Senin, 20 Maret 2017

Muara Dari Komsos Adalah Kemanunggalan TNI-Rakyat


Pendam IX/Udayana
Senin, 20 Maret 2017

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh Prajurit TNI AD yang berdinas di satuan kewilayahan dalam rangka pembinaan teritorial (Binter) adalah kemampuan komunikasi sosial atau Komsos.

Untuk mengoptimalkan kemampuan setiap personel Korem161/Wira Sakti, dalam bidang Komsos maka Staf  Teritorial Korem melaksanakan kegiatan Komsos yang diberikan tema "Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial Prajurit Korem 161/Wira Sakti", bertempat di Aula Serbaguna Makorem.

Kegiatan yang diikuti personel Makorem dan Balak Aju Jajaran tersebut dibuka oleh Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E.,M.M., yang dalam arahannya mengatakan bahwa sasaran atau muara dari komunikasi sosial yang dilakukan oleh setiap prajurit di satuan kewilayahan adalah terwujudnya kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

"Komunikasi sosial adalah menjadi bagian dari pembinaan teritorial atau Binter yang harus dilaksanakan setiap prajurit di satuan kewilayahan", sebut Danrem.
Komsos dilakukan dengan melaksanakan komunikasi terhadap komponen masyarakat mulai dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan elemen-elemen masyarakat lainnya, papar Danrem.

Lanjut Danrem, hal ini tidak terlepas dari doktrin pertahanan yang dianut negara kita adalah Sishanta atau sistem pertahanan semesta dimana didalamnya melibatkan TNI sebagai komponen inti/utama, kemudian ada komponen cadangan yaitu sumber daya masyarakat (SDM) yang dimiliki Bangsa Indonesia yaitu seluruh komponen masyarakat. Satu lagi komponen lainnya yaitu komponen pendukung yang meliputi sumber daya alam (SDA) dan daya buatan (SDB) seperti tersedianya berbagai infrastruktur pembangunan.

Untuk terwujudnya hal tersebut salah kuncinya adalah dengan melaksanakan komunikasi sosial yang bisa dilakukan oleh semua unsur seperti intelijen, pembinaan mental, kegiatan olahraga, terlebih melalui berbagai kegiatan bidang teritorial lainnya.

Komunikasi sosial adalah suatu kiat untuk bagaimana mendekatkan diri dengan rakyat, dikenal oleh rakyat, termasuk kita Korem 161/Wira Sakti agar benar-benar bisa mencintai dan dicintai oleh rakyat khususnya di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Harapan Danrem bahwa dengan dilaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan komunikasi sosial bagi setiap prajurit adalah mampu mengaplikasikan dan mengimplementasikan dalam pergaulan kehidupan bermasyarakat.
Pembekalan yang berlangsung sehari ini diisi beberapa rangkaian materi oleh Kasi Teritorial Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Afson Ridwan Sirait, Pasi Komsos Mayor Inf Wahyu Martono dan Pasi Bhakti TNI Mayor Inf Ahmad Artono. (Penrem 161/Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar