Senin, 13 Februari 2017

Sehari Bersama TNI (Sehati) Tumbuhkan Semangat Kebangsaan Generasi Muda

Pendam IX/Udayana
Senin, 13 Pebruari 2017

Korem 161/Wira Sakti melaksanakan kegiatan serbuan teritorial yang disebut dengan “Sehari Bersama TNI atau Sehati”, yang dilaksanakan di Markas Korem 161/Wira Sakti, Sabtu (11/02/2017)

Kegiatan yang merupakan program dari Kodam IX/Udayana melalui Staf Teritorial Kodam dilaksanakan di seluruh jajaran Korem termasuk di Korem 161/Wira Sakti yang menyasar pada generasi muda anak-anak sekolah lanjutan tingkat atas atau SLTA. Penyelenggaraan kegiatan kali ini melibatkan 218 orang peserta anak sekolah yang berasal dari tiga sekolah Sekolah Menengah Atas di wilayah Kota Kupang, antara lain SMA Negeri 3 Kupang., SMA Negeri 5 Kupang dan SMA Negeri 7 Kupang. Pelibatan generasi muda utamanya anak-anak sekolah setingkat SMA ini tidak dimaksudkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan militer, tetapi lebih mengajak mereka untuk mengenali kehidupan militer atau parajurit.

Dalam  penyelenggaraan kegiatan ini juga dikombinasikan dengan berbagai bentuk pembekalan psikologi terapan yang mudah untuk dipahami oleh setiap peserta karena dikemas dalam berbagai permainan sehingga menjadi lebih menarik, yang dipandu oleh instruktur-instruktur Bintara dan Perwira dari Korem 161/Wira Sakti dan Balak Aju.Materi lain yang juga diberikan adalah tentang wawasan kebangsaan yang dimaksudkan untuk memberikan wawasan tentang nasionalisme, patriotisme, bela negara serta menanamkan sikap cinta tanah air. Sehingga harapannya dengan kesempatan yang ada mampu menumbuhkan jiwa generasi muda yang memahami jati dirinya sebagai Bangsa Indonesia yang seutuhnya yang berbhinneka, dilandasi Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rangkaian kegiatannya sendiri diawali dengan seluruh peserta melakukan registrasi, cek kesehatan, pembagian kelompok serta penjelasan awal tentang pelaksanaan kegiatan Sehati tersebut. Selanjutnya dikenalkan tentang  senam pagi atau di kalangan militer dikenal dengab senam mulai bekerja. Apel pembukaan yang dilakukan oleh Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf. Gregorius Suharso mewakili Danrem 161/Wira Sakti. Kegiatan dilanjutkan materi Peraturan Baris Berbaris, permainan Psikologi Terapan seperti Pertempuran Naga, Spyder Web dan Ring of Life. Setelah makan siang dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Kasilog Korem 161/Wira Sakti, Letkol Inf. Albertus Dony serta dilanjutkan pemutaran film nasional inspiratif  berjudul “Jenderal Sudirman”.

Pada sore hari peserta mendapatkan pembekalan khusus dari Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E.,M.M., yang antara lain menjelaskan tentang Bangsa Indonesia yang hidup dalam kebhinnekaan yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, golongan, adat istiadat, budaya dan lain sebagainya yang dibingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila yang  membutuhkan sikap saling menghormati, menghargai dan toleransi. Danrem juga menyinggung tentang pentingnya menumbuhkan sikap disiplin sedini mungkin bagi generasi muda karena semua keberhasilan dan kesuksesan hidup diawali dengan adanya sikap disiplin. Semua pemimpin yang berhasil salah satunya karena mereka memiliki disiplin yang baik, disamping kemampuan-kemampuan lainnya. "Kalian generasi muda adalah calon-calon pemimpin yang nantinya akan menggantikan generasi saat ini,  maka siapkan diri mulai dari saat ini sehingga pada saatnya akan siap menjadi pemimpin-pemimpin bangsa ini", ungkap Danrem.

Ditambahkan juga perlunya generasi muda untuk lebih selektif dan bijak dalam menyikapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Danrem mencontohkan untuk saat ini semua sudah menggunakan sarana komunikasi seperti hand phone dan semua mengenal media sosial atau Medsos. Semua hal yang saat ini dapat memudahkan kehidupan harusnya dapat dimanfaatkan secara bijak dan positif, pesan Danrem kepada para Sahabat Sehati sebutan bagi peserta program Sehati tersebut. Sementara pada saat menutup kegiatan ini Danrem mengatakan perjalanan sehari adalah untuk mempererat ikatan persaudaraan antara peserta dengan Tentara Nasional Indonesia, dengan dilandasi niat yang tulus dan ikhlas, dalam interaksi sehari ini, kita ingin menularkan beberapa nilai-nilai yang diyakini pada saatnya akan sangat berguna bagi seluruh peserta dalam menempuh kehidupan sebagai generasi penerus bangsa, dalam profesi dan peran apapun. Generasi yang akan melanjutkan dan memperjuangkan kejayaan Indonesia yang sangat kita cintai bersama.
  
Ada kesan mendalam yang didapatkan oleh peserta pada kegiatan ini yang bagi mereka merupakan hal yang tidak dialami sebelumnya. Bagi mereka sehari tetapi penuh makna untuk mengenali kehidupan prajurit serta diberikan berbagai materi yang sangat bermanfaat, dengan harapan mereka benar-benar sehati tidak hanya kepada TNI tetapi mampu menjadi teladan bagi orang lain atau masyarakat utamanya terkait kehidupan kebangsaan yang didalamnya ada nasioanlisme, patriotisme, bela negara serta cinta tanah air. (Penrem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar