Rabu, 31 Agustus 2016

Pangdam IX/Udayana : ”Denintel Bangun Kerjasama Yang Sinergis Dan Tingkatkan Kepekaan Naluri Intelijen”

Pendam IX/Udayana
31 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widitmoko M.D.A. sebagai irup pada Upacara Laporan Korps Serah Terima Tugas, Wewenang, Dan Tanggung Jawab Jabatan Dandeninteldam IX/Udayana Rabu (31/8) di Hall Makodam IX/Udayana.

Mengawali Amanatnya Pangdam menyampaikan ucapkan terima kasih serta penghargaan kepada Letkol Kav Hendra Ferdinandus beserta isteri atas pengabdiannya memimpin Deninteldam IX/Udayana selama ini dan mengucapkan selamat menjalankan tugas sebagai  Danden-inteldam IX/Udayana yang baru kepada Mayor Chb Dayat Dwi Ariyanto, S.Sos, Dengan harapan semoga kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya pangdam menyampaikan bahwa Serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dilakukan dalam dinamika kehidupan suatu organisasi, dan juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan kinerja organisasi sekaligus memberikan kesempatan kepada para Perwira yang bersangkutan untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang dimiliki, pada penugasan dan lingkungan yang berbeda. Deninteldam IX/Udayana merupa-kan satuan operasional bidang intelijen yang berkedudukan langsung di bawah Pangdam IX/Udayana. Deninteldam  memiliki tugas pokok menyelenggarakan kegiatan dan operasi intelijen yang meliputi penyelidikan, pengamanan serta penggalangan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam IX/Udayana, utamanya dalam memelihara dan mempertahankan stabilitas keamanan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Selanjutnya Pangdam menegaskan Denintel harus melakukan koordinasi secara aktif dan intensif dengan komunitas intelijen dan aparat terkait lainnya. Hal ini dilakukan guna membangun kerjasama yang sinergis serta terus meningkatkan kepekaan naluri intelijen untuk mendeteksi dan mencegah sedini mungkin setiap bentuk ancaman yang berpotensi terjadi di wilayah.

Hadir pada Upacara Laporan Korps Serah Terima Tugas, Wewenang, Dan Tanggung Jawab Jabatan Dandeninteldam IX/Udayana diantaranya Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, para Asisten Kasdam, Perwira Staf Ahli, LO AL dan LO AU serta para Dan/ Kabalak Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana, serta Ibu Ketua, Wakil Ketua beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/ Udayana.

Masyarakat Berterimakasih Dan Bangga Kepada TNI Yang Sudah Membangun Desanya Melalui TMMD

Pendam IX/udayana
31 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Inf Farid Makruf,  M.A.berkunjung ke Dusun Aik Mual Desa Sekotong Timur Kec. Lembar Kab. Lobar Selasa (30/8) meninjau lokasilokasi pelaksanaan kegiatan pra TMMD ke-97.

Dalam kesempatan tersebut selain mengecek prasarana yang dibangun oleh personel TMMD, Danrem 162/WB juga menyempatakan diri untuk berkomunikasi dengan masyarakat setempat. Masyarakat sangat senang dengan adanya kunjungan Danrem 162/WB di daerahnya, Danrem 162/WB Kolonel Inf Farid Makruf,  M.A., juga mendengarkan aspirasi masyarakat yang ada di desa tersebut, melalui kepala Dusun setempat masyarakat menyampaikan ucapan terimakasih dan rasa bangganya kepada TNI yang telah bekerja membangun sarana dan prasarana di daerah mereka  seperti pembuatan jambatan, pembuatan jalan baru, perehaban Madrasah Ibtidaiah Yayasan Alhidayah Islamiah sebanyak 3 lokal dan pembuatan saluran irigasi.

Semua sarana dan prasarana yang dibangun oleh TNI ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, untuk itu masyarakat sangat berterimakasih dengan pembangunan sarana dan prasarana umum tersebut dan berharap kedepan TNI dapat terus membantu masyarakat dalam membangaun Desa karena bantuan TNI sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain meninjau langsung lokasi-lokasi pembangunan untuk mengecek dan memberikan motivasi kepada personel yang bekerja, Danrem 162/WB juga mengunjungi dan melihat langsung proses belajar mengajar para siswa/siswi Madrasah  Ibtidaiah Yayasan Alhidayah Islamiah. Danrem 162/WB berharap kedepan sarana dan prasarana yang dibuatkan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi masyarakat petani yang saat ini sangat membutuhkan pembangunan saluran irigasi. Hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut Dandim 1606/Lobar, Kadistan Kab. Lobar dan Kepala Dususn setempat.

 

Penuh Semangat Murid SDK Wudu Mendengarkan Materi Wawasan Kebangsaan Dari Babinsa

Pendam IX/Udayana
31 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Siswa siswi SDK Wudu, Kecamatan Boawae, Kabupaten Ngada terlihat semangat mendengarkan materi wawasan kebangsaan yang diberikan Babinsa Ramil 03/Boawae.

Kegiatan yang dilaksanakab Selasa (30/8/2016) dihadiri 232 orang. Hal ini dikatakan Dandim 1625 Ngada, Letkol (Czi) Arman Hidayah melalui Pasi Intel, Kapten Inf Wirya ,Selasa (30/8/2016).

Menurut Kapten Inf  Wirya, siswa siswi SDK Wudu terlihat antusias menghadiri kegiatan dalam jumlah yang cukup banyak dan mereka juga serius mendengarkan materi wawasan kebangsaanyang diberikan Babinsa Ramil Boawae hingga akhir kegiatan. Kegiatan tersebut merupakan program yang dijalankan Kodim 1625 Ngada dalam rangka meningkatkan pemahaman atau wawasan kebangsaan dari generasi muda bangsa.

Dengan kegiatan seperti itu, lahirlah generasi muda yang berkarakter baik, memiliki etos kerja yang tinggi dan saling menghormati satu sama lain. Dandim 1625 Ngada menyampaikan terima kasih kepada manajemen SDK Wudu yang telah bersedia waktu dan mempersilahkan murid untuk hadir dalam kegiatan tersebut. (Penrem 161/WS)

Selasa, 30 Agustus 2016

Memajukan Kesenian Tradisional, Kodim Gianyar Gelar Lomba Tembang Geguritan

Pendam IX/Udayana
30 Agustus 2016
Editor kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dalam mendorong tumbuhnya rasa kreativitas seni generasi muda dalam memajukan kesenian tradisional Bali khususnya di Kab.Gianyar maka Kodim 1616/Gianyar menggelar lomba tembang geguritan bagi siswa siswi SMA/SMK se Kab. Gianyar Senin (29/8) di Aula Kodim 1616/Gianyar. 

Lomba yang diikuti oleh 17 tim/peserta dilaksanakan dengan mengusung kegiatan Komsos Kreatif bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Gianyar memang dikhususkan untuk menggali potensi pemuda pemudi dalam melakukan tembang geguritan dimana merupakan salah satu bagian budaya lokal Bali ini perlu dilestarikan disamping mengolah kemampuan dalam menembang sehingga dapat sesuai pakem yang ada dan dapat dinikmati oleh pendengar.

Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto SP Capah,S.Sos memaparkan bahwa dengan kegiatan ini mengharapkan agar kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan nilai-nilai daerah dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa khususnya Budaya serta seni yg ada di wilayah Kab. Gianyar, disampaikan lebih lanjut kegiatan ini merupakan langkah pelestarian terhadap Budaya dan seni yang melibatkan generasi muda sebagai langkah untuk pengkaderan sekaligus generasi penerus sehingga mencegah kepunahan terhadap Budaya dan seni akibat dari pengaruh kemajuan teknologi dan jaman serta pengaruh asing luar negeri.

Keluar sebagai juara 1 lomba tembang geguritan bagi siswa siswi SMA/SMK se Kab. Gianyar adalah SMAN 1 Sukawati disusul juara 2 dari SMAN 1 Payangan dan juara 3 SMAN 1 Gianyar. (Penrem 163/WSA)

Bangkitkan Jiwa Nasionalime Dan Cinta Tanah Air Babinsa Pimpin Upacara Bendera

Pendam IX/Udayana
30 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Anggota Koramil 1615-01/Selong yaitu Serka bambang menjadi Inspektur upacara di SMPN 5 Selong. Kegiatan ini merupakan program dari NTB Merah Putih yang selama bulan Agustus ini terus dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-71 RI Senin (29/8) di Selong. 

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan membangkitkan lagi jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air khususnya bagi generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. Bukan hanya Serka Bambang yang menjadi Inspektur Upacara, dalam kegiatan upacara Bendera tersebut yang menjadi Pemimpin upacara juga Babinsa dari Koramil 1615-01/Selong yaitu Serka Samsul. Upacara Bendera yang di ikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan siswa siswi SMPN 5 Selong yang berjumlah sekitar 250 orang tersebut berlangsung tertib dan khidmat. Dalam kesempatan tersebut  Inspuktur Upacara  memberikan amanat kepada seluruh peserta upacara yang intinya, para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa harus terus meningkatkan  pengetahuannya mengenai wawasan kebangsaan, karena nantinya generasi muda inilah yang akan melanjutkan perjuangan para pendahulu untuk memajukan Bangsa Indonesia dan menjaga NKRI agar tetap tegak berdiri. Untuk itu kepada seluruh siswa dan siswi yang ada di SMPN 5 Selong ini, harus menambah pandangan dan wawasan mengenai hal-hal yang positif agar nantinya generasi muda memiliki Moralitas yang baik dalam menyongsong masa depan, bukan hanya itu saja generasi muda juga harus terus menumbuhkan rasa cinta tanah air agar bisa menjadikan Negara kita kearah yang lebih baik. Setelah kegiatan Upacara selesai, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Wawasan Kebangsaan oleh Serma Tohri kepada siswa/siswi SMPN 5 Selong. (Penrem 162/WB).

Kodim 1616/Gianyar Bersinergi Dengan Distan Dan Poktan Gianyar Wujudkan Swasembada Pangan

Pendam IX/Udayana
30 Agustus 2016
Editor kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1616/Gianyar kembali meningkatkan upaya kegiatan  swasembada pangan di Kabupaten Gianyar khususnya di Ubud (29/8) berupa penanaman padi secara serentak yang dilakukan di areal persawahan seluas 10 Are di Subak Teges Desa Peliatan Kec. Ubud dalam Gerakan tanam padi Jajar Legowo untuk mendukung Upsus peningkatan produksi yang di selenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Bali bersama Kodim 1616/Gianyar.

