Rabu, 15 Maret 2017

Koramil Dan UPT Dawan Mengambil Sampel Hasil Panen Padi

Pendam IX/Udayana
Rabu, 15 Maret 2017

Koramil Dawan dan UPT Kecamatan Dawan mengambil sampel hasil Panen padi, Selasa (14/3) di Subak Kusamba Dawan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini merupakan cara pendugaan atau estimasi  panen yang dilakukan dengan menimbang hasil tanaman contoh pada plot panen selain itu untuk mengetahui hasil panen yang diperoleh  diambil sempel dengan sistim ubinan, cara ini sangat sederhana dan sudah populer digunakan oleh dinas Pertanian untuk memprediksi hasil panen pada periode tanam tertentu. Dengan sistim ubinan ini hasinya akan dievaluasi untuk digunakan pada masa tanam yang akan datang.

Akhir dari suatu penantian untuk mendapatkan hasil dari tanaman padi yang telah dipelihara selama 100 hari saatnya dilaksanakan panen. Koramil 1610-03/Dawan bekerja sama dengan UPT Kecamatan Dawan mengambil sampel untuk memprediksi hasil panen di Kecamatan Dawan periode tanam OKMAR tahap 2 yaitu bulan Desember-Maret dengan sistim ubinan.

Tanaman padi di Subak Kusamba Dawan dengan luas 45 Ha menggunakan benih ciherang jumlah 1.125 Kg, penggunaan pupuk urea keseluruhan 9.000 Kg dan pupuk NPK Phonska 9.000 Kg.

Sebagai contoh padi yang akan dipanen diambil pada pertengahan plot, tidak pada dua baris paling pinggir dekat pematang. Ukuran ubinan 5 m2 di tengah petakan dengan jumlah rumpun tanam dalam ubinan tergantung pada jarak tanam yang digunakan.

Hasil ubinan antara lain pertama milik Ketut Kardana dengan luas garapan 0,6 ha, jumlah petak garapan 3 petak, petak ubinan 1, Varistas Cigeulis, jumlah anakan 16,14,16,15,16, jumlah rumpun 105 batang, berat hasil ubinan 4,2 Kg, dan milik Made Putra, luas garapan 0,1 ha, jumlah petak garapan 2 petak, petak ubinan 2, Varistas Cigeulis, jumlah anakan 15,19, 20, 17, 22, jumlah rumpun 102 batang, berat hasil ubinan 6,1 Kg, berat rata-rata hasil ubinan 5,15 Kg.

Dari giat pengambilan sampel ubinan diperoleh perkiraan hasil produksi 7,2 ton/ha, hasil ini merupakan hasil yang didapat sesuai dengan rata-rata produksi yg sangat baik.

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Dawan, Kepala UPT Dawan, Babinsa kusamba, PPL kusamba, Kelian Subak Kusamba, Petugas ubinan UPT Dawan, serta warga pemilik lahan yang di ambil sampel, pada kesempatan tersebut Kepala UPT Kecamatan Dawan mengapresiasi hasil panen periode ini cukup bagus dan pendampingan yang dilaksanakan oleh Babinsa dan PPL Desa Kusamba cukup baik, sehingga perlu dipertahankan. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar