawalan secara ketat oleh Dan Unit Intel beserta anggota Unit Intel dan langsung melalukan pemeriksaan.

Adapun barang bukti yang diamankan  yaitu 1 buah truk, 2. 5 kubik kayu jati,  1 buah parang,  Hp merk Nokia,  3 org buruh.  Setelah diintrogasi oleh anggota Unit Intel Kodim 1607/ Sumbawa, pelaku beserta barang bukti kemudian diserahkan ke kantor Dinas Kehutanan Kab. Sumbawa untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dengan adanya penangkapan pelaku illegal loging ini oleh petugas Unit Intel Kodim 1607/ Sumbawa, diharapkan kedepan masyarakat akan menyadari bahwa kegiatan illegal loging  merupakan perbuatan yang tidak dibenarkan, karena selain dapat merusak kelestarian lingkungan penebangan hutan secara liar juga dapat menyebabkan bencana alam seperti tanah longsor dan lain sebaginya.   

Danrem 162/WB Jelaskan Bahaya Proxy War Kepada Siswa/Siswi SLTA Sepulau Lombok


Pendam IX/Udayana
27 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB memberikan ceramah wawasan kebangsaan kepada seluruh siswa setingkat SLTA sederajat sepulau Lombok kepada 750 siswa, Sabtu (27/2)  bertempat di Balai Pengelola Prasarana dan Sarana Pemuda dan Olah Raga jalan Pendidikan no 49 Mataram.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., memberikan  materi mengenai Proxy War kepada seluruh peserta yang hadir.  Materi Proxy War atau perang Proxy  ini sangat penting untuk disampaikan kepada generasi muda, mengingat perang ini tidak dilakukan dengan cara kontak fisik secara langsung seperti perang pada umumnya namun merupakan sebuah konfrontasi antar dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi secara langsung dengan alasan mengurangi risiko konflik langsung yang berisiko pada kehancuran fatal. Dalam perang Proxy tidak dapat diketahui jelas siapa kawan dan siapa lawan karena musuh mengendalikan dari jauh dan saat ini Proxy war telah berlangsung di negara kita dengan menyerang Inpoleksosbudhankam, salah satu contoh nyata yaitu peredaran Narkoba yang semakin marak dimasyarakat saat ini.

Peredaran Narkoba yang tidak pandang bulu tentu sangat meresahkan bagi kita semua, karena dampak yang ditimbulkan tidak hanya akan merusak kualitas generasi muda kita, namun juga dapat mengakibatkan kematian. Untuk itu apabila hal ini terus dibiarkan maka dimasa yang akan datang tidak ada lagi generasi muda yang akan membangun dan mamajukan bangsa ini, apabila negara dengan kekayan alam yang berlimpah ini tidak terurus, maka negara lain akan dengan mudah menguasai negara kita.

Untuk itu ceramah-ceramah mengenai proxy war ini sangat penting untuk disampaikan kepada seluruh masyarakat, terutama generasi muda yang melanjutkan perjuangan bangsa ini agar anak-anak kita dapat menyadari dan memahami bahaya dari Proxy War, dengan demikian dapat bersama-sama menghadapi dan menangkal perang Proxy ini sehingga tidak sampai menghancurkan negara kita.

Danrem 162/WB berharap siswa dan siswi dapat benar-benar mengerti dan memahami bahaya dari perang Proxy, sehingga nantinya dapat memberikan pemahaman kepada teman-teman lainnya agar tidak mudah terjerumus dengan hal-hal yang dapat merusak generasi penerus bangsa.

Jumat, 26 Februari 2016

Dandim 1615/ Lotim Berikan Komsos Kepada Prajurit


Pendam IX/Udayana
26 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dandim 1615/ Lotim Letkol Inf Musthofa, S.IP., memberikan materi kegiatan Komsos kepada seluruh prajurit jajaran Kodim 1615/Lotim, Jumat (26/2) bertempat di Gedung Wanita Kec. Selong, Kab. Lotim.

Adapun temanya adalah " Kita tingkatkan profesionalisme prajurit , dalam rangka mendukung pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat dan terciptanya kemanunggalan TNI - Rakyat di wilayah Kodim 1615/Lotim".

Hadir dalam giat tersebut Kasdim 1615/Lotim Mayor Czi Edy Gustaman,  Perwira Staf, Danramil dan personil jajaran Kodim 1615/Lotim kurang lebih 200 org.

Dalam acara tersebut Dandim 1615/Lotim menyampaikan bahwa Kodim mempunyai 3 tugas pokok di bidang Komsos (pembinaan satuan, kesiapan wilayah/ketahanan wilayah dan pembinaan territorial) dan Komsos merupakan cara bergaul yang sangat baik dengan para Toga, Tomas dan Toda.

Selanjutnya penyampaian materi dilanjutkan oleh Kasdim 1615/Lotim yang intinya : mewujudkan sinergitas dan sinkronisasi program Binter dan program Pemda dan  meningkatkan kemampuan aparat kewilayahan melalui peningkatan kemampuan teritorial dan pembinaan personil Ter TNI.

Danramil 09-1615/Lotim Kapten Inf Kadim Alfian memberikan materi tentang, sikap Ter merupakan wujud nyata pengamalan Sapta Marga, 8 wajib TNI dalam hubungan dengan masyarakat untuk mewujudkan jiwa juang yang tangguh serta kemanunggalan TNI dan Rakyat, yang bertujuan mewujudkan sikap dan pengabdian sesuai norma keperajuritan dan norma masyarakat guna mendukung keberhasilan pembinaan teritorial.

Cetak Sawah Baru di Wilayah Kodim1615/Lotim


Pendam IX/Udayana
26 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf A. Yudi beserta rombongan disambut Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Musthofa, S.Ip., dalam rangka meninjau lokasi yg akan di gunakan utk cetak sawah baru, Kamis (25/2) di Makodim 1615/Lotim.

Rombongan Aster Kasdam IX/Udy berangkat dari Makodim 1615/Lotim menuju lokasi  areal yang akan dijadikan sawah baru sekitar 41 Ha yang terletak di Desa Bagiku Payung Timur, Kec. Suralaga, di dampingi oleh Danramil 01-1615/ Selong Kapten Inf Masrun, Kades Bagik Payung Timur Sdr. Nasrun, PPL Bagik Payung Timur Sdr. Dedi, Kadis Pertanian dan Peternakan Ir. Zaini, pengawas cetak sawah Sdr. Abd Haer.

Peringati HUT Ke 55, Korem 161/Wira Sakti Tanam Anakan Pohon


Pendam IX/Udayana
26 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Korem 161/Wira Sakti baru saja memperingati hari jadinya yang ke 55 tanggal 24 Pebeuari 2016 kemarin. Namun rangkaian kegiatan untuk memperingati HUT tersebut masih berlanjut dengan diselenggarakannya penanaman anakan pohon yang berjumlah 2.000 batang pohon, Kamis (25/2) di lokasi daerah latihan TNI AD Kelurahan Sulamu, Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Kegiatan ini dihadiri oleh unsur militer dan sipil antara lain anggota Makorem 161/Wira Sakti, Kodim 1604/Kupang, Brigif 21/Komodo, Kepolisian Sektor Sulamu, Pelajar SD, SMP, SMU dan SMK di wilayah Kecamatan Sulamu serta masyarakat Kelurahan Sulamu yang berada di sekitar daerah latihan tersebut.

Kedatangan Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., yang didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161, Kasiter Korem, Kolonel Kav Edward Sitorus dengan menggunakan Heli jenis Bell 412, mengundang perhatian masyarakat yang dapat menyaksikan dari dekat Alut Sista yang dimiliki oleh TNI AD.

Danrem dan rombongan disambut dengan tradisi pengalungan kain tais sebagai bentuk penghormatan yang dilakukan oleh masyarakat setempat terhadap pejabat atau tamu yang datang ke wilayah mereka.

Dalam sambutan sekapur sirih yang disampaikan oleh tokoh masyarakat yang juga kepala dusun, Yuspiter menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kegiatan yang dilakukan oleh Korem 161/Wira Sakti bersama masyarakat. Dia berharap kegiatan kali ini bisa benar-benar bermanfaat buat pelestarian lingkungan di wilayah Sulamu. Bahkan meminta agar daerah latihan Sulamu untuk dipagari agar tanaman yang sudah ditanam dapat terjaga kelangsungan hidupnya.

Sementara Bupati Kupang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Titus mengatakan program penanaman anakan pohon yang dilakukan Korem 161/Wira Sakti bersama masyarakat selaras dengan program paksa tanam dan tanam paksa yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kupang. Kita melaksanakan penanaman tanaman lestari yang berjangka panjang serta tanaman jangka pendek yang bernilai ekonomis yang bermanfaat bagi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sementara Danrem 161/Wira Sakti dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk menanam pohon dibutuhkan ketersediaan air. Kita ketahui untuk wilayah Sulamu di saat musim kemarau air menjadi sangat terbatas, oleh karena itu di saat musim hujan masih ada seperti sekarang ini, mari kita menanam pohon dengan harapan bila sudah tumbuh besar pohon tersebut akan menyerap air dan menyimpan cadangan air di akarnya.

Selanjutnya Danrem juga mengatakan bahwa dalam rangka Hut Ke 55 Korem 161/Wira Sakti dilaksanakan penanaman pohon secara serentak di seluruh Jajaran Korem 161/Wira Sakti sementara secara simbolisnya dilaksanakan di Daerah Latihan TNI AD Sulamu ini. Perlu diketahui bahwa program ini dilaksanakan untuk pelestarian lingkungan dengan harapan akan dapat berkesinambungan bukan retorika semata, yakinkan anakan pohon yang kita tanam terpelihara dengan baik dan tumbuh subur, tegas Danrem.

Kodim 1624/Flotim : Pertajam Kemampuan Prajurit.


Pendam IX/Udayana
26 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Selama satu minggu penuh, Senin sampai dengan Jumat (22-26/02), Kodim 1624/Flotim menyelenggarakan Latihan Minggu Militer Bulan Pebruari 2016 di Makodim setempat.

Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi, S.E., mengatakan bahwa latihan minggu militer ini merupakan salah satu program kerja Kodim 1624/Flotim bidang latihan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan profesionalisme seluruh prajurit di jajaran Kodim 1624/Flotim, sedangkan sasarannya adalah pertama menguasai dan mahir pengetahuan serta keterampilan dasar keprajuritan (PBB/PPM), kedua memahami tentang pengetahuan senjata ringan, ketiga memahami dan mampu melaksanakan pertolongan pertama lapangan (Longmalap) dan yang terakhir kemampuan kesemaptaan jasmani minimal nilai 61 dan dapat melaksanakan Pembinaan Jasmani Militer ( BDM, Senam Militer dan Han Mars).

Adapun Materi latihannya meliputi Peraturan Militer Dasar yaitu PBB yang terdiri dari gerakan di tempat dan gerakan berjalan dan PPM yaitu tata cara menghadap di ruangan dan di lapangan; Materi Pembinaan Jasmani Militer yaitu Han Mars, Senam Militer dan Beladiri Militer; Materi Pengetahuan Senjata Laras Pendek dan terakhir Materi Pertolongan Pertama Lapangan berupa memberikan nafas

Diharapkan dengan latihan ini akan mempertajam kemampuan prajurit jajaran Kodim 1624/Flotim dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan, jelas Dandim 1624/Flotim.

Pasiops Kodim 1624/Flotim  Kapten Inf I Wayan Sumerta menjelaskan bahwa latihan ini merupakan Latihan Teknis yang diikuti oleh seluruh Prajurit Jajaran Koramil di lingkup Kodim 1624/Flotim, dengan menggunakan metoda ceramah, demonstrasi dan aplikasi.

Kamis, 25 Februari 2016

Babinsa Ikuti Rapat Pertemuan Penjajagan Kebutuhan Pelatihan


Pendam IX/Udayana
25 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Babinsa Dauhwaru Koramil 01 Kodim 1617/Jembrana Serma I Made Wiadnyana mengikuti rapat Penjajagan Kebutuhan Pelatihan ( Pertemuan sharing dan input info ) terkait pelaks Diklatbang program KB di Dinas BKKBN Propinsi, Kamis (25/2) di Ruang Rapat Kepala Kantor PP dan KB Kab. Jembrana.

Rapat tersebut dipimpin oleh Bpk Dewa Suka dari BKKBN Propinsi Bali. Dimana dari hasil pertemuan tersebut pada intinya semua peserta rapat sangat mengharapkan program Diklatbang tersebut tetap dilaksanakan agar mengetahui tentang pentingnya KB untuk menuju keluarga yang sejahtera dan terbentuknya petugas-petugas lapangan yang handal dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyuluh dilapangan, sehingga tujuan program KB dapat berjalan secara maksimal dan dapat menekan laju pertumbuhan penduduk khususnya di Kab. Jembrana.

Hadir dalam rapat tersebut Kasi Prog.Kerja Sama Diklatbang BKKBN Propinsi Bali (Bpk I Wayan Arta), Pejabat eselon IV Kantor PP dan KB Kab.Jembrana, Babinsa Dauhwaru Serma I Made Wiadnyana anggota Koramil 01 Kodim 1617/Jembrana, Anggota Diskes Jembrana, anggota Dinas BPMD Kab.Jembrana, TP PKK Kab.Jembrana dan PC.IBI Jembrana (masing-masing perwakilan 1 org) serta Koordinator dan PKB Kec. Negara (2 orang ).

Rabu, 24 Februari 2016

Korem 162/WB Gelar Acara Syukuran HUT Ke-55


Pendam IX/Udayana
24 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Korem 162/WB menggelar acara syukuran dalam rangka hari jadinya yang ke-55, Rabu (24/3) di Aula Sudirman Makorem 162/WB.

Kegiatan syukuran yang dilaksanakan dengan sederhana tersebut dibuka dengan tari-tarian persembahan Ibu-ibu Persit dari Kodim 1620/Loteng, Yonif 742/SWY, Kodim 1606/Lobar dan Kodim 1615/Lotim . Setelah dibuka dengan Tari Gandrung, acara kemudian dilanjutkan dengan  sambutan Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan kepada seluruh anggota agar menjadikan moment ulang tahun ini sebagai sarana evaluasi dan introspeksi diri, sehingga kedepan Korem 162/WB dapat terus mengukir prestasi dan memberikan karya terbaik bagi kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat NTB serta untuk kemajuan bangsa dan negara tercinta. Setelah sambuatn dari Danrem 162/Wb acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan diberikan kepada prajurit berprestasi yaitu Prada I Kadek Agus  S. anggota Yonif 742/SWY.

Acara syukuran tersebut dihadiri oleh Danrem 162/WB Dandim se Pulau Lombok, Dandyonif 742/SWY, Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB, para Kasi Korem 162/WB, perwakilan Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 162 beserta pengurus.

Apel Gelar Pasukan Pam RI- 2 Di Wilayah Korem 162/Wira Bhakti


Pendam IX/Udayana
24 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan VVIP Kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta rombongan dalam rangka menghadiri acara Pembukaan Rakernas I Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) Tahun 2016 diwilayah NTB, Rabu (24/2) di Lapangan Yonif 742/SWY Mataram.

Bertindak selaku pimpinan Apel Gelar Pasukan Pam VVIP adalah Kapolda NTB, sebagai Wadan Komando Operasi Pengamanan VVIP Wilayah Bali Nusra, bersama FKPD Prov. NTB, memeriksa secara langsung kesiapan sarana prasarana yang akan digunakan oleh personel yang akan mengamankan kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda NTB membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana yang menekankan kepada seluruh peserta apel agar memahami dan kuasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP, Pegang teguh disiplin dengan memahami rantai Komando yang efektif dan efisien, Tingkatkan kepekaan dan jangan lengah terhadap situasi yang berkembang, Jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal, cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan.

Hadir pada acara apel gelar pasukan Pengamanan VVIP, Kabinda, Asintel, Asops Kasdam IX/Udayana, Danpomdam IX/Udayana, Danlanal Mataram, Danlanud Rembiga, FKPD Prov. NTB.

Rapat Koordinasi Rencana Giat TMMD Ke 96 Di Kantor Desa Kerta, Gianyar


Pendam IX/Udayana
24 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1616/Gianyar menggelar acara rapat koordinasi kesiapan pelaksanaan TMMD ke 96, Selasa (23/3) di Kantor Desa Kerta, Kec. Payangan, Kab.Gianyar.

Acara yang dipimpin Dandim 1616/Gianyar tersebut‎, dihadiri oleh Kasdim 1616/Gianyar, ‎Camat Payangan A A Surya, Kepala Desa Kerta Drs I Made Gunawan, Kepala PBMD  Kab.Gianyar Drs I Made Suweta, Kepala Bagian Pertanahan diwakili oleh Sdr. I Gusti Suastika, Pasi Terdim 1616/Gianyar, Danramil 1616-07/Payangan , Kepala Bagian Keuangan Ni Nyoman Supri, Kepala PU diwakili Kabid I Wayan Karya, anggota LPM Desa Kerta sebanyak 15 orang beserta ketuanya I Made Artha, Para Kelian dinas se Desa Kerta dan Bendesa adat se Desa Kerta.

Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto Capah, S.Sos., dalam kesempatan tersebut  menyampaikan secara garis besar untuk program ini intinya TNI siap membantu dan membangun jalan dengan memberikan dukungan penuh serta berusaha meringankan beban masyarakat dalam pembuatan jalan pĂ©nghubung antar Banjar Penyabangan dan Pilan, selain itu disamping program jalan ada juga program bersifat non pisik seperti program KB, Wawasan Kebangsaaan dan anjangsana.

Sambutan dari Ketua PBMD Drs. I Made  Sueta pada intinya menjelaskan, bahwa plaksanaan TMMD intinya Pra dilaksanakan Bulan Maret, sedangkan untuk pelaksanaan Bulan Mei. Jalan yang dibangun direncanakan selebar 7 meter dan panjang jalan sekitar 18 Km.

Dari pihak Desa Kerta yaitu Sdr.Made Derana menyampaikan terima kasih kepada pihak Kodim 1616/Gianyar dengan adanya program TMMD ini karena mau memberikan atau melibatkan diri untuk membangun desa kami, sebagai warga desa sudah siap membantu dan siap bekerja  untuk kelancaran pembangunan Desa Kerta.

Selasa, 23 Februari 2016

Korem 163/WSA Memperingati HUT Ke 55 Gelar Bakti Sosial Kesehatan


Pendam IX/Udayana
23 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dalam memperingati hari jadinya ke-55 kali ini Korem 163/Wira Satya   selain melakukan anjang sana  ke beberapa panti asuhan dan juga donor darah, hari ini Danrem 163/WSA Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa membuka Bhakti Sosial kesehatan berupa operasi katarak, periksa mata, pembagian kaca mata dan skrining mata terhadap anak-anak sekolah dasar yang kesemuanya diberikan secara gratis kepada masyarakat, Selasa (23/2)  bertempat di Kantor Kecamatan Abian Semal Badung. 
   
Memperingati pengabdiannya yang telah lebih dari setengah abad ini Korem 163/Wira Satya telah melakukan berbagai kegiatan bakti sosial berupa anjang sana ke panti asuhan, donor darah dan kali ini melakukan operasi katarak, periksa mata dan pembagian kaca mata serta skrining mata terhadap anak-anak SD di Abian Semal selain kegiatan-kegiatan yang lain. Kegiatan bakti sosial kesehatan ini dibuka oleh Danrem 163/Wira Satya Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa dengan tujuan untuk membantu pemda dan masyarakat  agar Bali bisa terbebas dari kebutaan yang mana saat ini jumlah penderitanya masih sangat tinggi seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk lansia.

Dalam sambutannya Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa mengatakan kegiatan bakti sosial kesehatan ini selain membantu program pemda Bali dalam memberantas kebutaan karena katarak sekaligus sebagai bentuk rasa terima kasih dari seluruh keluarga besar Korem 163/Wira Satya kepada masyarakat Bali yang telah mampu menjaga kebersamaan dan mempertahankan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, sehinga dengan demikian kedekatan tetap terjaga dan keberadaan Korem ini menjadi dambaan masyarakat, dekat dihati masyarakat dan selalu dicintai rakyat karena sesungguhnya masyarakat dan TNI diibaratkan ikan dengan air yang berada dalam satu kolam tidak bisa dipisahkan.  Kedepan kita berharap dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih baik dengan menyentuh kebutuhan masyarakat sehingga apa yang menjadi kesulitan dan kebutuhan masyarakat dapat teratasi.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Korem 163/Wira Satya dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia, jumlah pasien yang hadir sebanyak 417 orang terdiri dari pasien operasi katarak 11 orang (1 orang tidak siap dioperasi), pasien yang hanya perlu mendapat obat 19 orang , pasien yang periksa mata dan penerima kaca mata 387 orang, dan skrining mata terhadap anak-anak SD 2 Blakiuh baru akan dilaksanakan besok pagi di Kantor Camat Abian Semal.


Koramil 1608-04/Woha Bersama Petugas PHP dan PPL Serta Masyarakat Laksanakan Penyemprotan Massal


Pendam IX/Udayana
23 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pada hari selasa 22 Februari 2016 Babinsa Koramil 1608-04/Woha Serda Suhardi bersama dengan petugas PHP dan petugas PPL serta masyarakat Dusun So Raba Ni’u melaksanakan kegiatan penyemprotan tanaman padi secara massal, Selasa (22/2) di Desa Risa, Kec. Woha, Kab. Bima.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mengingat saat ini tanaman padi miliki warga yang berada di Dusun So Raba Ni’u, Desa Risa, Kec. Woha, ini terserang penyakit Blas dan Busuk leher. Dengan menggunakan obat semprot Blast 200 SC, sebanyak satu tutup botol untuk satu tangki digunakan untuk menyemprot lahan seluas kurang lebih lima hektar. Diharapkan penyakit yang ada pada tanaman padi dapat dihilangkan, agar tanaman padi dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan panen yang maksimal. 

Pada hari yang sama sebelum melaksanakan kegiatan penyemprotan massal, Babinsa Koramil 1608-04/Woha melaksanakan rapat kegiatan peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga kerja Mandirin bersama dengan Dinas Perikanan Kab Bima dan masyarakat Desa Talabiu, Kec. Woha, Kab. Bima.

Dengan adanya berbagai upaya yang dilaksanakan oleh TNI, Dinas Pertanian, Petugas PHP, petugas PPL dan masyarakat khususnya para petani ini diharapkan dapat meningkatkan hasil panen para petani yang ada diwilayah NTB, sehingga program peningkatan swasembada pangan dapat terpenuhi.

Danrem 162/WB, Waspadai Bahaya Proxy War


Pendam IX/Udayana
23 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., memberikan ceramah wawasan kebangsaan dan proxy war kepada mahasiswa Universitas NU, Selas (23/2) bertempat di Gedung Universitas Nahdatul Ulama (NU) yang berada di jalan Pendidikan No.6 Mataram.

Materi wawasan kebangsaan dan proxy war yang diberikan merupakan salah satu materi penting yang harus diketahui oleh masyarakat,  apalagi mahasiswa. Mengingat proxy war atau perang proxy ini sangat berbahaya walaupun tidak menimbulkan kehancuran seperti perang pada umumnya, untuk itu Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., dalam ceramahnya menekankan kepada para mahasiswa agar selalu waspada dan jangan mudah terpengaruh dengan berbagai godaan yang dapat merusak seperti penyalahgunaan Narkoba, kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain seperti ikut dalam kegiatan demonstrasi dan lain sebagainya, karena itulah salah satu cara yang digunakan dalam proxy war untuk menghancurkan ketahanan Inpoleksosbudhankam suatu negara. Mengingat dalam perang proxy kita tidak mengenal yang mana lawan dan yang mana kawan, karena negara yang ingin menghancurkan negara lain menggunakan pihak ketiga (orang yang ada di dalam negara tersebut) atau yang sering disebut dengan boneka.

Untuk itu melalui kegiatan ceramah ini diharapkan para mahasiswa dapat benar-benar mengerti dan memahami mengenai perang proxy atau proxy war tersebut, dengan demikian diharapkan para mahasiswa ini nantinya dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat lain dan mampu menjadi pelopor untuk memerangi dan menangkal pengaruh dari perang proxy yang sangat berbahaya, serta dapat menghancurkan keutuhan Negara yang kita cintai ini.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua PWNU NTB TGH Ahmad Taqiudin Mansyur,  Wakil Rektor I dan II,  dan  para Dosen Universitas NU.

Senin, 22 Februari 2016

Koramil 1608-03/Sape Terus Kawal Dan Dampingi Para Petani


Pendam IX/Udayana
22 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Koramil 1608-03/Sape melaksanakan kegiatan pengawalan dan pendampingan  ketahanan pangan penanaman padi serentak di lahan binaan khusus Koramil 1608-03/Sape seluas 7 hektar, Senin (22/2) di Desa Boke, Kec. Sape, Kab. Bima.

Kegiatan tanam padi dengan menggunakan system jajar legowo ini, diharapkan mampu membantu meningkatkan hasil panen khususnya pada verietas tanaman padi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menjadi contoh dan memotivasi petani yang ada didaerah lain untuk menggunakan sistem jajar legowo dalam penanaman padi, mengingat dengan penggunaan system ini hasil panen menjadi meningkat dua kali lipat, dengan demikian diharapkan program swasembada pangan khususnya untuk wilayah Bima dapat terwujud.

Danrem 162/WB Berikan Kuliah Umum Kepada Mahasiswa KKN Universitas 45


Pendam IX/Udayana
22 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si. memberikan kuliah Umum kepada mahasiswa KKN Universitas 45 Mataram, Sabtu (20/2) di Aula Gedung Universitas 45 Mataram.

Pada kesempatan tersebut Danrem 162/WB memberikan materi mengenai wawasan kebangsaan dan Proxy War, mengingat proxy war atau perang proxy ini sangat penting untuk diketahui oleh seluruh masyarakat apalagi mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa, untuk itu Danrem 162/WB menjelaskan mengenai bahaya proxy war.  Perang proxy tidak seperti perang pada umumnya karena proxy war tidak menggunakan senjata konvensional, tetapi menggunakan pihak ketiga untuk melemahkan ketahanan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan  nasional, sehingga akan mengahncurkan suatu negara. 

Oleh sebab itu mahasiswa sebagai generasi muda yang akan meneruskan perjuangan para pahlawan untuk memajukan bangsa ini harus selalu waspada, jangan sampai terhasut dan mudah diadu domba. Sebagai generasi muda inilah saatnya kita harus bangkit, buka mata, telinga dan hati kita untuk terus berjuang memajukan bangsa ini,  dan melawan serta menolak berbagai pengaruh dari proxy war yang dapat menghancurkan  bangsa dan negara yang kita cintai.

Hadir dalam acara tersebut Rektor dan Wakil Rektor I, II dan III, Dekan I dan III, Ketua Dewan Pengurus Universitas 45 yaitu Brigjen Purn Abdul Kadir, para Dosen dan seluruh Staf Rektorat Universitas 45 Mataram.

Rabu, 17 Februari 2016

Warga Desa Batur Menyerahkan Senjata Rakitan Kepada Dandim 1626/Bangli

Pendam IX/Udayana
17 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman budiarta

Dandim 1626/Bangli  Letnan Kolonel Inf Agus Wahyudi Irianto melaksanakan silahturami Selasa (16/2) di rumah Komang Adi Desa Batur selatan Kintamani, Bangli.

Kegiatan silahturami yang dilaksanakan oleh Dandim 1626/Bangli terkait adanya informasi bahwa Komang Adi memliki senjata rakitan yang cukup membahayakan. Hal tersebut diketahui berawal dari informasi yang didapat dari beberapa warga kepada Serda Hendri Prasetyo anggota Unit Inteldim 1626/Bangli. Selanjutnya Serda Hendri Prasetyo melaksanakan penyelidikan dan pendekatan kepada Pemilik senjata rakitan tersebut secara persuasive sehingga yang bersangkutan mengakui memiliki senjata rakitan dengan kaaliber munisi kelereng dengan daya dorong menggunakan gas yang berasal dari bahan spritus serta dapat menembus plat/kaleng/seng dengan jarak 5-10 Meter.

Setelah  didalami tentang kepemilikan senjata bahwa yang bersangkutan tidak ada indikasi kearah kriminal atau yang lainnya, yang bersangkutan membuat senjata tersebut hanya sekedar iseng serta mengembangkang keberadaan merecon spiritus yg selama ini banyak beredar di masyarakat dalam menyambut tahun baru, Nyepi, Galungan dan Kuningan. Akan tetapi sangat berbahaya bila di lihat dari daya ledak dan dorongnya yang cukup kuat. Selanjutnya diadakan negoisasi dengan memberikan wawasan tentang hukum kepemilikan senjata api ilegal serta kondisi negara kita saat ini tentang ancaman terror maka pemilik bersedia menyerahkan senjata rakitan ke Kodim1626/Bangli. Serda Hendri Prasetyo melaporkan tentang kepemilikan senjata rakitan tersebut kepada Danunit Inteldim 1626/Bangli dan langsung dilaporkan kepada Dandim 1626/Bangli bahwa senjata rakitan akan diserahkan pada tanggal 16 Pebruari 2016 oleh pemiliknya kepada Dandim 1626/ Bangli, didampingi Danunit Inteldim 1626/Bangli melaksanakan silahturami kepada Sdr. I Komang Adi di rumahnya untuk menyerahkan senjata rakitan buatannya kepada Dandim 1626/Bangli. 

Prajurit Kodam IX/Udayana Segarnesun Denpasar Mengikuti Upacara 17-an


Pendam IX/Udayana
17 pebruari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI I Made Sumantra sebagai Irup pada upacara 17- an yang di ikuti Prajurit Kodam IX/Udayana Segarnesun Denpasar Rabu (17/2) di Lapangan Praja Raksaka Kepaon.

Pada kesempatan tersebut Kasdam IX/Udayana membacakan Amanat tertulisnya Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang menyampaikan bahwa Upacara bendera seperti yang diselenggarakan hari ini selayaknya tidak dijadikan sebagai rutinitas seremonial belaka melainkan harus dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa nasionalisme kita melalui penghormatan pada symbol Negara yang diperjuangkan melalui pengorbanan jiwa dan harta benda para pahlawan kusuma bangsa.

Selanjutnya Kasad dalam amanat tertulisnya mengingatkan bahwa pada akhir tahun 2015, ASEAN telah mencanangkan agenda ekonomi yang cukup ambisius yaitu terwujudnya ASEAN Economic Community atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), salah satu kesepakatan yang terdapat dalam MEA adalah Mutual Recognition Agreement (MRA) yaitu kesepakatan saling mengakui yang didalamnya berisikan delapan profesi yang telah ditetapkan standard an kompetisinya oleh negara partisipan MEA. Walaupun militer tidak termasuk didalam MRA, namun kita perlu menyadari bahwa interaksi antar angkatan bersenjata Negara anggota ASEAN akan semangkin meningkat kualitas dan kuantitasnya melalui beberapa program kerjasama yang terjalin secara bilateral maupun multilateral. Kasad berharap agar kesadaran ini mampu menjadikan motivasi para prajurit dan PNS TNI AD untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara pribadi maupun dalam hubungan satuan melalui budaya belajar dan berlatih yang terarah, terukur dan berkesinambungan.

Diakhir amanatnya Kasad juga menegaskan bahwa TNI AD akan tetap konsisten untuk terus melanjutkan kebijakan reformasi birokrasi yang berbasis peningkatan kinerja. Salah satunya adalah dengan pemutahiran doktrin dan bujuk TNI AD, melalui pembenahan berbagai peranti lunak, system dan metode, serta penataan organisasi dan validasi organisasi. Dengan langkah tersebut , diharapkan organisasi akan lebih efektif dan efisien sesuai tuntutan jaman, serta mampu meningkatkan profesionalisme prajurit dan PNS TNI AD dalam pelaksanaan tugas. Serta tidak kalah pentingnya adalah peningkatan kesejahteraan prajurit, PNS dan keluarga antara lain pemenuhan kebutuhan pangkalan, perumahan, pelayanan kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

Hadir pada Upacara 17-an Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para kabalak Kodam IX/Udayana seluruh prajurit dan PNS segarnesun Denpasar,Upacara bejalan dengan tertib,lancar dan aman.

Selasa, 16 Februari 2016

Danrem 162/WB Berikan Ceramah Proxy War di Sumbawa


Pendam IX/Udayana
16 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB berikan ceramah wawasan kebangsaan kepada aparat pemerintahan Kab. Sumbawa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kab. Sumbawa, Senin (15/2) di Gedung Aula Kantor Bupati Kab. Sumbawa.

Danrem 162/WB menyampaikan materi mengenai proxy war kepada seluruh undangan yang hadir,  proxy war atau perang proxy ini sangat penting untuk diketahui oleh seluruh masyarakat, mengingat perang proxy tidak seperti perang pada umumnya dimana kedua belah pihak yang berperang saling berhadapan dan menyerang sehingga menimbulkan kehancuran, namun proxy war tidak demikian. Perang proxy tidak menghancurkan namun dampaknya sangat mematikan karena negara yang ingin menghancurkan negara lain menggunakan pihak ketiga yang ada di dalam negara tersebut seperti LSM, Mahasiswa dan organisasi lainnya dengan cara menghancurkan Inpoleksosbudhankam.

Dengan adanya kegiatan ceramah wawasan kebangsaan dan penjelasan mengenai proxy war ini, Danrem 162/WB berharap seluruh aparat pemerintah, Toga, Todat, Tomas dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Kab. Sumbawa dapat bersama-sama memberikan penjelasana kepada masyarakat mengenai bahaya dari proxy war dengan demikian seluruh elemen lapisan masyarakat dapat bersama-sama mewaspadai dan menangkal bahaya proxy war yang tidak hanya akan menghancurkan masyarakat itu sendiri namun juga akan meruntuhkan negara kesatuan yang kita cintai ini. Hadir dalam acara tersebut pejabat Bupati Kab. Sumbawa Drs. Supran MM, FKPD Kab. Sumbawa dan Camat se Kab. Sumbawa.        

Danrem 162/WB Bersilaturrahmi Dengan Masyarakat Alas


Pendam IX/Udayana
16 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB didampingi Ibu Ketua Persit KCK Koorcabrem 162, bersilaturrahmi dan bertatap muka dengan Tokoh Masyarakat, Senin (15/2) di Desa Juran Alas, Kec. Alas, Kab. Sumbawa.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., menyampaikan beberapa hal diantaranya ucapan terimakasih kepada masyarakat khususnya kepada Tokoh Masyarakat Drs. HB Thamrin Rayes yang telah menyiapkan waktu dan menyambut dengan penuh rasa kekeluargaan.

Selain itu dalam kesempatan tersebut Danrem juga menyampaikan ceramah wawasan kebangsaan dan proxy war, mengingat proxy war ini merupakan hal penting untuk diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga secara bersama-sama kita dapat menghindari dan mewaspadai bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari proxy war sekaligus untuk bersama-sama menangkal proxy war yang dapat mengancurkan negara yang kita cintai ini. 

Senin, 15 Februari 2016

Danrem 162/WB Berikan Pengarahan Kepada Kodim 1607/Sumbawa


Pendam IX/Udayana
15 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., melaksanakan kegiatan tatap muka dengan seluruh anggota jajaran Kodim 1607/Sumbawa, Senin (15/2) di Aula Makodim 1607/Sumbawa

Dalam kesempatan tersebut ada beberapa hal yang disampaikan oleh Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., kepada seluruh anggota diantaranya mengenai ketahanan pangan dan swasembada pangan, kemajuan tekhnologi saat ini, pembinaan daerah dan lain sebagainya termasuk juga mengenai kinerja dan pelanggaran yang harus dihindari oleh para anggota seperti KDRT, Asusila, THTI, penyalahgunaan Narkoba dan lain-lain serta mengenai wawasan kebangsaan.

Danrem 162/WB berharap kegiatan tatap muka dengan seluruh anggota jajaran Kodim 1607/Sumbawa dan kegiatan pengarahan yang dilaksanakan ini dapat memberikan motivasi dan manfaat bagi seluruh anggota agar nantinya para anggota dapat melaksanakan tugas dengan baik serta menghindari pelanggaran sekecil apapun, intinya sebagai prajurit dan PNS TNI kita harus mampu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dengan selalu berbuat yang terbaik, jujur, tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugas serta selalu semangat, dengan demikian apa yang kita kerjakan akan menjadi amal ibadah yang baik dan selalu diridhoi oleh Allah SWT.       

Kodim 1614/Dompu Bersama Masyarakat Perbaiki Saluran Irigasi


Pendam IX/Udayana
15 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1614/Dompu bersama dengan masyarakat melaksanakan perbaikan saluran irigasi, Sabtu (13/2) di Desa Kalabahi dan Desa Pekat, Kec.  Pekat,  Kab. Dompu.

Anggota Kodim 1614/Dompu bersama dengan masyarakat Desa Kalabahi dan Desa Pekat Kec.  Pekat  Kab. Dompu beramai-ramai memperbaiki saluran irigasi yang ada di Desa mereka, saluran irigasi tersebut jebol akibat terjangan banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

Mengingat saluran irigasi tersebut digunakan masyarakat dua Desa untuk mengairi sawah milik mereka, maka  masyarakat bersama anggota Kodim 1614/Dompu segera memberbaiki saluruan irigasi tersebut, agar nantinya dapat segera dipergunakan oleh warga.

Minggu, 14 Februari 2016

Kodim 1613/Sumba Barat Jalin Kebersamaan Dengan Olahraga


Pendam IX/Udayana
14 Pebruari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1613/Sumba Barat bersama Polres Sumba Barat melaksanakan olahraga bersama bertempat di lapangan Mapolres setempat ,diikuti oleh seluruh anggota Makodim, Mapolres, 1SST Brimob serta Ibu- Ibu Persit dan Bhayangkari.

Dalam suasana yang penuh antusias Dandim 1613/ Sumba Barat memberikan arahan dengan mengatakan olahraga  yang kita lakukan bersama di pagi yg cerah, keadaan cuaca yang  sangat bersahabat demgan kita ini adalah suatu bukti bahwa kita bersatu bersinergi dalam setiap pelakdanaan  tugas yang dilakukan bersama dalam mengamankan wilayah Suma Barat dan sekitarnya.

Pupuk terus kebersamaan maka terikatlah persaudaraan antara keluarga besar Kodim 1613/ Sumba Barat dan keluarga besar Polres dan Brimob sehingga satu dengan yang lainnya saling mengenal, bukan hanya mengenal antar anggota tetapi antara Ibu Persit dan Ibu Bhayangkari.

Di akhir sambutannya, Dandim 1613/ Sumba Barat menambahkan bahwa kegiatan olahraga bersama ini kita pelihata secara berkelanjutan sehingga satu sama lainnya saling dapat mengenal lebih dekat untuk memupuk kebersamaan antara TNI khususnya Kodim 1613/Sumba Barat dengan Polres, bersama kita kuat dalam setiap melaksanakan tugas yang harus diselesaikan bersama untuk mendapatkan keberhasilan menuju kesuksesan, nilai keindahan dapat dilihat ketika perbedaan itu larut menjadi satu dilaksanakan gerak jalan santai dilanjutkan senam pagi dan macam macam perlombaan seperti lomba jalan sandal bakiak, lomba saling gendong antara anggota Kodim dengan anggota Mapolres.

Penutupan kejuaraan Tinju Amatir Yunior dan Youth Dalam Rangka HUT Korem 162/WB

Pendam IX/Udayana
14 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., secara resmi menutup kejuaraan Tinju Amatir Yunior dan Youth dalam memperebutkan piala bergilir Danrem cup dalam rangka HUT Korem 162/WB yg ke 55. Sabtu (13/2)  bertmpat di lapangan Merdeka Kota Bima.

Dalam final kejuaraan tinju tersebut dihadiri oleh anggota DPR Pusat Ir.H.Sarifudin ST, Kepala Dikpora Raja Ampat Papua Barat, Wali Kota/ Bupati Bima, Wakil Wali Kota Bima, Ketua DPRD Kota Bima, Ketua DPRD Kab. Bima, Dandim se NTB, Kapolres Kota dan Kab. Bima, Ketua BPD Prov. NTB, Ketua Koni Prov NTB, Ketua Koni Kota Bima, Dan seluruh masyarakat Kota dan Kab. Bima.

Dalam sambutan Danrem 162/WB mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara tinju Danrem Cup kali ini, baik dari dalam daerah maupun dari luar daerah Kota Bima dan dari Prov. Papua Barat, Prov. Sulawesi telah ikut ambil bagian dalam kejuaraan ini. Danrem juga menyampaikan bahwa pertandingan ini bukan masalah menang atau kalah tetapi untuk menjadi ajang silaturrahmi dan persahabatan antar atlet, selain itu juga untuk mencari bibit-bibit atlet-atlet tinju  yang  tangguh  dan  handal,   sehingga  mampu   berkiprah  dengan lebih baik pada even Kejuaraan Tinju Tingkat Nasional agar dapat mengharumkan nama Nusa Tenggara Barat di Tingkat Nasional. Danrem 162/WB selaku Ketua Pertina NTB siap membantu peralatan tinju untuk sasana NTB.

Pada kejuaraan tinju amatir Yunior dan Youth dalam memperebutkan piala bergilir Danrem 162/WB tahun 2016, keluar sebagai Juara Umum 1 Pertina Dompu, Juara Umum 2  Pertina Kab Bima, Juara Umum 3 Pertina KSB, untuk petinju terbaik Putri kelas 48 kg Junior  Ainun dari KSB, petinju terbaik Putra kelas 44 kg Junior Sam Azi dari Kota Bima. Untuk juara umum hadiah diserahkan oleh Danrem 162/WB, Juara terbaik Putra diserahkan oleh Wali Kota Bima dan Juara terbaik Putri diserahkan oleh Anggota DPR Pusat.


Jumat, 12 Februari 2016

Tingkatkan Komunikasi, Danrem 162/WB Silaturrahmi Dengan Tokoh Lintas Agama


Pendam IX/Udayana
12 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., bersilaturrahmi dengan Tokoh Lintas Agama, Jumat (12/2)  bertempat di Kantor FKUB Kel. Lewi Rato, Kec. Rasa Nae, Kota Bima.

Komunikasi dan silaturrahmi merupakan salah satu cara dalam menciptakan kedamaian dan kerukunan di masyarakat, dengan adanya komunikasi yang baik antar semua elemen lapisan masyarakat maka keamanan lingkungan akan terjaga. Mengingat pentingnya komunikasi dalam menjaga kerukunan di masyarakat, agar terjaganya keamanan dan kedamaian di masyarakat Danrem 162/WB melaksanakan silaturrahmi dengan Tokoh Lintas Agama yang bertemakan “Merajut Kebersamaan Meraih Peradaban Damai Masyarakat”.

Danrem 162/WB berharap kegiatan silaturrahmi seperti ini dapat terus dilaksanakan sehingga dapat menciptakan kedamaian dan keamanan di masyarakat. Selain memberikan sambutan Danrem 162/WB juga menyampaikan ceramah mengenai wawasan kebangsaan kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara silaturrahim tersebut.

Hadir dalam acara silaturrahmi tersebut yaitu TGH.H.A.Gani Maskur tokoh ulama Kota Bima, Fathomi Kesbangpol Kota Bima, Eks Msi Ketua FKUB Kota Bima, Ricard Fretes Ketua Gereja Kota Bima, Rahmawati Sag Ketua FKUB Kab. Bima, Carles P Ketua FKGK Kota Bima,  Nimram Yus Ketua PD Persis Kota Bima, Pendeta Danie Dany wijaya Ketua Gereja Pante Kosta Kota Bima, Nurdin Tomas Kota Bima, Drs. Rahmad MUI Kota Bima dan hadir pula dalam acara tersebut Toga,Tomas serta masing-masing agama yang ada di Kota Bima.

Danrem 162/WB Berikan Ceramah Wawasan Kebangsaan Kepada aparat Pemerintah Kabupaten Bima


Pendam IX/Udayana
12 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si. memberikan ceramah wawasan kebangsaan dan Proxy War kepada aparat pemerintahan yang ada di Kab. Bima Jumat (12/2) di Gedung Convention Hall Kac. Rasanae Kota Bima

Proxy War merupakan salah satu ancaman yang dapat menganggu keutuhan NKRI, mengingat Proxy War atau perang proxy ini tidak seperti perang pada umumnya dimana kedua pihak yang berperang saling menghancurkan, namun proxy war tidak demikian karena perang ini merupakan peristiwa saling adu kekuatan di antara dua pihak yang bermusuhan, dengan menggunakan pihak ketiga untuk menghancurkan suatu negara yang menjadi targetnya, pihak ketiga ini dijelaskan sebagai pihak yang tidak dikenal oleh siapapun, kecuali pihak yang mengendalikannya, mahasiswa, ormas, lembaga masyarakat, dan perorangan disinyalir mudah menjadi boneka atau pihak ketiga.   Walaupun perang Proxy ini terlihat tidak berbahaya karena tidak seperti perang pada umumnya, namun Proxy War sangat mematikan karena kita tidak mengetahui mana lawan dan mana kawan.

Mengingat perang proxy atau Proxy War ini memiliki dampak yang sangat berbahaya, untuk itu Danrem 162/WB memberikan ceramah wawasan kebangsaan dan Proxy War kepada aparat pemerintahan yang ada di Kab. Bima. Melalui kegiatan ceramah Proxy War ini, Danrem 162/WB mengajak seluruh elemen lapisan masyarakat khususnya aparat pemerintah yang ada di Kab. Bima agar selalu mewaspadai adanya suatu gerakan Proxy War dari negara-negara asing yang ingin memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa kita serta memaksakan budaya mereka untuk masuk dan berkembang di negara kita ini. Semua yang mereka lakukan karena ingin menguasai dan mengambil sumber kekayaan alam yang kita miliki. Sasaran mereka adalah para pemuda dan mahasiswa yang masih mudah untuk digoyahkan mental dan ideologinya melalui  peredaran Narkoba, aksi tawuran dan perkelahian. Disamping itu sasaran lainnya yaitu Ormas dan Organisasi politik, demo buruh dan pelunturan nilai-nilai budaya Indonesia menjadi budaya liberal, radikalis dan komunis.

Dengan adanya kegiatan ceramah Proxy War yang dilaksanakan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada seluruh amsyarakat  khususya Aparat pemerintahan yang ada di Kab. Bima untuk bersama-sama dapat mencegah dan menangkal perang Proxy tersebut  dengan membulatkan tekad dan memegang teguh empat pilar bangsa yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.  Mari kita buka mata, telinga, hati dan perhatian kita untuk melihat negeri yang kita cintai ini, dengan meningkatkan rasa cinta dan kesadaran akan nasionelisme sehingga nantinya kita semua akan mengalami perubahan untuk menuju kehidupan yang lebih baik . Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Bupati Kab. Bima, Wali Kota Bima, Dandim 1608/Bima, Kapolres Kota Bima, Kapolres Kab. Bima, Ketua MUI Kota Bima, Ketua MUI Kab. Bima, Ketua DPRD Kab. Bima dan  seluruh aparat pemerintahan Kab. Bima serta Tokoh masyarakat, tokoh Agama se Kab. Bima.








Korem 162/WB Gelar Pertandingan Tinju Yunior Dan Youth Danrem 162/WB Cup Tahun 2016


Pendam IX/Udayana
12 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dalam rangka memperingati HUT ke 55 Korem 162/WB, Kamis, (11/2) Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si. selaku Ketua Umum Pertina Prov NTB membuka pelaksanaan kejuaraan  tinju   yunior   dan   youth yang memperebutkan piala Danrem 162/WB Cup tahun 2016. Bertempat di  lapangan Serasuba Kabupaten Bima.

Acara pembukaan tinju yunior dan youth tersebut dihadiri oleh Wali Kota Bima, Wakil Wali Kota Bima, Ketua FKPD Kota Bima, Dandim 1608/Bima dan Dandim 1614/Dompu, Kajari Kab. Bima, Kapolres Kota Bima, Ketua Koni Prov NTB, Ketua Koni Kota Bima, Tokoh masyarakat, dan Tokoh Agama. Kejurda yang diikuti oleh atlit tinju putra dan putri seluruh Indonesi ini, digelar  mulai dari tanggal 11 s/d 14 Pebruari 2016.

Dalam sambutan Danrem 162/WB menyampaikan bahwa kejuaraan  tinju   yunior   dan   youth memperebutkan piala Danrem 162/WB Cup tahun 2016  merupakan  agenda  rutin  yang diadakan Pertina NTB yang dilaksanakan dua tahun sekali, dalam rangka meningkatkan kemampuan  bertinju para atlet. Selain sebagai sarana pembinaan serta uji kemampuan atlet tinju, kejuaraan ini juga bertujuan untuk  lebih memasyarakatkan olahraga tinju kepada masyarakat di wilayah tanah air, khususnya Provinsi NTB dan sebagai wahana untuk mengukur  dan mengukir prestasi sekaligus untuk mengetahui tingkat keberhasilan latihan yang telah dilaksanakan selama ini. Semoga kejuaraan ini melahirkan atlet-atlet tinju  yang  tangguh  dan  handal,   sehingga  mampu   berkiprah  dengan lebih baik pada even kejuaraan tinju tingkat nasional.


Koramil 1624-06/Boru Bersama Poktan Tanam Padi


Pendam IX/Udayana
12 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Koramil 1624-06/Boru bersama Kelompok Tani Opun Pain, beberapa hari yang lalu melaksanakan penanaman padi, di lahan sawah Pok Tani Opun di Desa Hewa Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur.

Ketua Pok Tani Opun Pain,  Gregorius Goran Liwu mengatakan sesuai dengan jadwal tanam yang telah kami sepakati, pada pagi hari ini kami melaksanakan penanaman padi di lahan salah satu anggota kami, Gregorius Geo Uran atau yang biasa kami sapa dengan Bapa Geo seluas kurang lebih 0,35 ha dari jumlah total lahan sawah seluas 15 Ha. Kegiatan penanaman ini kami laksanakan dengan gotong royong, saling membantu sesama anggota Pok Tani.Menanam padi merupakan suatu kebahagian bagi kami, menanam padi sama dengan menanam harapan. Kebahagiaan itu terasa sempurna, ketika Para Babinsa bersama PPL turut serta berada di tengah-tengah kami, turut serta menanam padi, jelas Gregorius Goran Liwu Ketua Pok Tani Opun Pain.

Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi, SE melalui Danramil 1624-06/Boru Kapten Inf Paulus Ibi Weking mengatakan bahwa kegiatan turun langsung ke sawah merupakan salah satu wujud kegiatan pengawalan dan pendampingan kepada Pok Tani, dengan harapan bahwa, selain  para petani lebih cepat dalam menyelesaikan masa tanamnya, juga memberikan  semangat kepada Pok Tani dalam bercocok tanam. Selain Koramil, PPL Desa Hewa Alfred Mau, juga ambil bagian dalam penanaman padi ini sebagai pendamping teknis penanaman padi, Tampak Anggota Pok Tani Opun Pain bersama Koramil dan PPL setempat, bersemangat sekali dalam kegiatan penanaman padi ini. Mari...Tanam Padi !!

Dandim 1605/Belu Berikan Pengarahan Kepada Para Babinsa


Pendam IX/Udayana
12 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dandim 1605/Belu, Letkol Inf Moch. Nanang Nasmudin, S.E., memberikan pengarahan sekaligus pencerahan kepada seluruh Babinsa di Jajaran Kodim 1605/Belu, Kamis (11/02) di Aula Dharma Andini Makodim setempat.

Dalam arahannya Dandim 1605/ Belu mengatakan seluruh Babinsa harus tetap menjaga kesehatan, kebugaran fisik serta kekompakan untuk menghadapi tugas-tugas sebagai Babinsa yang ke depannya akan semakin berat.Babinsa juga harus selalu berbaur dan bersatu dengan masyarakat karena masyarakat atau rakyat adalah mitranya TNI serta harus dengan semangat mendampingi masyarakat utamanya para petani sesuai program saat ini tanpa meninggalkan tugas pokok sebagai Babinsa, yaitu membina masyrakat di desa binaan masing-masing.

Dandim juga menekankan jangan segan untuk selalu mengajarkan dan membimbing masyarakat cara bercocok tanam yang benar demi mendapatkan yang maksimal.Hal ini juga bertujuan untuk membantu menjadikan Kabupaten Belu sebagai lumbung pertanian yang maju dan dapat mensukseskan program swasembada pangan yang sudah dicanangkan oleh  pemerintah saat ini.

Kamis, 11 Februari 2016

Koramil 1624-02/Adonara : Bantu Buat Bak Penampungan Air.


Pendam IX/Udayana
11 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Koramil 1624-02/Adonara bersama warga masyarakat Dusun Riang Bunga Desa Lewobunga, Kecamatan Adonara Timur, Rabu (10/02), melaksanakan kegiatan gotong royong pembuatan bak penampungan air bersih di Dusun Riang Bunga Desa Lewobunga Kecamatan Adonara Timur.

Kepala Dusun Riang Bunga, Nadus Lewo, mengatakan bahwa selama ini masyarakat Riang Bunga kesulitan dalam memperoleh air bersih guna mencukupi kebutuhan kesehariannya. Pembuatan bak penampungan air bersih ini merupakan jawaban atas permasalahan air bersih di dusun kami. Diharapkan dengan dibangunnya bak penampungan air bersih ini, dapat memperpendek jarak dan menyingkat waktu masyarakat dalam memperoleh air bersih.

Lebih lanjut, Pembuatan bak penampungan air yang berukuran 3 M X 3 M X 2 M ini, dilaksanakan secara gotong-royong bersama masyarakat khususnya di Dusun Riang Bunga dan umumnya Masyarakat Desa Lewobunga Kecamatan Adonara Timur. Sebelum didistribusikan ke rumah-rumah, jelas Kadus Riang Bunga, air yang kami alirkan dari mata air di bukit melalui pipa air, kami tampung dulu di bak penampungan air ini, sehingga setiap waktu masyarakat mudah memperoleh air bersih, kata Kadus Riang Bunga.

Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi, S.E., selalu menekankan dan memerintahkan  bahwa sudah menjadi kewajiban bagi TNI untuk membantu kegiatan apapun yang bersifat positif di wilayah Kodim 1624/Flotim, salah satunya wilayah Koramil 1624-02/Adonara. Koramil bersama komponen masyarakat lainnya harus bersinergi guna meningkatkan tingkat kualitas hidup dan taraf kesejahteraan masyarakat dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan aspek darat dan membantu pemerintah daerah. TNI senantiasa berada dan selalu bersama-sama dengan masyarakat dalam membangun desanya. TNI harus menjadi bagian dari solusi dalam setiap permasalahan yang ada di wilayah, termasuk permasalahan masyarakat  dalam memperoleh air bersih, kata Danramil 1624-02/Adonara Mayor Inf Arwan Minarta. Masyarakat dusun Riang Bunga sangat bergembira sekali dengan adanya pembangunan bak penampungan air bersih ini, hal ini terlihat dari ramainya masyarakat bergotong-royong dalam kegiatan ini


Anggota Koramil 1625-03/Boawae Tangkap Warga Jual Pupuk Bantuan


Pendam IX/Udayana
11 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dua orang anggota Koramil 1624-03/Boawae Kodim 1625 /Ngada, Serda Reginaldus Bene dan Serda Aurelius Muga berhasil menangkap dan mengamankan empat orang warga masyarakat yang kedapatan menjual pupuk bantuan PAT ( Perluasan Areal Tanam) jagung, Kamis (11/02) di Boawae, Ngada.

Keempat warga tersebut adalah MS (61 tahun), warga Desa Aloware yang kedapatan menjual 1 karung pupuk urea dan 1 karung pupuk jenis TSP. Kemudian ML (43 tahun) warga Desa Aloware menjual 1 karung pupuk urea dan 2 karung pupuk TSP.Diamankan dan ditangkap juga EU (28 tahun), warga Desa Tenga Tiba, Kecamatan Aesesa Selatan yang menjual 2 karung pupuk urea. Sementara penadah barang ini SA (50 tahun) asal Desa Nagerawe. Total pupuk yang berhasil diamankan oleh Aparat Babinsa Koramil 1625-03/Boawae ini, sebanyak 7 karung dengan rincian 4 karung pupuk urea dan 3 karung pupuk TSP atau setara dengan 350 kilogram.

Menurut Serda Aurelius Muga, keempat pelaku penjualan pupuk bantuan ini harus menghadapi proses pengambilan keterangan untuk mempertanggung jawabkan tindakan mereka  menjual pupuk bantuan tersebut, di Makoramil 1625-03/Boawae yang selanjutnya proses hukumnya akan diserahkan kepada kepolisian setempat.Babinsa ini sangat menyayangkan perbuatan yang dilakukan oleh keempat warga masyarakat ini, yang sepatutnya tidak menjual pupuk bantuan atau bersubsidi yang peruntukannya digunakan untuk mendukung intensfikasi upaya khusus swasembada pangan utamanya untuk mendukung program pemupukan perluasan areal tanam jagung. Dia juga berharap masyarakat lainnya untuk tidak mencoba melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan hukum yang apabila ketahuan akan berhadapan dengan proses hukum itu sendiri. Kemudian ditambahkan aparat TNI dalam hal ini para Babinsa di wilayah akan terus melakukan pengawasan, pengawalan dan pendampingan terhadap program-program swasembada pangan seperti pengawalan terhadap distribusi pupuk bantuan atau pupuk bersubsidi ini, tegasnya.

Rabu, 10 Februari 2016

Koramil 1624-07/Loang : Manfaatkan Tanah Kas Desa, Tanami Kedelai.


Pendam IX/Udayana
10 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1624/Flotim sangat konsen dalam mendukung program swasembada pangan, bukan hanya Padi dan Jagung semata, tetapi juga Kedelai, sebagaimana halnya Koramil 1624-07/Loang dan Kelompok Tani Ama Bele, Kamis (04/02), melaksanakan penanaman kedelai di Desa Puor B Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata.

Dalam setiap kesempatan, baik itu Jam Komandan maupun saat Apel Jajaran Kodim 1624/Flotim, Dandim 1624/Flotim Letkol inf Dadi Rusyadi, S.E., selalu menekankan kewajiban Koramil dalam mendukung program swasembada pangan. Para Danramil dan Babinsa harus selalu berada dan bersama-sama dengan Kelompok Tani yang ada di wilayah binaannya.

Sekecil apapun permasalahan yang dialami petani, maka Danramil dan Babinsa wajib hukumnya untuk mengetahui permasalahan tersebut, untuk kemudian dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan PPL, BP3K maupun dengan UPTD di setiap Kecamatan, guna mencari solusi dari permasalahan tersebut, demi kemajuan dan kesejahteraan petani, demikian dikatakan Pjs. Danramil 1624-07/Loang, Serma Herman Ola Egi, usai kegiatan penanaman kedelai.

Kali ini, kami melaksanakan penanaman kedelai dengan memanfaatkan lahan tanah kas milik Desa Pour B, Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata, dengan luas kurang lebih 1 Hektare.Pemanfaatan lahan tanah  kas desa ini dikelola bersama oleh Kelompok Tani Ama Bele.Sementara itu, Ketua Pok Tani Ama Bele, Lazarus Ola Wuwur mengatakan bahwa dengan adanya  Babinsa yang selalu ikut aktif dalam pengawalan dan pendampingan pada kelompok tani kami, maka kami malu, jika kami tidak turut serta memajukan kelompok tani kami.

Minggu, 07 Februari 2016

Kodim 1622/Alor "Olahraga Bersama Membangun Hubungan Yang Harmonis"


Pendam IX/Udayana
7 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1622/Alor dan Polres Alor melaksanakan olahraga bersama, Jumat pagi  (05/02) di Stadion Mini Kalabahi, Alor.

Kegiatan olahraga bersama ini melibatkan personel anggota Kodim 1622/Alor, Polres Alor serta Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1622/Alor dan Ibu-ibu Bayangkari Polres Alor. Maksud dan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memupuk ikatan persaudaraan dan kebersamaan serta kerja sama di antara dua institusi keamanan yang ada di Kabupaten Alor termasuk dengan instansi lain serta masyarakat utamanya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah.

Dandim 1622/Alor, Letkol Inf Achmad Marzuki dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini untuk membangun hubungan yang harmonis, sehingga TNI dan Polri di Alor tetap solid agar selalu bersatu dalam menghadapi ancaman apa pun. Olahraga bersama ini memupuk persaudaraan antara TNI dan Polri untuk bersama-sama menjaga keamanan dan keutuhan NKRI di wilayah. Kemudian ditambhkan dua institusi ini sepakat untuk melaksanakan kegiatan ini minimal setiap bulan.
Sementara Kapolres Alor AKBP Bambang Hermanto mengatakan olahraga bersama ini menjalin silahturahmi antara anggota Kodim dan Polres Alor. Kapolres juga mengiyakan bahwa kegiatan yang sama akan dilakukan secara rutin setiap bulan. Kegiatan olahraga bersama ini antara lain gerak jalan santai sepanjang 3 kilometer, pertandingan voli antara Persit dan Bhayangkari dan pertandingan futsal gabungan TNI-Polri.

Korem 161/Wira Sakti: Gelar Acara Penerimaan Satgas Pam Pulau Terluar.


Pendam IX/Udayana
7 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyomn Budiarta

Korem 161/Wira Sakti menyelenggarakan acara penerimaan Satgas Pengamanan Pulau Terluar Yonif 744/SYB dan Yonif 1 Marinir, Jumat (05/02) di Lantamal VII Kupang.

Kedua satuan tersebut akan menggantikan satuan sebelumnya Yonif 743/PSY dan Yonif 5 Marinir yang saat ini bertugas menjaga dua pulau terluar di wilayah NTT yaitu Pulau Batek dan Pulau Ndana Rote. Satuan tugas ini berkekuatan 60 personel dengan rincian, Yonif 744/PSY sebanyak 26 personel dan Yonif 1 Marinir sebanyak 34 personel. Personel Satgas ini akan bertugas secara gabungan dan dibagi menjadi dua Satuan Setingkat Pleton (SST) yang bertugas di Pulau Batek dan Ndana Rote.

Jumlah personel yang ditempatkan di Pulau Batek sebanyak 26 personel, terdiri dari 16 personel Yonif 744/SYB dan 10 personel Yonif 1 Marinir. Sedangkan, jumlah personel yang ditempatkan di Pos Pengamanan Pulau Ndana Rote sejumlah 34 personel yang terdiri dari 24 personel Yonif 1 Marinir dan 10 personel Yonif 744/SYB. Dalam sambutannya, Danrem 161/WS Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., yang dibacakan oleh Kasrem, Kolonel Inf Gregorius Suharso mengatakan, melaksanakan tugas pengamanan pulau terluar menjadi salah satu tugas penting dalam menjaga dan mempertahankan wilayah NKRI.

Setiap prajurit yang diberikan kepercayaan untuk melaksanakan tugas sebagai Satgas Pam Pulau Terluar harus mampu melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab selama kurang lebih sembilan bulan. Menurut Danrem tidaklah mudah melaksanakan tugas di pulau terluar dan terpencil karena begitu banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari kondisi alam, keterbatasan akses dan fasilitas, terlebih adalah bagaimana melawan rasa bosan atau tidak betah. Untuk itu Danrem berpesan untuk menjaga kekompakkan, menghindari hal-hal yang dapat mengganggu soliditas, menghormati budaya masyarakat setempat, lakukan pembinaan teritorial melalui pemberdayaan masyarakat, sehingga dengan semangat optimis dan bersemangat maka tugas utama ini akan dapat dilaksanakan dengan baik yang akhirnya muara pada keberhasilan sebagai tolok ukurnya. Selesai acara penerimaan dilanjutkan dengan pengarahan dari Kasi Operasi Korem 161/WS, Kolonel Inf I Kadek Subawa, S.sos., yang diantaranya menyampaikan, setiap anggota Satgas harus menjamin keamanan pulau baik secara fisik dari gangguan alam seperti abrasi, serta terhadap adanya gangguan dari pengelolaan kawasan pantai dan laut dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Kemudian pentingnya untuk dapat berinteraksi secara positif terhadap lingkungan tugas, sehingga dengan dukungan lingkungan masyarakat setempat maka tugas yang kita laksanakan akan dapat dilaksanakan secara maksimak dan berhasil.

Sejumlah undangan hadir pada acara penerimaan ini, antara lain, Para Kasi Korem 161/WS., Danpomal Kupang, Kasbrigif 21/Komodo, Danyonif 744/SYB dan Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana

Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Presiden RI di Wilayah NTB


Pendam IX/Udayana
7 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M.Setyo Sularso memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Presiden RI dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo beserta rombongan di wilayah Provinsi NTB dalam rangka menghadiri acara Hari Pers Nasional dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren “Dea Malela” Minggu (7/2) di di lapangan Eks. Bandara Selaparang Mataram

Pada kesempatan tersebut yang bertindak selaku Inspektur upacara Pangdam IX/Udy sebagai Panglima Komando Operasi Pengamanan VVIP Wilayah Bali Nusra, bersama FKPD Prov. NTB, memeriksa secara langsung kesiapan sarana prasarana yang akan digunakan oleh personel yang akan mengamankan kunjungan Presiden RI tersebut.
Peserta Gelar pasukan yang terdiri dari Pasukan gabungan TNI ( AD, AL, dan AU ), Polri, Pol PP Prov NTB, Basarnas NTB, satgas Intelgab dan satuan-satuan lain. Dalam sambutannya Pangdam IX/Udy pada kunjungan kerja Presiden RI tersebut menekankan, pahami dan kuasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP, pegang teguh disiplin dengan memahami rantai Komando yang efektif dan efisien, tingkatkan kepekaan dan jangan lengah terhadap situasi yang berkembang. jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal, cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan.

Hari Pers Nasional merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia khususnya insan pers yang bermakna sebagai sebuah pesta rakyat yang memiliki pers yang merdeka dan dijadikan sebagai salah satu pilar dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia. Perayaan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibukota provinsi yang berbeda di Indonesia. Untuk tahun ini, peringatan Hari Pers Nasional dilaksanakan di Prov. NTB.
Setelah melaksanakan gelar pasukan, masing-masing komandan pasukan yang tergabung dalam Satgaspamwil kunjungan RI 1 mempersiapkan anggotanya masing-masing untuk melaksanakan geladi rangkaian pengawalan sesuai route yang telah direncanakan sekaligus memeriksa dan menempatkan personel pengamanan sesuai kedudukannya, serta melatihkan kesiapsiagaan personelnya dalam mengantisipasi setiap dinamika perkembangan situasi yang dihadapi.






Korem 162/WB Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Presiden RI


Pendam IX/Udayana
7 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Czi Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Presiden RI dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo beserta rombongan di wilayah Provinsi NTB dalam rangka menghadiri acara Hari Pers Nasional dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren “Dea Malela” Minggu (7/2) di lapangan Kantor Bupati Sumbawa.

Danrem 162/WB bertindak selaku pimpinan Apel Gelar Pasukan Pam VVIP sebagai Dansatgas Pengamanan VVIP Wilayah NTB, bersama SKPD Kab. Sumbawa, memeriksa secara langsung kesiapan pasukan dan sarana prasarana yang akan digunakan oleh personel yang akan mengamankan kunjungan Presiden RI tersebut. Hadir pada Apel Gelar Pasukan Pam VVIP, Bupati Sumbawa, Sekda Sumbawa, Dandim 1607/Sumbawa, Dandim 1614/Dompu, Wadandenpom Mataram, Wadandenhub Mataram, Kapolres Sumbawa.

Peserta Gelar pasukan yang terdiri dari Pasukan gabungan TNI ( AD, AL, dan AU ), Polri wilayah Kab. Sumbawa dan satu pelton satgas Ponpes Dea Malela personel yang akan di kerahkan untuk melaksanakan pengamanan VVIP tersebut. Dalam sambutannya Danrem 162/WB menekankan, Pegang teguh komitmen kita untuk mengamankan kegiatan kunjungan RI 1 dalam rangka menghadiri acara Hari Pers Nasional dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren “Dea Malela” Dusun Pemango, Desa Lenag Buar Kec. Lenag Buar Kab. Sumbawa, pahami dan kuasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP, pegang teguh disiplin dengan memahami rantai Komando yang efektif dan efisien, tingkatkan kepekaan dan jangan lengah terhadap situasi yang berkembang. jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal, cermati dan ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan.
Setelah melaksanakan gelar pasukan, masing-masing komandan pasukan yang tergabung dalam Satgaspamwil kunjungan RI 1 mempersiapkan anggotanya masing-masing untuk melaksanakan geladi rangkaian pengawalan sesuai route yang telah direncanakan sekaligus memeriksa dan menempatkan personel pengamanan sesuai kedudukannya, serta melatihkan kesiapsiagaan personelnya dalam mengantisipasi setiap dinamika perkembangan situasi yang dihadapi.






Jumat, 05 Februari 2016

Waspadai Proxy War, Danrem/162/WB Berikan Ceramah Usai Sholat Jum’at


Pendam IX/Udayana
5 Pebruari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta


Danrem 162/WB Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, S.T.,M.Si., setelah Sholat Jum’at memberikan ceramah kepada Santriwan/Santriwati serta seluruh pengurus Ponpes Al-Mahmud Tgh. Ahmad Maqi, Toga dan Tomas, Jumat (5/2) di Desa  Aik Ampat, Kec. Gerung, Kab. Lobar.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB menyampaikan mengenai proxy war, mengingat proxy war atau perang proxy sangat berbahaya karena perang ini tidak seperti perang pada umumnya yang menimbulkan kehancuran dua pihak yang bertikai langsung berhadapan, namun perang proxy ini tidak demikian karena negara yang ingin menyerang Negara lain tidak turun tangan langsung namun menggunakan pihak ketiga yang ada di dalam negara yang akan menjadi target tersebut atau sering disebut juga dengan boneka misalnya menggunakan LSM, Mahasiswa dan kelompok-kelompok lainnya sebagai alat untuk menghancurkan Inpoleksosbudhankam suatu negara, seperti merusak generasi muda dengan peredaran Narkoba, semakin banyaknya aliran-aliran radikal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa serta  lain sebagainya.

Hal ini terjadi dikarenakan jumlah penduduk dunia yang semakin bertambah terus, namun sumber energi, pangan dan air semakin menipis, dengan demikian tidak menutup kemungkinan banyak negara yang akan saling berebut lahan yang lebih subur untuk mempertahankan hidup.

Perlu kita sadari bahwa negara kita yang memiliki dua musim dan dilalui oleh garis khatulistiwa tentu memiliki tanah yang lebih subur dibandingkan dengan negara yang memiliki empat musim, oleh sebab itu dengan kekayaan alam yang kita miliki peluang ancaman proxy war sangat mungkin terjadi, untuk itu kita sebagai masyarakat Indonesia yang kaya akan pangan dan air karena kesuburan alam yang dimiliki harus selalu bersyukur dan selalu menjaga bangsa ini dari berbagai ancaman yang dapat menghancurkan bangsa kita.

Sebagai negara dengan masyarakat agraris serta didukung dengan alam yang subur maka hal tersebut harus terus kita jaga dengan terus bercocok tanam dan bersama-sama mensukseskan program peningkatan swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 162/WB juga berpesan kepada seluruh jamaah yang hadir agar terus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, karena jika kita kembali mengenang sejarah berdirinya bangsa ini, tidak di dilakukan oleh satu kelompok atau satu ras dan suku tertentu saja namun kemerdekaan Indonesia diperjuangkan oleh seluruh masyarakat yang berbeda suku, ras, dan lainnya, oleh sebab itu mengapa saat ini  kita harus terpecah belah dan melupakan sejarah berdirinya bangsa ini,   mari kita buka mata, telinga, hati dan pikiran kita untuk melihat negeri yg kita cintai ini, dengan selalu maningkatkan rasa nasionelisme dan menambah  rasa cinta serta kesadaran kita untuk merubah bangsa ini menjadi lebih maju.

Dorong Moril Pok Tani, Babinsa 1624-06/Boru Bajak Sawah.


Pendam IX/Udayana
5 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman budiarta

Dalam menghadapi musim tanam di awal Bulan Pebruari 2016, Babinsa Koramil 1624-06/Boru Serda Nikolas Matahine bersama Kelompok Tani Opun Pain, Rabu (03/02), di lahan sawah Gregorius Geo Uran Anggota Poktan Opun Pain Desa Hewa Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flotim melaksanakan kegiatan penyiapan lahan penanaman padi dengan membajak sawah.

Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi, SE selalu mengingatkan dan memerintah Para Babinsa di Jajaran Kodim 1624/Flotim agar terjun langsung ke lapangan bersama Poktan, dalam hal ini adalah kegiatan membajak sawah, demikian disampaikan oleh Danramil 1624-06/Boru  Kapten Inf Paulus Ibi Weking. Lebih lanjut,  Babinsa membajak sawah ini bukan berarti mengambil alih tugas petani, selain sebagai salah satu bentuk keseriusan Kodim 1624/Flotim dalam melaksanakan pengawalan dan pendampingan kepada seluruh Poktan yang ada di Wilayah Kodim 1624/Flotim, juga berharap Poktan lebih semangat lagi dalam mengolah lahannya melalui penanaman padi.

Dengan turun dan terjun langsung ke sawah maka Babinsa, PPL dan UPTD akan mengetahui setiap hambatan dan permasalahan yang dialami dan dihadapi oleh kelompok tani, jelas Dandim 1624/Flotim. Sementara itu, Ketua Poktan Opun Pain, Gregorius Goran Liwu mengatakan bahwa Poktan Opun Pain mempunyai anggota sebanyak 21 orang dengan total luas areal sawah yang digarap 15 Ha.

Kami bersama-sama Babinsa, UPTD, PPL dan elemen terkait lainnya selalu bersama-sama dalam setiap kegiatan pentahapan penanaman padi. Bagi Kelompok tani, dengan kebersamaan ini sangat membantu  para petani dalam mencari jalan keluar apabila terdapat kendala di lapangan, baik itu kendala teknis maupun non teknis, sehingga dapat memelihara dan meningkatkan produktifitas hasil panen padi kami.

Koramil 1624-03/Lewoleba : Hijaukan Pantai Tanjung Tuak

Pendam IX/Udayana
5 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Koramil 1624-03/Lewoleba, Kodim 1624/Flotim senantiasa turut serta berperan aktif dalam setiap lini pembangunan di wilayah binaannya, hal ini di wujudkan pada kegiatan bhakti sosial penanaman pohon ,Sabtu (30/1), bersama Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Lembata beserta elemen masyarakat lainnya di Kawasan Pantai Tanjung Tuak Desa Kolipadan Kecamatan Ile Ape, Lembata.

Kadis Distanhut Kabupaten Lembata  Feliks Bediona mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Pemkab Lembata yang dilaksanakan pada tempat dan waktu yang berbeda, kali ini dilaksanakan di Desa Kelipadan. Berbagai jenis anakan pohon kami tanam pada kegiatan ini, diantaranya adalah anakan pohon Mahoni 500, Nimba 500 pohon, Jambu Mente 2000 pohon dan Gaharu 50 pohon, yang semuanya berjumlah 3050 anakan pohon, jelas Kadistanhut Kabupaten Lembata.

Dandim 1624/Flotim Letkol Inf Dadi Rusyadi, S.E., melalui Danramil 1624-03/Lewoleba Mayor Inf Ignasius Hali Agen, S.E., mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon ini memiliki arti yang sangat penting dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup, serta memelihara keseimbangan ekosistem yang ada. Tetapi yang lebih penting lagi adalah,  bukan hanya sekedar menanam pohon, lalu di biarkan begitu saja, hendaknya juga harus diiringi dengan pemeliharaan, pengawasan dan pemantauan pasca penanaman pohon. Hal inilah yang sering di lupakan, tegas Dandim 1624/Flotim.
Berbagai elemen masyarakat diantaranya dari unsur pemerintah desa, tokoh masyarakat, pemuda, adat dan tokoh agama turut serta ambil bagian dalam kegiatan ini.

Salah satu warga masyarakat Desa Kelipadan yang enggan disebut namanya, merasa sangat bersyukur dengan adanya penanaman pohon ini, karena jenis anakan pohon yang ditanam, lebih dominan jenis anakan pohon yang dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi bagi warga masyarakat sekitarnya, yaitu anakan pohon jambu mete.

Kamis, 04 Februari 2016

Kasdam IX/Udayana Terima Kunjungan Danmen Menwa Ugrasena Bali

Pendam IX/Udayana
4 Februari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI I Made Sumantra,SH mewakili Pangdam IX/Udayana menerima kunjungan Danmen Menwa Ugrasena Bali pada, Kamis (4/2) di Ruang Tamu Pangdam IX/Udayana.

Pada kesempatan tersebut Kasdam IX/Udayana menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kunjungannya ke Kodam IX/Udayana dan selanjutnya memperkenalkan diri serta para pejabat teras Kodam IX/Udayana yang mendampinginya antara lain Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf Agus Saepul, S.Ip, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf A. Yudi Hartono,S.Sos.MM , Kasrem 163/wira Satya Letnan Kolonel Inf Yana Bahtiar Mediana,SE dan perwakilan dari Pendam IX/Udayana dan selanjutnya Kasdam memberikan kesempatan kepada pimpinan rombongan untuk menyampaikan tujuannya beraudiensi. Danmen Menwa Ugrasena Bali, Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana,M.Si didampingi Pembantu Rektor III Universitas Udayana dan 7 orang staf lainya menyampaikan usapan  terimakasih atas kesempatan dan berkenan menerima kunjungannya ditengah-tengah kesibukan yang padat. Danmen memperkenalkan diri dan segenap pendampingnya secara singkat.

Danmen sebagai pimpinan rombongan juga menyampaikan tujuannya beraudiensi adalah untuk bersilaturahmi, memperkenalkan diri sebagai Danmen Menwa yang baru serta memohon arahan Kasdam IX/Udayana mengingat Menwa mempunyai latar belakang historis yang erat dengan TNI. Selain itu Danmen juga menyampaikan kondisi Menwa saat ini sebagian besar baru hanya mengikuti pendidikan Pra Latihan Dasar dan belum mengikuti Pendidikan Bela Negara. Berkenaan dengan itu Danmen dan Purek III Universitas Udayana berkeinginan untuk melaksanakan Pendidikan Bela Negara yang akan dilaksanakan di Rindam IX/Udayana sehingga nantinya Menwa mempunyai kemampuan dan keterampilan  yang memadai  serta siap pakai dalam pengabdiannya sesuai bidang masing-masing. Besar harapan Danmen agar Kodam IX/Udayana dapat memberikan bantuan dan dukungan sehingga pelaksanaan pendidikan Bela Negara yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya Kasdam IX/Udayana menyampaikan arahan bahwa Menwa memang mempunyai latar belakang historis yang erat dengan TNI sehingga dengan demikian TNI juga mempunyai tanggungjawab moral dalam pembinaan Menwa, berkenaan dengan itu untuk kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Pendidikan Bela Negara para Menwa yang direncakan akan dilaksanakan di Rindam IX/Udayana diatensi dengan pemberian dukungan berupa penyediaan tempat pendidikan dan tenaga pelatih selama pelaksanaan pendidikan, demikian tegas Kasdam.
Demikian acara Audiensi dapat berjalan dengan lancar penuh kekeluargaan dan diakhiri dengan fofo bersama.