Kadistan Gianyar Ir.Made Raka, M.Si pada awal laporan kesiapan acara menjelaskan bahwa gerakan Upsus Kab. Gianyar berjalan baik dengan target juara 1 (satu) Nasional dengan 12.196 Are realisasi 13.857 are ( 113 % ) jadi melebihi 1.661 Are utk musim tanam bulan April - September 2016 , target menjadi 15. 649 Are s.d hari Minggu 28 Agustus 2016 baru tercapai 11.539 are ( 73,73 % ) oleh karena itu perlu kegiatan percepatan tanam dg tanam serentak di seluruh Kab. Gianyar namun harus di kawal mulai pengolahan tanah dan persemaiannya tanah di percepat per 30 September 2016 dapat di penuhi.

Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf I Wayan Suwitantra,S.IP seijin Dandim 1616/Gianyar menjelaskan bahwa selama ini  Kodim 1616/Gianyar terus menurunkan Babinsa dari seluruh Koramil jajaran untuk bersama PPL dan warga Subak dalam upaya pendampingan maupun perbantuan untuk bersama mengatasi kesulitan baik pendataan kerusakan , perbaikan dan pengoptimalan sarana irigasi serta penerapan pola tanam ’‘ Jajar Legowo ” sebagai upaya sinergi dan saling dukung antara Dinas Pertanian dengan Kodim dalam mewujudkan swasembada pangan dengan memaksimalkan peran sumber daya yang dimiliki kedua institusi ini dapat digunakan secara optimal. Namun demikian, leading sector kegiatan ini tetap berada di Dinas Pertanian.

Kedepan kegiatan ini masih akan dilakukan sebagai bentuk aplikasi dilapangan sehingga menjadi tolak ukur keberhasilan sinergitas antara kedua insitusi dengan melibatkan petani dalam menyukseskan program swasembada pangan di Kab.Gianyar. (Penrem 163/WSA)

Senin, 29 Agustus 2016

Melestarikan Budaya Bangsa Dandim 1606/Lobar Gelar Lomba Peresaian


Pendam IX/Udayana
29 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1606/Lobar menggelar Lomba Peresaian yamh di buka oleh Dandim 1606/Lobar Letkol Inf Ardiansyah dalam rangka memperingati HUT Ke 71 RI Sabtu (27/8) di Dusun Penarukan Daye Desa Kebon Ayu Kec. Gerung Kab. Lombok Barat.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan Komsos Kreatif, sekaligus dalam rangka memperingati  HUT ke-71 RI. Pertandingan Peressaian Dandim cup ini akan berlangsung selama 10 hari  mulai dari tanggal 27 Agustus sd tanggal 5 September 2016 ini di buka langsung oleh Dandim 1606/Lobar dan  hadiri oleh Kapolsek Gerung, Para Perwira jajaran Kodim 1606/Lobar beserta seluruh anggota, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan warga Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung.

Kegiatan pertandingan Pereseaan Dandim Cup yang dilaksankan tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia khususnya Peresaian yang ada di wilayah Lombok, agar nantinya dapat terus dikenal oleh masyarakat tidak hanya masyarakat Indonesia saja namun juga masyarakat Mancanegara. Masyarakat menyambut baik kegiatan pertandingan peresaian Dandim Cup tersebut, karena selain dapat memperkenalkan seni peresaian yang ada di Desa Kebun Ayu, kegiatan ini juga nantinya dapat melahirkan pemain-pemain peresaian yang akan menjadi menerus sehingga kesenian ini dapat terus dilestarikan.

Setelah acara pembukaan oleh Ketua panitia bapak H.  Lalu Nasib AR, acara kemudian  dilanjutkan dengan kegiatan pertandingan  Peresean tingkat anak anak. Pada kesempatan tersebut Dandim 1606/Lobar menyampaikan bahwa  dengan di selenggarakan acara ini diharapkan dapat menciptakan keakraban antar masyarakat dan menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa melalui Kebhinekaan, dan seluruh masyarakat juga harus tetap memiliki komitmen yaitu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi tetap tegaknya NKRI. Dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan yang didasari  rasa saling toleransi antar semua masyarakat Indonesia, maka kita akan menjadi negara yang kokoh dan kuat dan tidak akan mudah di hancurkan oleh Negara lain.


Warga Dompu Secara Sukarela Serahkan Puluhan Butir Munisi Dan Senjata Rakitan


Pendam IX/Udayana
29 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Ba Unit Inteldim 1614/Dompu Sertu Syahrudin menyerahkan puluhan butir munisi dan pistol rakitan Senin (29/8) bertempat di Kantor Makodim 1614/Dompu,munisi dan pistol rakitan tersebut merupakan hasil penyerahan secara sukarela dari warga yang berasal dari Desa Bara Kec. Woja Kab. Dompu.


Warga yang bernama Junaidin usia 38 tahun kepada Dan Unit Intel Kodim 1614/Dompu Lettu Inf Ibrahim pada hari sabtu 27 Agustus 2016 menyerahkan berupa 3 butir peluru (2 butir peluru jenis pistol col dan 1 butir peluru jenis pistol FN), sedangkan  pada hari Minggu 28 Agustus 2016 seorang warga bernama H. Karma, usia 62 tahun, yang beralamat di Dusun. Piong Desa. Boro Kec. Sanggar Kab. Bima yang berprofesi sebagai nelayan tersebut, dengan sukarela menyerahkan munisi tajam kaliber 7,62 mm berjumlah 44 butir dengan rantai SMR/SMS.

Munisi-munisi tersebut ditemukan sekitar puluhan tahun yang lalu oleh H. Karma, saat yang bersangkutan membersihkan lahan kebunnya dan menemukan bungkusan karung plastik yang berisi peluru. Selanjutnya barang tersebut ditanam didekat gubuknya. Beberapa butir pernah dipergunakan untuk membom ikan di Pantai Piong (diambil misiunya untuk bahan bom ikan dengan menggunakan botol kratingdeng).

Dengan adanya komunikasi yang baik antar anggota Kodim 1614/Dompu dengan masyarakat setempat, maka masyarakat ini dengan sukarela menyerahkan munisi dan pistol rakitan miliknya, kedepan diharapkan masyarakat lain yang masih memiliki atau menyimpan munisi dan senjata rakitan secara illegal agar dengan penuh kesadaran menyerahkan kepada aparat terkait, hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan serta untuk menciptakan wilayah Dompu yang Kondusif.

Minggu, 28 Agustus 2016

Danramil 1616-04/Blahbatuh Pimpin Perbaikan Irigasi Bersama Poktan

Pendam IX/Udayana
28 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Sebagai upaya nyata pekerjaan percepatan UPSUS di wilayah Kodim 1616/Gianyar maka personel Kodim 1616/Gianyar dibawah pimpinan Danramil 1616-04/Blahbatuh Kapten Cpl Ketut Parswa bersama petani Subak Kumpul melaksanakan karya bakti perbaikan saluran irigasi di Subak Kumpul Br. Bona Kaja Kec. Blahbatuh

Perbaikan saluran irigasi sepanjang 300 m di Subak Kumpul Br. Bona Kaja yang terletak di Jl. Darmagiri setelah sebelumnya mengalami kerusakan pada sebagian dasar dan pendangkalan karena lumpur serta ditumbuhi eceng gondok, saluran irigasi ini dapat mengaliri areal persawahan seluas 15 H mencakup Subak Kumpul, Subak Tengiang, Subak Cita dan Subak Ulun Carik.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya mempercepat pola tanam dengan didukung oleh infrastruktur yang memadai sehingga bila saluran irigasi ini bagus maka diharapkan pembagian air dapat berjalan lancar demikian,” penyampaian dari Kapten Cpl Ketut Parswa seijin Dandim 1616/Gianyar.

Pihak petani yang diwakili oleh Wayan Suma Arsa “sebagai Pekaseh Subak Kumpul menyampaikan bahwa banyak terima kasih kepada TNI dalam hal ini Kodim 1616/Gianyar yang sudah membantu pelaksanaan gotong royong dengan subak sehingga pekerjaan bisa selesai.” Perbaikan ini sendiri merupakan upaya terpadu dari petani, BBPT, PPL dan Kodim 1616/Gianyar dalam mengupayakan program swasembada pangan diwilayah Gianyar.(Penrem 163/WSA)

Persit KCK Korem 161 Wirasakti Beri Vitamin A, Penyuluhan Dan Pemeriksaan Gigi Anak


Pendam IX/Udayana
28 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kesehatan dalam kehidupan merupakan hal yang  penting dan sangat utama untuk diperhatikan. Penanaman tentang kesehatan perlu dilaksanakan sedini mungkin khususnya bagi anak-anak yang akan tumbuh berkembang menjadi generasi masa depan yang perlu dipersiapkan secara baik.

Menindaklanjuti hal tersebut  maka Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 161 bekerjasama dengan Denkesyah Wira Sakti Kupang melaksanakan kegiatan pemberian vitamin A, pemeriksaan dan pelayanan kesehatan gigi kepada anak yang  bertempat di halaman  Parkir Selamat siang Rumah Sakit TK. IV RST/Wira Sakti Kupang Jl. Moch Hatta, Kota Kupang, Sabtu (27/08/2016).

Kegiatan Pemberian Vitamin A, Penyuluhan Dan Pemeriksaan Gigi Pada Anak secara simbolis tersebut dihadiri Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., yang didampingi Ibu Endang Murtiningsih selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koordinator Cabang Korem 161/Wira Sakti.

Dalam sambutannya Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., menyampaikan pemberian vitamin A dan pelayanan kesehatan gigi bagi anak dan Balita ini sudah diprogramkan oleh Persit dan sangat diperlukan bagi anak-anak kita yang nantinya sebagai generasi penerus. Mereka harus sehat sehingga benar-benar siap menerima estapet kepemimpinan dari kita di masa yang akan datang. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dandenkes, dokter, perawat, ibu-ibu Pengurus Persit yang bisa menyelenggarakan kegiatan ini meskipun di hari libur. Kita berharap kegiatan yang positif seperti ini ke depan tetap dilaksanakan secara berkelanjutan.

Menurut Danrem program Pemberian Vitamin A, pelayanan dan pemeriksaan gigi pada anak adalah program yang baik,  program seperti ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak kita, mari kita dorong anak-anak kita menjadi generasi penerus harapan bangsa yang berkualitas dan tangguh.

Sementara itu Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcab 161 dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini, adapun anak-anak penerima Vitamin A ini adalah anak yang berusia berkisar 6 bulan sampai dengan 5 tahun, dimana pemberian vitamin A akan bermanfaat untuk meningkatan daya tahan tubuh bagi anak-anak, selain kegiatan pemberian vitamin A, juga  dilaksanakan kegiatan pemeriksaan dan perawatan gigi anak. Kegiatan ini merupakan program Persit yang akan terus dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Kegiatan yang menghadirkan sekitar 70 orang anak secara simbolis ditandai dengan pemberian  Vitamin A oleh Danrem 161/WS dan Ibu Ketua Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem161 kepada 2 orang perwakilan anak. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyuluhan tentang kesehatan gigi oleh Drg. Erni dan gosok gigi masal.

Beberapa pejabat terkait hadir pada kegiatan ini diantaranya Kasi Pers Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Mahanom Suparyono,  Dandenkesyah Wira Sakti Kupang Letkol Ckm Effendi Prabowo, Karumkit RST Tingkat IV Kupang Mayor Ckm Imanuel Purba, Pengurus Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem 161, Kepala Puskesmas Bakunase, para dokter dan perawat serta diikuti oleh sekitar 70 orang anak-anak penerima Vitamin A dari TK Kartika Asrama Tentara Kuanino beserta orang tua dan undangan lainya. (Penrem 161/WS)

Jumat, 26 Agustus 2016

Kesdam IX/Udayana Gelar Upacara Pembukaan Pendidikan Akademi Keperawatan Angkatan ke-9



Pendam IX/Udayana
26 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta   

Kesdam IX/Udayana menggelar Pembukaan Pendidikan Akademi Keperawatan Kesdam IX/Udayana Angkatan ke-9 TA 2016/2017 dan Penutupan Pendidikan Akademi Keperawatan Kesdam IX/ Udayana Angkatan Ke-6 TA 2013/2014, Jumat (26/8) di Lapangan Kesdam IX/Udayana.

Pada Kesempatan Tersebut sebagai Irup upacara pembukaannya Kepala kesehatan Kodam IX/Udayana Kolonel Ckm dr. Didik Catur Prasetyo membacakan amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A. Pangdam dalam amanat tertulisnya menyampaikan bahwa Akademi Keperawatan Kesdam IX/Udayana    telah mampu mengemban amanah kelem-bagaan dalam mencerdaskan generasi muda bangsa, yaitu menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di bidang kesehatan bagi kemajuan bangsa dan negara di masa depan.

Pangdam mengingatkan kepada adik-adik bahwa sekalipun tugas belajar resmi kalian bukan berakhir sampai disini, namun proses pembelajaran baru telah dimulai. Pembelajaran untuk menggali dan mendalami kehidupan bermasyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tenaga medis keperawatan memiliki prospek yang bagus di masa mendatang bila dikaitkan dengan pertambahan jumlah penduduk di Indonesia. Ini tentunya sudah sejalan dengan tujuan nasional yang tertera pada alinea ke empat Pembukaan UUD 1945 yang isinya bertujuan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Guna meningkatkan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa maka salah satu peran yang harus dijaga adalah tetap terpelihara dan terbinanya kehidupan yang sehat baik jasmani maupun rohani. Melalui manusia-manusia yang sehat baik jasmani maupun rohani serta memiliki kecerdasan tinggi, tentunya masa depan bangsa menuju tatanan kehidupan masyarakatnya yang lebih maju, modern dan mandiri dapat terwujud dengan baik.

Mengakhiri amanatnya Pangdam IX/Udayana mengharapkan kepada para lulusan siswa tugas belajar maupun lulusan siswa umum agar senantiasa memegang teguh etika profesi Akademi keperawatan dan selalu menjauhkan diri dari tindakan malpraktek. Jadilah paramedis yang  profesional  dan  memiliki jiwa pengabdian yang tinggi. Menjadi paramedis bukanlah pekerjaan yang ringan, selain profesionalitas juga dibutuhkan tampilan pribadi yang luwes, ramah dan ikhlas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada siapa saja  yang membutuhkan. Lebih lanjut Pangdam mengharapkan kepada mahasiswa/ mahasiswi baru, memahami dan menyadari tentang tujuan dan sasaran pendidikan yang akan dijalani di lembaga ini. Dengan demikian, seluruh rangkaian proses kegiatan pendidikan baik teori maupun praktek dapat dilalui dengan baik dan lancar. Untuk itu, segeralah menyesuaikan diri dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di Lembaga Pendidikan Akper Kesdam IX/Udayana ini.

Danrem 161 Wira Sakti : “ Turnamen Futsal Memperkokoh Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat”

  
Pendam IX/Udayana
26 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Klub Futsal asal Oesao Kupang G-Futsal berhasil merebut Piala Danrem 161/Wira Sakti yang digelar dalam rangka memperingati Hut RI ke 71 tahun 2016 yang selama sepekan ini berlangsung  di Lapangan Futsal Wira Sakti, Asrama TNI AD Kuanino, Kota Raja Kupang (25/08/2016).

Dalam pertandingan final yang berlangsung menarik tersebut di partai puncak Klub G-Futsal berhasil mengalahkan tuan rumah Tim Remud atau Remaja Udayana dengan skor tipis 4-3. Kedua tim silih berganti melakukan serangan dimana sepuluh menit babak pertama berakhir Tim G-Futsal unggul dengan kedudukan sementara 3-1. Memasuki paruh sepuluh menit kedua Tim Remud yang banyak didukung oleh penonton tuan rumah mencoba bangkit untuk memperkecil ketertinggalan. Namun mereka hanya mampu menambah dua gol balasan sementara Tim G-Futsal berhasil menambah satu gol lagi hingga  wasit meniup pluit usainya pertadingan, skor akhir menjadi 4-3 bagi kemenangan Tim G-Futsal.

Euforia kemenangan terasa sekali bagi Tim G-Futsal terlebih mereka mampu mengalahkan tuan rumah Tim Remud yang memang sedikit diunggulkan. Rasa kecewa sedikit terlihat di rawut wajah mereka, tetapi itulah pertandingan harus ada yang menang dan harus ada yang kalah, ucap Kapten Tim Remud Digo. Sementara Kapten Tim G-Futsal Andrian tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya, “kami bersyukur hari ini juara”, ucapnya.

Sebagai pemenang Tim G-Futsal berhak atas piala tetap Danrem 161/Wira Sakti dan sejumlah uang pembinaan. Tim Remud sebagai runner-up turnamen kali ini juga berhak atas piala tetap dengan uang pembinaan. Tempat ketiga diraih oleh Tim Gembel FC setelah mengalahkan Tim KKBD FC dengan skor 5-2.

Penyerahan piala dan hadiah dilakukan oleh Kasi Intel Korem 161/Wira Sakti Letkol Infanteri Yudi Pranoto yang sekaligus menutup gelaran turnamen yang berlangsung dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 25 Agustus 2016. Kasi Intel Korem 161/Wira Sakti membacakan sambutan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., yang mengatakan Pertandingan Open Turnamen Futsal Dalam Rangka Memeriahkan HUT RI Ke-71 yang telah dilaksanakan selama sepekan ini, benar-benar dapat berdampak positif dalam meningkatkan pembinaan jenis olahraga yang banyak digemari kalangan anak muda di Kota Kupang  ini, kemudian  diharapkan dapat   melahirkan bibit-bibit atlet futsal potensial yang nantinya mampu berlaga di event-event yang lebih besar. Yang tak kalah pentingnya dari kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk  mempererat tali silaturahmi di antara kita sekalian, sekaligus memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Babinsa Koramil 1610-03/Dawan Pendamping Setia Petani

Pendam IX/Udayana
26 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Koramil 1610-03/Dawan melaksanakan kegiatan pendampingan UPSUS bekerja sama dengan dinas pertanian Kabupaten Klungkung, Jumat (26/8). Kegiatan pendampingan ini diikuti oleh Kepala BPP kecamatan Dawan, anggota Koramil 1610-03/Dawan, kelihan subak Baler Margi serta masyarakat petani 30 orang.

Percepatan tambah tanam padi dilaksanakan di sawah milik I Ketut Kendung dengan luas lahan 18 are jenis varietas cheherang dengan sistem tanam jarwo 21 dalam rangka membantu program pemerintah meningkatkan hasil swasembada pangan dengan cara percepatan tambah tanam di wilayah subak kecamatan Dawan kabupaten Klungkung.

Percepatan tambah tanam padi ini terus berlangsung di jajaran Kodim 1610/Klungkung, dimana Babinsa selalu tetap menjadi pendamping petani, mulai dari pembibitan, penanaman, pemupukan dan panen. Diharapkan hasilnya akan lebih meningkat dan dapat mensejahterakan petani.(Kodim 1610/Klungkung)

Meriahkan HUT RI Ke 71 Kodim 1622/Alor menggelar lomba paduan suara

Pendam IX/Udayana
26 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Memeriahkan HUT RI ke-7, Kodim 1622/Alor menggelar lomba paduan suara tingkat SMP, SMA/SMK bertempat di lapangan Apel Makodim 1622/Alor, Kel. Kalabahi Timur, Kec. Teluk Mutiara, Kab. Alor, Rabu (24/8). Lomba paduan suara tersebut diikuti oleh sebelas sekolah yakni, enam Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan lima sekolah SMA/SMK yang ada di sekitar kota Kalabahi.

Pada kesempatan tersebut Kasdim 1622/Alor Mayor Inf Dadi Gunawan mengatakan “Kegiatan lomba dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT RI ke- 71”,. kegiatan lomba tersebut yang diikuti oleh sebelas sekolah dengan membawakan lagu wajib “Maju Tak Gentar” dan lagu pilihan yakni lagu daerah Alor “Nea dan Awayo”.

Saat penampilan dibabak pertama tampak para peserta sangat semangat dan berupaya menampilkan yang terbaik untuk bisa masuk babak final pada Kamis (25/8) dan menjadi yang juara. Dari perlombaan tersebut terpilih sebagai juara lomba paduan suara tingkat SMP, juara I diraih oleh SMPN 2 Kalabahi, juara II diperoleh SMP Kristen 1 Kalabahi, juara III diraih oleh SMPN Kenarilang.

Dan sebagai juara lomba paduan suara tingkat SMA, juara I diraih oleh SMA Khatolik St. Yosep Kalabahi, juara II diperoleh SMAN 02 Kalabahi, juara III diraih oleh SMA Kristen 1 Kalabahi. Kegiatan lomba akan dilaksanakan lagi bulan September mendatang dengan beberapa jenis yakni : cipta lagu, tarian lego-lego, baca puisi dan sepak bola. Peserta yang keluar sebagai juara I, II, III baik SMP maupun SMA akan diserahkan hadiahnya pada saat HUT TNI tanggal 5 Oktober 2016 nanti, kata Kasdim. (Kodim 1622/Alor)

Kamis, 25 Agustus 2016

Kodim 1616/Gianyar Memiliki Alat Brigade Pertanian


Pendam IX/Udayana
25 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dalam rangka menindak lanjuti program pemerintah tentang swasembada pangan, Kodim 1616/Gianyar bersama dengan dinas pertanian Kabupaten Gianyar dan instansi terkait serta petani melaksanakan rapat koordinasi percepatan tanam untuk bulan Agustus-September sebagai upaya peningkatan swasembada pangan di wilayah Gianyar.(25/8)

Rapat yang digelar di aula Makodim 1616/Gianyar dipimpin oleh Kasdim mewakili Dandim 1616/Gianyar melibatkan Kadistan Gianyar, Danramil dan Pekaseh serta menghadirkan narasumber bidang pertanian dari BBPPP Ketindan Malang yang diwakili Dadan Sunarsa, SP, M.M. merupakan media untuk saling koordinasi dan sinkronisasi antara petani dalam hal ini Pekaseh dengan pendamping pertanian yaitu Distan, Kodim 1616/Gianyar untuk mewujudkan peningkatan pola tanam di Gianyar yang pada bulan Juli s.d. Agustus 68% diharapkan menjadi 100% pada bulan September 2016.

Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf  I Wayan Suwitantra, S.IP. menyampaikan Kodim telah mendapatkan alat pertanian dari pusat yang merupakan alat brigade pertanian sehingga dapat dimanfaatkan, Kodim akan mendukung namun bagi petani khususnya pekaseh dapat aktif bekerjasama dengan seluruh bagian yang berusaha aktif memajukan pertanian.

Kadistan Gianyar Ir. I Made Raka, M.Si.  pada intinya akan berterimakasih atas kerjasama dengan  pihak Kodim 1616/Gianyar selain itu  berupaya berkoordinasi dengan pihak terkait dalam mengupayakan perbaikan yang terkait pertanian terutama irigasi agar program peningkatan swasembada pangan dapat terwujud khususnya di wilayah Gianyar.

Membasmi Dan Membersihkan Narkoba, Anggota Kodim Bangli Tes Urine

Pendam IX/Udayana
25 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Komando Distrik Militer 1626/Bangli menggelar tes urine terhadap anggota Militer/PNS, "Jumlah Anggota yang di periksa urine ada puluhan orang anggota Militer dan PNS Kodim 1626/Bangli beserta Koramil Jajaran. Pelaksanaannya saat Apel pagi dan dilokasi pengambilan urine dijaga sama Provost," ungkap Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf Agus Wahyudi Irianto. Menurutnya, giat pemeriksaan urine bagi anggota Kodim adalah upaya untuk mencegah, mencari, membasmi dan membersihkan lingkungan TNI AD, khususnya Kodim 1626/Bangli dari narkoba. Kamis (25/8) di Makodim Bangli.

Kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dilaksanakan dalam rangka mencegah keterlibatan anggota Kodim 1626/Bangli (Militer/PNS) dengan Narkoba, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 1626/Bangli Letkol Inf Agus Wahyudi Irianto, didampingi oleh Kasdim 1626/Bangli Mayor Inf Panca Rahardi,  Pasiinteldim 1626/Bangli Kapten Inf I Made Yudha Kencana. "Kalau ada anggota Kodim Bangli yang kedapatan memakai narkoba, Pimpinan TNI AD tidak segan memecat secara tidak hormat. Karena, ini sudah jadi atensi dari pusat dan harus dilaksanakan di daerah," Tuturnya. Dandim Bangli berencana, akan menggelar tes urine dadakan secara berkesinambungan, supaya tidak ada anggota Kodim yang berani mencuri kesempatan untuk  mencoba barang haram tersebut.

Seperti diketahui, keseriusan Pimpinan TNI dalam memberantas Narkoba dilingkungannya, dengan memberikan sanksi tegas berupa pemecatan sebagai anggota berseragam loreng menanti di depan mata. "Kami meminta dukungan dari masyarakat jika kedapatan anggota TNI ada yang menggunakan narkoba agar segera laporkan kepada saya," pungkasnya.

Dandim 1622/Alor Prihatin Zaman Sekarang Generasi Muda Sedikit Ingin Jadi Petani

Pendam IX/Udayana
25 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Rapat teknis pembahasan luas lahan tambah tanam dihadiri oleh Staf Ahli Kementerian Pertanian RI Ani Mufidah, Dandim 1622/Alor Letkol Inf Achmad Marzuki, Kadistan dan TPH Kab. Alor Ir.Yustus Dopong Bora, pejabat teknis bidang pertanian lainnya, bertempat di Hotel Kenari Kalabahi-Alor, Rabu (24/8) siang. 

Dalam menyampaikan arahannya kepada Matri Tani, PPL serta para Babinsa, Ani Mufidah yang juga sebagai pejabat Upsus wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengatakan, kita harus pandai memanfaatkan kesempatan walaupun curah hujan tahun ini kurang. Kita harus dorong para petani untuk segera menyelesaikan musim tanam April-September tahun ini dengan memperluas lahan tanam. “Kalau petani punya lahan 1 Ha ya harus ditanam semuanya, jangan hanya setengah”, tugas kita untuk mendorong petani. Kita pasti bisa dengan adanya dukungan dan keterlibatan TNI khususnya Kodim 1622/Alor pada program UPSUS dalam menggerakkan pertanaman padi di Kabupaten Alor, harap Ibu Ani. Upaya pemerintah untuk meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian baru, misalnya membuka hutan dan semak belukar, daerah sekitar rawa-rawa, dan daerah pertanian yang belum dimanfaatkan, dan masih ada cara lain, “Dengan cara perluasan lahan tanam bisa pengaruhi hasil panen, kita bisa capai swasembada pangan”, katanya.

Dandim 1622/Alor Letkol Inf Achmad Marzuki mengatakan, dirinya juga merasa prihatin karena pada zaman sekarang hanya sedikit generasi muda yang punya keinginan menjadi petani. Saya pernah tanya beberapa anak muda (Mahasiswa) dalam sebuah acara. “Siapa yang mau jadi petani”. Hanya beberapa orang yang angkat tangan, Semuanya ingin jadi Pegawai Negeri Sipil. Mereka tidak mau kalau tangan mereka kotor, ini sangat disayangkan, ungkap Marzuki. Padahal, sektor pertanian, menurut Marzuki, merupakan salah satu sektor yang diinginkan dan menjanjikan juga, jelasnya. (Kodim 1622/Alor)

Rabu, 24 Agustus 2016

Pangdam IX/Udayana: ”Cintailah rakyat maka niscaya kekuatan rakyat akan mendukung satuan kalian”


Pendam IX/Udayana
24 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko M.D.A sebagai irup pada Upacara Peresmian Nama Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama dan Serah Terima Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Jabatan Danyonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama dari Letkol Inf Benny Rahadian, S.E., kepada Mayor Inf Handoko Yudho Wibowo Rabu (24/8/2016) di Lapangan Mako Yonif 900 Raider/SBW Singaraja.

Mengawali amanatnya Pangdam menyampaikan serah terima jabatan di lingkungan Kodam IX/Udayana merupakan bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran, selaras dengan tuntutan kebutuhan organisasi. Di samping itu, alih jabatan dan penugasan merupakan momentum bagi para Perwira untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan wawasan manajerial, serta profesionalitas keprajuritan. 

Selanjutnya Pangdam menyampaikan bahwa Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama merupakan Batalyon yang berkedudukan langsung di bawah Pangdam IX/Udayana. Satuan ini mengemban tugas pokok melaksanakan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang, serta tugas-tugas kewilayahan maupun tugas khusus yang diberikan sesuai petunjuk Pangdam IX/Udayana. Pelaksanaan tugas yang diemban Yonif Raider 900/SBW tersebut mempu-nyai peran penting dalam rangka mem-bantu menciptakan stabilitas di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, utamanya di Bali dan Nusa Tenggara. Dalam konteks Operasi Militer Selain Perang, misalnya, Satuan ini dapat pula diberikan tugas pengamanan VVIP dan membantu Kepolisian dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Batalyon Raider 900/SBW adalah satuan di jajaran TNI AD yang harus memiliki kemampuan dan profesionalisme yang tinggi, mampu melaksanakan tugas-tugas dalam operasi khusus seperti      Raid Penghancuran dan Pembebasan Tawanan, Operasi Mobud, Operasi Lawan Gerilya dan Pertempuran Jarak Dekat dengan motto cepat, senyap dan tepat. Kesemuanya itu bukanlah slogan dan kata-kata semata, tetapi suatu kondisi yang harus dimiliki oleh Batalyon Raider 900/SBW “Tegas Pangdam”.

Mengakhiri Amanatnya Pangdam IX/Udayana mengharapkan kepada Danyonif Raider 900/SBW yang baru, hendaknya dapat terus meningkatkan semangat dan kesungguhan dalam menempa dan melatih satuannya. Pimpin dan bawa Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama menjadi Batalyon kebanggaan dan teladan, tidak saja bagi jajaran Kodam IX/Udayana, tetapi bagi TNI AD dan TNI. Pada saat yang sama, jaga dan pelihara hubungan baik dan kebersamaan dengan segenap komponen masyarakat di wilayah ini, termasuk dengan jajaran TNI lainnya, Polri, dan Pemerintah Daerah. Ingat rakyat adalah ibu kandung dan juga sumber kekuatan TNI. Jadilah selalu contoh dan pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat di lingkungan. Cintailah rakyat maka niscaya kekuatan rakyat akan mendukung satuan kalian dengan ikhlas dan penuh kesungguhan. 

Pangdam mengucapkan terima kasih dan selamat bertugas sebagai Kasiopsrem 163/WSA Kepada Letkol Inf Benny Rahadian, S.E., beserta Isteri. Dengan pengalaman dan wawasan yang telah dimiliki, mudah-mudahan Letnan Kolonel akan dapat berkarya lebih baik lagi. Selanjutnya, kepada Mayor Inf Handoko Yudho Wibowo beserta Isteri Pangdam ucapkan selamat bertugas. Lakukan upaya yang terbaik, dan hanya yang terbaik, dalam mewujudkan semua harapan tinggi yang dibebankan kepada Batalyon ini.

Hadir pada Upacara Peresmian Nama Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama dan Serah Terima Tugas, Wewenang Dan Tanggung Jawab Jabatan Danyonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama diantaranya Bupati, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten  Buleleng, Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, para Asisten Kasdam, Perwira Staf Ahli, LO AL dan LO AU serta para Dan/Ka Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana serta Ketua, Wakil Ketua beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana.

Penggunaan Mesin Tanam Padi di Kodim 1616/Gianyar

Pendam IX/Udayana
24 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1616/Gianyar bersama Dinas Pertanian Gianyar serta petani telah berupaya mendukung kegiatan program ketahanan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan swasembada pangan di kabupaten Gianyar seperti yang dilaksanakan Rabu (24/8) Anggota Kodim 1616 Gianyar bersama Distan Gianyar melakukan penanaman padi bersama di Subak Tegenungan Br. Delod Pangkung Desa Kemenuh Kec. Sukawati dan Subak Sukaluwih Br. Gentong Desa Tegallalang.

Bentuk nyata dari pelaksanaan kegiatan  ini adalah penggunaan mesin penanam padi Rice Transplanter yang merupakan teknologi bagi petani untuk membantu pola penanaman yang sebelumnya bersifat manual dimana salah satu keunggulannya dapat mempercepat waktu kegiatan penanaman dibanding secara manual hal ini dikatakan Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf  I Wayan Suwitantra, S.IP.

Secara terpisah Letkol Kav Berto SP Capah, S.Sos yang sebelumnya pernah mencoba operasional traktor merek Quick Impala menyatakan operasional Alat pertanian untuk membantu proses pendampingan pertanian harus segera dilakukan oleh jajaran guna meningkatkan hasil pertanian di Gianyar, sehingga dengan kegiatan saat ini terkait penggunaan mesin penanam padi Rice Transplanter, mengharapkan kedepan petani yang didampingi Babinsa lebih dapat memaksimalkan penanaman padi dengan memanfaatkan teknologi pertanian dalam rangka mendukung program pemerintah peningkatan swasembada pangan di kabupaten Gianyar Bali.(Kodim 1616 Gianyar)

Persit KCK Koorcab Korem 162/Wira Bhakti Gelar Bhakti Sosial

Pendam IX/Udayana
24 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I nyoman Budiarta

Dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 pada hari Selasa (23/8/2016), Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Korem 162/WB Ny. Farid Makruf beserta pengurus dan Ibu-ibu pengurus Dharma Pertiwi berkunjung melaksanakan kegiatan bhakti sosial ke SD dan SMP Pemokong Gili Beleq tepatnya di Desa Paremas Kec. Jerowaru Kab. Lotim. 

Kunjungan rombongan Ibu-Ibu ini di salah satu pulau terluar Indonesia yang ada di wilayah Lombok yaitu untuk mengunjungi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pemokong yang ada di wilayah tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan bhakti sosial. Hal ini dilakukan mengingat Sekolah satu atap SD dan SMP Pemokong ini merupakan satu-satunya Sekolah yang ada di Gili Beleq. Untuk menuju sekolah para siswa/siswi ini harus berjuang menyebrangi lautan dengan menggunakan perahu milik orang tua mereka untuk dapat bersekolah, namun jika perahunya digunakan untuk mencari ikan maka anak-anak ini akan berenang menuju sekolah. Hal tersebut tentu sangat beresiko bagi keselamatan anak-anak ini, bukan hanya kendala tranportasi saja yang dihadapi para siswa/siswi ini, namun juga alat-alat pendidikan seperti buku, alat tulis dan lainnya juga masih belum mencukupi. 

Untuk itu sebagai bentuk kepedulian dengan sesama khususnya para generasi muda ini yang dengan penuh perjuangan mencari ilmu untuk merubah masa depan mereka menjadi lebih baik, maka Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Korem 162/WB Ny. Farid Makruf dan pengurus serta Ibu pengurus Dharma Pertiwi melaksanakan kegiatan bhakti sosial ke Sekolah tersebut. Setiba di Sekolah tersebut rombongan Ibu-Ibu disambut langsung oleh para siswa/siswi dan para Guru, setelah penyampaian sambutan oleh Kasi Pers Korem 162/WB Letkol Inf Handoyo, S.H. dan Ibu Ketua Persit KCK Koorcab rem 162, 

kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan tali asih oleh Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Korem 162/WB dan pengurus Dharma Pertiwi kepada para siswa/siswi. Dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah satu atap Pemokong Bapak Ismail, S.pd. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ibu-Ibu Persit KCK Koorcab Korem 162/WB beserta seluruh rombongan atas kunjungan dan perhatiannya kepada siswa/sisiwi sekolah kami, Bapak Ismail berharap kedepan ada perhatian dari pemerintah untuk menyediakan perahu atau membuatkan jembatan yang menghubungkan Gili Ree dengan Gili Beleq sehingga anak-anak ini dapat bersekolah dengan aman. Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Korem 162/WB Ny. Farid Makruf berharap kunjungan ini dapat memberi manfaat dan motivasi bagi para Guru untuk terus bersemangat dalam mengajar dan kepada para siswa/siswi agar terus berjuang, menuntut ilmu sehingga cita-cita yang diinginkan dapat terwujud. Meskipun tali asih/bingkisan yang diberikan tidak seberapa namun jangan dilihat dari nilainya, ketulusan niat kami untuk berbagi dengan sesama dan memberi semangat kepada para Guru serta siswa/siswi untuk terus berjuang menjadi prioritas kami. Harapan kami anak-anak Gili Gede ini menjadi penerus bangsa yang dapat membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju dan menjaga NKRI agar tetap tegak berdiri.

Danramil 1603-01 Alok memberikan materi Wasbang pada Latihan Kepemimpinan Kader


Pendam IX/Udayana
24 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danramil 1603-01 Alok,kapten Inf Surikan,memberikan materi tentang,wasbang," Peran Pemuda Dalam Menghadapi Pertahanan Dan Kedaulatan Negara " pada Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) yang di selenggarakan oleh perhimpunan Mahasiswa khatolik Republik lndonesia (PMKRI) cabang Maumere,selasa ( 23/08/2016).Bertempat di Aulah Eks penitipan Anak, jln Sukarno Hatta,kelurahan Kota baru,kecamatan Alok Timur Kabupaten Sikka, 

Materi yg di sampaikan oleh Danramil sangat menarik bagi peserta,hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya peserta yang ingin mengajukan pertanyaan serta masukan dari Danramil terkait peran pemuda kedepan khususnya mahasiswa.
Sebelum mengakiri pemberian Materinya Danramil mengajak para peserta Latihan kepempinan kader( LKK ) bahwa peran pemuda sangat dibutuhkan dalam menghadapi ketahanan Nasional, dan kunci pokok dalam mewujudkan pertahanan dan kedaulatan Negara adalah Stop Konflik,Sinergitas,serta Iklas dan Fokus.

Foot Mobility Tingkatkan Sinergitas TNI Polri Di Ende


Pendam IX/Udayana
24 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Bertempat  dilapangan Mapolres Ende Jalan Pahlawan Kelurahan Potulando, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende dilaksanakan Apel Bersama Aparat TNI/POLRI di Wilayah Kabupate Ende dalam rangka Kegiatan Foot Mobility (naik ke puncak  Gunung Meja/300 mdpl), Selasa (23/08/2016)

Kegiatan yang merupakan wujud kebersamaan dan sinergitas antara dua institusi keamanan negara ini dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan dua lembaga ini antara lain, Dandim 1602/Ende Letkol Kav Suteja, S.H., Kapolres Ende AKBP Ardian Mustakim S. Ik., Kasdim 1602/Ende Mayor Inf  Yuli Tiksanto beserta Pa Staf dan Danramil,  Waka Polres Ende Kompol I Ketut Wiasa beserta Pa Staf dan Kapolsek, Danton Brimob Ende Ipda Made Yasa serta Danton Kipan C 743/Psy  Lettu Inf  M. Farid. Peserta pelaksanaan Foot Mobility itu sendiri terdiri dari personel Kodim 1602/Ende, Polres Ende, Brimob Ende, Kompi Senapan C 743/PSY, Subdenpom IX/I - I Ende dan Pos AL Ende. Dalam sambutan singkatnya Kapolres Ende mengatakan bahwa pelaksanaan Foot Mobility dimaksudkan untuk  meningkatkan sinergitas TNI Polri di wilayah Kabupaten Ende serta bertujuan untuk memupuk kebersamaan diantara kedua institusi.

Sementara Dandim  1602/Ende mengatakan bahwa kegiatan bersama saat ini adalah salah satu bukti nyata bahwa TNI - Polri yang ada di wilayah Kabupaten Ende merupakan tetap menjaga kekompakan dan solidaritas untuk mengayomi masyarakat secara bersama dan memberikan ketentraman dan TNI Polri harus dapat membangun rasa saling menghargai dan menghormati secara organisasi maupun individu sebagai langkah menuju persaudaraan serta kesatuan dalam mewujudkan keamanan di wilayah.

Pada pukul 09.15 Wita seluruh anggota memulai perjalanan  menuju  Gunung Meja melalui Kampung Arubara, Kelurahan Tetandara, Kecamatan Ende Selatan. Seluruh anggota berhasil mendaki Gunung Meja melalui jalur selatan serta mencapai puncaknya.Setelah menikmati suasana ketinggian selama satu jam,  pukul  11.45 Wita seluruh anggota kembali dari puncak Gunung Meja menuju ke Mapolres Ende. Seluruh rangkaian kegiatan Foot Mobility bersama selesai dapat berjalan aman dan tertib serta memberi kesan tersendiri di tengah-tengah kesibukan tugas kedua institusi tersebut. (Penrem 161/WS))

Selasa, 23 Agustus 2016

BABINSA KODIM 1603/SIKKA MEMBERIKAN WAWASAN KEBANGSAAN DI DESA BHERA

Pendam IX/Udayana
23 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Serda Fransiskus Ngese, Babinsa Desa Bhera, Kodim 1603/Sikka melaksanakan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan kepada 184 siswa-siswi SMP Negeri 1 Mego, Kecamatan Mego, Kabupaten Sikka, Senin (22/08/2016).

Kegiatan yang  didahului dengan pelaksanaan upacara bendera, pada kesempatan tersebut Serda Fransiskus Ngese menyampaikan kepada seluruh siswa bahwa sebagai warga negara harus tahu sejarah yang benar tentang perjuangan Bangsa Indonesia, punya rasa cinta tanah air, jiwa patriotisme, menghargai perbedaan budaya, adat istiadat termasuk menghargai perbedaan agama di Indonesia, tegasnya.

Seusai upacara bendera kegiatan dilanjutkan dengan pemeberian materi peraturan baris berbaris atau PBB, peraturan penghormatan, tata upacara bendera serta pemberian materi wawasan kebangsaan.

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan ini adalah merupakan implementasi program Serbuan Teritorial Nusa Tenggara Timur Merah Putih yang akan berlangsung sampai dengan akhir bulan Agustus ini dimana kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada warga negara dalam hal ini para generasi muda tentang wawasan kebangsaan, membentuk mereka menjadi manusia yang berkarakter, memiliki rasa cinta tanah air serta memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Kunjungan Kehormatan ATHAN/ATAD Negara Sahabat Di Makodam IX/Udayana

Pendam IX/Udayana
23 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko M.D.A menerima kunjungan kehormatan Athan/ATAD Negara sahabat akreditasi Indonesia Selasa (23/8) di Ruang Erlangga Makodam IX/Udayana.


Kunjungan kehormatan Athan/ATAD Negara sahabat akreditasi Indonesia di terima langsung oleh Pangdam IX/Udayana di damping Kasdam IX/Udayana beserta para Asisten dan Kabalak Kodam IX/Udayana di Makodam IX/Udayana. Mengawali sambutannya Pangdam menyampaikan selamat datang kepada seluruh rombongan Delegasi di Kodam IX/Udayana, dan mengharap kegiatan seperti ini di samping sebagai sarana silaturahmi juga dapat dijadikan wahana pertukaran informasi  atas dasar persahabatan dan saling menghormati. Selanjutnya Pangdam memperkenalkan para pejabat Kodam IX/Udayana.

Pangdam IX/Udayana pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Implementasi tugas pokok Kodam IX/Udayana sebagai penjabaran tugas TNI Angkatan Darat yaitu melaksanakan tugas TNI Matra Darat bidang pertahanan dalam Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), menjaga keamanan wilayah perbatasan darat Indonesia dengan RDTL dan pulau-pulau terluar, melaksanakan pembangunan dan pengembangan pembinaan kekuatan Matra Darat dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Dalam melaksanakan tugas pokok, Kodam IX/Udayana mengemban fungsi selaku Komando Utama Operasi (Kotama Ops) dan Komando Utama Pembinaan (Kotama Bin). Kedua fungsi yang diemban Kodam IX/Udayana dilaksanakan secara sinergis dan terpadu dalam rangka membantu menciptakan stabilitas keamanan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Mengakhiri sambutannya Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa Wilayah Kodam IX/Udayana yaitu Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur menjadi destinasi wisatawan domestik maupun manca negara. Khususnya Bali, memiliki keindahan tempat-tempat wisata dan uniknya adat budaya yang dimiliki masyarakat Bali maka menjadikan Bali sebagai primadona bagi wisatawan.

Untuk itu Pangdam berharap agar di sela-sela kunjungan kehormatan kali ini rombongan Atase dapat meluangkan waktu untuk menikmati keindahan alam Pulau  Bali yang terkenal elok dan mempunyai keunikan tersendiri.

Hadir pada acara kunjungan kehormatan Athan/ATAD Negara sahabat akreditasi Indonesia di Makodam IX/Udayana diantaranya Perwakilan Athan/Atad Negara Sahabat Akreditasi Indonesia Sr Col Lu Dali dan Col Adrian Campbell , Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Pendamping Athan Kolonel Kav Steverly C. Parengkuan, Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, para Asisten Kasdam, Pa Staf Ahli, LO AL dan LO AU beserta para Dan/ Kabalak Satuan Jajaran Kodam IX/ Udayana. Acara diakhiri dengan foto bersama.

Kehadiran Babinsa Ditengah tengah Kodisi Pendidikan Di Pedalaman Mademang


Pendam IX/Udayana
23 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kondisi pendidikan di pedalaman Mademang Desa Langkuru, Kec. Pureman, Kab. Alor, seperti yang didatangi oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 1622/Alor Serka. Deker M. Nafi melaksanakan kegiatan Serbuan Teritorial (Serter) Nusa Tenggara Timur Merah Putih, Senin (22/08).

Melalui kegiatan Serter Nusa Tenggara Timur Merah Putih di SMA Negeri Mademang disana kami mendapatkan banyak hal dari para guru yang selalu setia melaksanakan tugasnya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa, juga dapat berinteraksi dengan Siswa-siswi. Kepada Siswa-siswi, Babinsa Kodim 1622/Alor Serma Deker sampaikan bahwa, kedatangan mereka kesini selain untuk bisa mengetahui dan lebih dekat dengan masyarakat di daerah-daerah pedalaman dan terpencil, tetapi kami ingin membangkitkan kembali semangat dan rasa cinta tanah air melalui materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Juga disampaikan Babinsa Deker, memang dilihat dari kondisi bangunan yang beratapkan rumput alang-alang, bertembok anyaman bambu yang berlataikan tanah, seolah tidak ada harapan bagi para guru serta Siswa-siswi untuk melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik. “Anak-anak tidak boleh patah semangat untuk belajar, harus semangat belajar”, cetus Serka Deker. Serka Deker Berharap anak-anak bisa melihat kondisi bangunan tempat belajar walau masih jauh dari harapan akan tetapi itu juga merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa disini, dan pasti akan disediakan tempat belajar yang lebih baik. “Anak-anak yang beta temui disekolah sonde ada rasa minder dan rendah diri, mereka ceria juga senang dengan kehadiran Babinsa untuk sampaikan materi wawasan kebangsaan”, ungkap Serka Deker.

Kepala Sekolah (Kepsek) juga dalam sambutannya mengatakan bahwa, kita semua tentu sepakat bahwa pendidikan merupakan salah satu pilar keberhasilan Negeri yang kita diami, dimana karakter manusia bisa dibentuk secarah utuh. Melalui lembaga pendidikan, masa depan bangsa dan kepemimpinan akan diestafetkan kepada para calon pemimpin bangsa ini, ditempa dan diasah agar kelak bisa menjadi pemimpin yang disiplin, tangguh dan mengabdikan diri kepada masyarakat. “Keberhasilan suatu Negara tidak hanya ditentukan oleh perkembangan ekonomi maupun politiknya, tetapi keberhasilan suatu Negara dapat ditentukan juga oleh tingkat perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dalam hal ini perkembangan dunia pendidikan”, ungkap Kepsek.

Sebagai Kepsek dirinya mewakili semua rekan guru dan siswa menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1622/Alor melalui Babinsa yang sudah bersedia memberikan materi kepada siswa-siswi disini. “Kegiatan seperti ini sangat bagus, kalau bisa Kodim buat juga disekolah-sekolah yang lain”, harap Kepala Sekolah. Mengenai gedung sekolah sementara sedang dibangun namun belum rampung, jadi sementara ini yang kami pakai. “Kan wilayah perbatasan itu beranda depan, bukan halaman belakang”, cetusnya.

Senin, 22 Agustus 2016

Memeriahkan Hut RI Ke 71 Danrem 161 Wira Sakti Gelar Turnamen Futsal

Pendam IX/Udayana
22 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dua puluh Tim mengikuti Turnamen  Futsal Wira Sakti yang akan memperebutkan Piala Danrem 161/Wira Sakti, yang diselenggarakan di Lapangan Futsal Wira Sakti, Asrama Tentara Nasional Indonesia  Angkatan Darat Kuanino, Kecamatan Kota Raja Kupang, Jumat (19/08/2016).

Open tournament ini akan dilaksanakan selama sepekan dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 24 Agustus 2016 dibuka secara resmi oleh Kasrem 161/Wira Sakti, Kolonel Infanteri Gregorius Suharso mewakili Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M.

Dalam sambutan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Heri Wiranto, S.E.,M.M., yang dibacakan Kasrem mengatakan open tournamen ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hut RI Ke 71 yang sekaligus merupakan sarana untuk silahturahmi mempererat rasa kekeluargaan dan keakraban di antara seluruh peserta yang akan bertanding serta sebagai moment penting guna menggugah semangat berolahraga dengan penuh sportifitas.

Menurut Danrem kegiatan ini juga merupakan event untuk mencari bibit-bibit berbakat dan berpotensi dari para peserta untuk kemudian diharapkan mampu menjadi atlet dan tim futsal yang handal yang dapat dibina lebih lanjut untuk menghadapi event-event pertandingan yang lebih tinggi.

Lebih lanjut dikatakan dalam memeriahkan peringatan Hut RI Ke 71, Korem 161/Wira Sakti sengaja memilih olahraga Futsal untuk dipertandingkan dengan pertimbangan jenis olahraga ini sangat digemari oleh kalangan anak-anak muda serta banyaknya club-club futsal potensial yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya. Untuk itu Korem 161/Wira Sakti berusaha mewadahi  dengan menyelenggarakan pertandingan yang bertepatan juga dengan peringatan Hut RI Ke 71 yang perlu kita meriahkan dengan kegiatan-kegiatan positif, menghibur dan enak ditonton.

Di akhir sambutannya Danrem berpesan kepada seluruh atlet dan tim peserta pertandingan untuk dapat menunjukkan kemampuan dan skill yang kalian miliki dengan semaksimal  mungkin, untuk meraih prestasi namun tetap mematuhi segala aturan yang telah ditentukan serta menghargai setiap keputusan wasit dan pengawas pertandingan. Secara khusus kepada panitia penyelenggara, wasit dan tim official yang memegang kendali untuk suksesnya kegiatan ini serta berharap dapat menyelenggarakan pertandingan ini dengan sebaik-baiknya serta mampu memberikan keputusan secara obyektif dan adil.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara, Kajasrem 161/Wira Sakti, Kapten Inf Sudirman ketika dikonfirmasi menjelaskan ke dua puluh tim futsal yang ikut dalam tournament ini semuanya berasal dari club-club futsal Kota Kupang. Mereka akan memperebutkan Piala Danrem 161/Wira Sakti, uang pembinaan dan juga piagam penghargaan. Peserta begitu antusias menyambut kegiatan ini yang juga dengan penyiapan yang singkat serta berharap tournament ini dapat berjalan lancar dan sukses serta semakin meningkatkan kebersamaan dan persahabatan antara TNI AD dan rakyat.

Minggu, 21 Agustus 2016

Prada I Made Budi Darmawan Sumbangkan Perunggu Pada Kejurnas Karate Piala Panglima TNI


Pendam IX/Udayana
21 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kejurnas Karate Piala Panglima TNI ke-IV tahun 2016, yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 19 s.d 21 Agustus 2016, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, yang diikuti oleh Peserta TNI (94 Kontingen), Peserta Umum (28 Perguruan Forki dan 33 Pengprov Forki), telah di buka secara resmi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Di hari kedua Sabtu (20/8) duta Kodam IX/Udayana berhasil merebut medali perunggu kelas 60 kg senior putra, dalam ajang kejuaraan nasional Karate Piala Panglima TNI atas nama Prada I Made Budi Darmawan.

Kejurnas Karate tahun ini lebih meningkat dari tahun lalu. Peminat pada pertandingan kali ini sangat lebih pesat, karena masuk dalam agenda Forki tahunan. TNI juga menyiapkan hadiah untuk Juara Umum TNI, Juara Umum Kader Under-21. Bagi peserta TNI yang meraih best of the best, baik pria maupun wanita, akan dikirim ke Pelatnas Asia Karate Federation (AKF) pada November mendatang,” kata Brigjen TNI Patut Sudarsono sebagai ketua panitia penyelenggraan Kejurnas Karate.

Kejurnas Karate tahun ini mendapat apresiasi dari berbagai kalangan penonton dan pelatih. “Kejuaraan yang dilaksanakan di Mabes TNI sudah bagus, semua sarana yang ada sudah sesuai standart internasional, tetapi perlu ditambah falilitas untuk para atlet melaksanakan pemanasan,” ujar Ervin Sofiansori selaku Pengurus Besar Bekasi Karate Club (PB BKC).

Serbuan Teritorial Merah Putih Kodim 1603/Sikka Tumbuhkan Semangat Nasionalisme


Pendam IX/Udayana
21 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Dalam rangka mensukseskan program Komando Atas tentang Serbuan Teritorial maka Kodim 1603/Sikka melalui Koramil jajaran melaksanakan Pembekalan Wawasan Kebangsan Nusa Tenggara Timur Merah Putih yang merupakan program Komando Atas yang dilaksanakan selama 30 hari di wilayah kodim 1603/Sikka pada sabtu 20/08/2016.

Pembekalan Wawasan Kebangsaan yang dilakukan oleh Kodim 1603/Sikka bersama jajarannya selama 30 hari yang dimulai pada tanggal 01 sampai dengan 30 Agustus 2016 yang sudah berjalan selama ini kata Dandim 1603/Sikka (Letkol Inf Abdullah Jamali, S.I.P) merupakan perintah dari Pimpinan Atas untuk dijalankan dengan tujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air dan bangsa dengan sasaran pelajar SMA, SMP dan SD yang ada di Wilayah Kabupaten Sikka.

Dalam kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan Nusa Tenggara Timur Merah Putih yang disampaikan oleh pemberi materi dari Kodim 1603/Sikka dan jajarannya kepada SMA, SMP dan SD yang ada di Wilayah Kabupaten Sikka para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Jumat, 19 Agustus 2016

Ibu-ibu persit Kodim TTU dikenalkan tentang bahaya Narkoba


Pendam IX/Udayana
19 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Peredaran Narkoba yang terus merambah hingga ibu-ibu rumah tangga bahkan anak-anak menjadi ancaman bagi ibu-ibu Persit Kodim Timor Tengah Utara, NTT, untuk itu, perlu dikenalkan tentang bahaya Narkoba agar dihindari sejak dini. Salah satu bentuknya adalah melakukan sosialisasi terhadap ibu persit Kodim 1618 TTU dan Koramil jajaran yang berada di wilayah Perbatasan Indonesia dengan Timor Leste Jumat (19/8) di Aula Kodim 1618 TTU.

Sosialisasi bahaya narkoba itu dilakukan oleh Pasi Intel Kodim 1618 TTU, Kapten Inf Hendry Dunant, , sejak pukul 09.00 hingga pukul 12.00 wita, Jumat,. "Kita lakukan sosialisasi kepada ibu persit ini agar mereka mengetahui sejauh mana dampak atau bahaya narkoba, selain itu bisa mengingatkan kepada suami maupun anak-anak agar tidak mencoba atau menggunakan obat terlarang itu,"Ucap Hendry di sela-sela kegiatan itu.

Sementara itu, ketua Persit cabang XIX Kodim 1618 TTU Ibu Yudi Gumilar usai kegiatan itu menyatakan sosialisasi itu sangat bermanfaat, sebab mereka bisa mengetahui jenis jenis serta gejala dan pengaruh narkoba.

Dikatakannya, selain itu, penyuluhan ini amat sangat bermanfaat untuk lebih waspada terhadap obat obat terlarang, semoga kedepan bisa terus dilakukan agar para istri terus waspada, terutama mengontrol anak-anak maupun suami sekaligus mengontrol diri sendiri. "sosialisasi ini penting agar kami saling mengingatkan, diantara rekan-rekan sejawat, anggota, dalam hal ini menyangkut narkoba, untuk kedepan menghindari hal yang tidak diinginkan,"Ucap Ketua Persit Cabang XIX Kodim 1618 TTU. (Penrem 161/WS)


Peserta Penataran Babinsa Di Bekali Tehnik Tanam Padi

Pendam IX/Udayana
19 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danramil  1619-08/Penebel  Kapten Inf Eko Bhakti  bersama Wadan Sattar Babinsa Tersebar Rindam IX/Udayana Mayor Inf Firma beserta 50 orang peserta tar babinsa Tersebar Kodam IX/Udayana di dampingi Pasi Ops Kapten Inf Anton, melaksanakan penanaman padi dan pembersihan saluran irigasi di subak Tegal Linggah Desa Tegal Linggah Kecamatan Penebel untuk membantu para petani guna kelancaran air untuk mengaliri sawah yang akan ditanam.

Wadan Sattar Banisa Tersebar mengatakan Pemberian materi ini untuk meningkatkan pendampingan para babinsa bisa membantu petani di wilayah binaannya masing-masing  untuk tercapainya Swapada Pangan Khususnya Bali pada umumnya Indonesia. Danramil 08 penebel mengatakan wilayah untuk pertania di penebel sangat luas apalagi wilayah penebel untuk air cukup karena letaknya di hulu.

Penanaman padi seluas 10 Are, dengan sistem jajar legowo dan pembersihan saluran irigasi sepanjang 50 meter, kelian subak/pekaseh mengucapakan terima kasih karena telah di bantu oleh TNI. Kegiatan selesai pukul 12.00 Wita.(Kodim 1619 Tabanan)

Satgas Pamtas RI-RDTL Menyatu Bangun Kawasan Perbatasan Malaka


Pendam IX/Udayana
19 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 321/ Galuh GB/Kostrad komit menjaga kedaulatan NKRI di wilayah perbatasan. Satgas Pamtas juga tetap membangun kerja sama dengan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Malaka untuk bersama membangun kawasan perbatasan melalui berbagai kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan bersama. Hal itu untuk menciptakan hubungan baik dengan pemerintah dan masyarakat guna membangun dan memajukan kawasan perbatasan negara. Komandan Pos Fatuha Satgas Pamtas RI RDTL Yonif Raider 321/ GT/ Kostrad, Letnan Dua Inf, Ilham Panji Akbar kepada wartawan usai upacara pengibaran Bendera Merah Putih memperingati Perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Betun, Rabu (17/8/2016).

Dikemukakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka karena telah melibatkan Satgas Pamtas RI-RDTL dalam acara pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini di Malaka. “Tahun ini kita libatkan pasukan 1 pleton sebanyak 31 orang, dua orang pengawal bendera pusaka dan saya sendiri sebagai komandan upacara menaikkan bendera pada perayaan HUT Kemerdekaan RI di Betun. Kita terlibat dalam beberapa kegiatan untuk mensukseskan Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Malaka. Kita juga terlibat dalam melatih dan mendampingi siswa dalam persiapan dan pelaksanaan lomba gerak jalan ditingkat Kabupaten Malaka, berpartisipasi dalam dewan juri dan pengamanan lomba gerak jalan,” ungkapnya.

Dikemukakan, dirinya sangat tertarik dengan apa yang sudah dijalankan pemerintah daerah karena bisa memfasilitasi masyarakat memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Masyarakat sangat proaktif mengikuti semua kegiatan dengan baik sampai tuntas. Satgas Pamtas juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan sehingga bisa menyatu dengan warga perbatasan. “Kita dari Satgas Pamtas sangat responsif karena secara tidak langsung akan berpengaruh bagi hubungan kita dengan semua elemen masyarakat saat bertugas di lapangan. Kita membangun kerja sama dengan berbagai stake holder. Ada interaksi yang positif dengan masyarakat sehingga tercipta saling pengertian yang baik dan hal itu sangat positif guna menambah keakraban, kerja sama serta saling pengertian untuk menjaga kedaulatan negara di wilayah perbatasan.

Kamis, 18 Agustus 2016

Satgas Pamtas RI-RDTL Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Delomil


Pendam IX/Udayana
18 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 641/Beruang bersama ratusan warga perbatasan melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 71 di bukit Hatu Rai Desa Delomil, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan antara negara Indonesia dan Timor Leste.

Hadir dalam upacara tersebut, tokoh adat, tokoh masyarakat, Camat lamaknen, Kades Delomil, Forum pemuda pelopor pembangunan perbatasan, para Legiun veteran Kecamatan Lamaknen, Polsek Lamaknen dan warga setempat sekira 500 orang.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru, Letkol (Inf) Wisnu Herlambang bertindak selaku inspektur upacara alam amanatnya menyampaikan rasa bangga karena begitu besar rasa cinta tanah dan jiwa nasionalisme dalam diri warga di daerah perbatasan, sehingga hari ini kita bisa laksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan ke-71 RI. Dikatakan, dirinya sungguh terharu dengan kegiatan tersebut karena semua masyarakat perbatasan sangat antusias sekali dalam kegiatan upacara bendera memperingati hari proklamasi kemerdekaan di bukit hatu rai yang di kenal sangat sakral. “Jasa para pahlawan dalam memperjuangkan dan merebut kemerdekaan negara kita sangat besar. Oleh karena itu mari kita semua bersama-sama melanjutkan perjuangan para pendahulu,” Pesannya. 

Momentum peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan RI ke 71 ini harus dijadikan pemicu semangat dalam bekerja bagi seluruh komponen baik TNI, Polri, Pemerintah dan Masyarakat Pemerintah, agar bendera merah putih tetap berkibar di perbatasan Belu yang merupakan beranda terdepan NKRI. “NKRI harga mati, saya ajak kita semua untuk mengabdi menjaga kedaulatan dan keutuhan negara Indonesia di perbatasan Belu dan Timor Leste ini sehingga merah putih tetap berkibar,” Tegasnya. Usai upacara, dilanjutkan dengan penandatanganan cagar budaya yaitu, Prasasti sumpah darah antara dua kerajaan Timor Leste dengan Indonesia, tidak ada lagi perpecahan antara kerajaan Timor Leste dengan kerajaan Indonesia melainkan untuk perdamaian. (Penrem 161/WS)

“NTB Merah Putih” Menggugah Semangat Pemuda


Pendam IX/Udayana
18 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Danrem 162/WB Kolonel Inf Farid Makruf memberikan ceramah wawasan kebangsaan kepada para santri di Pondok Pesantren Qamarul Huda Bagu, Lombok Tengah kemarin (15/8).

Danrem 162/WB Kol Inf Farid Makruf menggelar program NTB Merah Putih di Pondok Pesantren Qamarul Huda Bagu, Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendongkrak semangat pemuda untuk lebih mencintai bangsa. Danrem mengatakan, momen NTB merah putih ini sangat cocok dengan peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-71. Untuk itu, ini saatnya membangkitkan semangat para pemuda untuk memajukan bangsa. “Jadikan hari kemerdekaan ini untuk mengubah semangat dengan berjuang memajukan bangsa,” tegasnya. 

Menurutnya kegitan yang sudah dilaksanakn sejak 1 Agustus lalu itu mendapat reaksi positif dari pemuda NTB. “Semua anggota turun hingga ke pelosok untuk menggelorakan program tersebut,” jelasnya. Danrem mengungkapkan untuk menjadikan kegiatan itu lebih khidmat, para siswa berbaris mengikuti upacara bendera. Yang diikuti oleh seluruh Siswa. Dari SD hingga SMA. “Dalam upacara itu, saya menekankan agar selalu menjaga keutuhan NKRI kepada para pemuda,” tegasnya.

Salah seorang santriwati, Baiq Nurani Khairil Hamdalah mengaku menjadi lebih semangat dan cinta kepada negara ini setelah mendengar ceramah yang disampaikan oleh Danrem. “Isinya sangat bermanfaat. Hati kami tergugah untuk kembali memberikan yang terbaik untuk bangsa,” pungkasnya. (Penrem 162/WB)

Rabu, 17 Agustus 2016

Satgas Yonif Raider 641 Kibarkan Merah Putih di Delomil Perbatasan Belu-Timor Leste

Pendam IX/Udayana
17 Agustus 2016
Editor kapten Inf I Nyoman Budiarta

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 641/Beruang bersama ratusan warga perbatasan melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 71 di bukit Hatu Rai Desa Delomil, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan antara negara Indonesia dan Timor Leste.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru, Letkol (Inf) Wisnu Herlambang bertindak selaku inspektur upacara alam amanatny menyampaikan rasa bangga karena begitu besar rasa cinta tanah dan jiwa nasionalisme dalam diri warga di daerah perbatasan, sehingga hari ini kita bisa laksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 71. Dikatakan, dirinya sungguh terharu dengan kegiatan tersebut karena semua masyarakat perbatasan sangat antusias sekali dalam kegiatan upacara bendera memperingati  hari proklamasi kemerdekaan di bukit Hatu Rai yang di kenal sangat sakral.

"Jasa para pahlawan dalam memperjuangkan dan merebut kemerdekaan negara kita sangat  besar. Oleh karena itu mari kita semua bersama-sama melanjutkan perjuangan para pendahulu," pesan Dandim.  Momentum peringatan HUT Proklamasi kemerdekaan RI ke 71 ini harus dijadikan pemicu semangat dalam bekerja bagi seluruh komponen baik TNI, Polri, Pemerintah dan  Masyarakat Pemerintah, agar bendera merah putih tetap berkibar di perbatasan Belu yang merupakan beranda terdepan NKRI.

"NKRI harga mati, Dandim ajak kita semua untuk mengabdi menjaga kedaulatan dan keutuhan negara Indonesia di perbatasan Belu dan Timor Leste ini sehingga merah putih tetap berkibar," tandas Dandim. Upacara selesai dilanjutkan dengan penandatanganan cagar budaya yaitu, Prasasti sumpah darah antara dua kerajaan Timor Leste dengan Indonesia, tidak ada lagi perpecahan antara kerajaan Timor Leste dengan kerajaan Indonesia melainkan untuk perdamaian.

Hadir dalam upacara tersebut, tokoh adat, tokoh masyarakat, Camat lamaknen, Kades Delomil, Forum pemuda pelopor pembangunan perbatasan Para Legiun veteran Kecamatan Lamaknen, Polsek Lamaknen dan warga setempat kurang 500 orang. (Penrem 161/WS)

Menyambut HUT RI Kodim 1616/Gianyar Gelar Tarik Tambang

Pendam IX/Udayana
17 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Memeriahkan kegiatan HUT RI ke 71 anggota Kodim 1616/Gianyar beserta Koramil jajaran menggelar lomba tarik tambang Selasa, (16/8) di lapangan depan Stadion Dipta Buruan Blahbatuh, Gianyar.

Lomba yang dilakukan cukup meriah dengan melibatkan personel yang antusias dalam kegiatan perlombaan yang digelar secara berkelompok/beregu terbagi menjadi 6 tim, dimana pada pelaksanaan semua tim menunjukan eksistensi untuk memenangkan pertandingan.

Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Berto SP Capah, S.Sos. menyampaikan dalam kegiatan ini tidak semata-mata mengejar hadiah dan juara namun rasa kebersamaan dalam melaksanakan kegiatan secara nyata harus diutamakan khususnya menjelang peringatan HUT RI ke-71 yang mengambil semboyan kerja nyata harus diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Kegiatan lomba tarik tambang ini sengaja dikemas dalam nuansa lokal Bali dimana semua peserta menggunakan pakaian adat selanjutnya lomba dimenangkan oleh tim  Kodim 1616/Gianyar sebagai Juara 1 disusul Juara 2 Koramil 1616-04/Blahbatuh, Juara 3 Koramil 1616-06/Tegalalang dan Juara 4 Koramil 1616-01/Gianyar. (Penrem 163/WSA)

KASAD Tekankan “Bekerja Keras dan Bekerja nyata Demi Kepentingan Masyarakat, Bangsa Dan Negara”

Pendam IX/Udayana
17 Agustus 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Stephanus Trimulyono sebagai irup pada Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 Rabu (17/8) di Lapangan Prajaraksaka Kepaon.

Kasdam IX/Udayana sebagai irup pada kesempatan tersebut membacakan amanat tertulisnya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Kasad menyampaikan bahwa melalui peringatan kemerdekaan Negara kita yang ke-71, marilah hendaknya kita mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu kita, yang telah mengorbankan jiwa dan raga, berjuang merebut, menegakkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik lndonesia. Kasad berharap semoga momentum ini dapat meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kita kepada Tanah Air tercinta. Walaupun secara formal kita telah menjadi Negara yang berdaulat penuh sejak kemerdekaan diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, namun secara nyata, kita belum sepenuhnya merasakan kedaulatan itu diberbagai bidang. Kita juga belum mampu ,menjadi Bangsa yang mandiri, 4 karena masih banyak kebutuhan dasar masyarakat yang pemenuhannya harus bergantung pada impor dari Negara lain, yang pada akhirnya berpengaruh pada semakin memudarnya kepribadian kita sebagai Bangsa. Secara ideologis, berbagai upaya kemunculan kembali paham komunis serta radikalisme berbasiskan agarna yang terjadi diberbagai wilayah tanah air, menunjukkan bahwa Pancasila belum seutuhnya diterima sebagai satu-satunya idelogi bangsa. Benihbenih separatisme juga belum sepenuhnya tercabut akarnya dari bumi pertiwi dan masih berpotensi mengancam kedaulatan NKRI. Narkoba masih menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup Bangsa, ditambah dengan ancaman terorisme serta radikalisme yang sewaktu-waktu dapat muncul.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan bahwa Semua persoalan itu merupakan persoalan Bangsa yang tidak hanya cukup dipikir dan diperdebatkan, melainkan membutuhkan kerja keras dan kerja yang nyata untuk mengatasinya. Tanpa kerja keras dan kerja nyata yang dilandasi oleh kekuatan komitmen untuk membangun dan menjaga kedaulatan Negara tema yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada momentum peringatan ke-71 Hari Kemerdekaan Rl, yaitu INDONESIA KERJA NYATA. Kasad juga mengajak segenap prajurit dan PNS Angkatan Darat untuk menjaga momentum tersebut, memegang komitmen untuk senantiasa bekerja keras dan bekerja nyata demi kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara. Tingkatkan sinergitas dengan komponen Bangsa lainnya yang dilandasi oleh tekad saling menghormati dan menghargai sesama aparat keamanan.

Diakhir amanat tertulisnya Kasad memberikan penekanan untuk dijadikan pedoman bagi setiap prajurit dan PNS TNIAD dalam mewujudkan tekad pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara.

Pertama, Pelihara dan tingkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai wujud nyata dari Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, sekaligus sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas. 

Kedua, Lestarikan nilai-nilai luhur perjuangan Bangsa yang diwariskan oleh para pahlawan pendahulu kita dengan senantiasa bekerja keras dan bekerja nyata demi kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara.

Ketiga, Tingkatkan terus kualitas profesionalisme keprajuritan dengan senantiasa belajar, berlatih dan bekerja keras agar mampu menjawab tuntutan tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks serta mampu mengawaki Alutsista modern yang kita miliki.

Keempat, Amalkan secara nyata nilainilai setiap butir Delapan Wajib TNI di tengah kehidupan masyarakat. Jadilah prajurit dan PNS yang santun, ramah, rendah hati dan bermartabat. Hindari sikap arogan yang hanya mau menang sendiri. 

Kelima, Minimalisir berbagai potensi konflik yang terjadi antara prajurit TNI AD dengan Polri dan masyarakat, agar capaian kinerja positif yang telah ditunjukkan selama . ini tidak tercoreng. Serta jangan terpengaruh dengan isu politik yang berpotensi membiaskan komitmen pengabdian TNI AD kepada Negara dan Bangsa.

Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 yang digelar Kodam IX/Udayana berjalan dengan tertib hikmat dan lancar, Hadir pada kegiatan tersebut Para asisten Kasdam IX/Udayana, Para Kabalak Kodam IX/Udayana serta seluruh Prajurit PNS Kodam IX/Udayana Se Garnizun Denpasar.