Sabtu, 15 April 2017

Dandim 1613/Sumba Barat Pantau DanDampingi Panen Padi Di Tanabisa



Pendam IX/Udayana
Sabtu, 15 April 2017

Dandim 1613/Sumba Barat, Letkol Inf fifin Zudi Syaifuddin, bersama Kasubdivre Waikabubak, Supriyanto memantau dan mendampingi warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Marade Pare melakukan panen padi di Tanabisa, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Kota Waikabubak.

Padi milik kelompok tani itu berada di atas lahan seluas 3 hektar dari jumlah yang ditanami 25 hektar milik 20 anggota Kelompok Tani Marade Pare di Kabupaten Sumba Barat.

Dandim 1613/Sumba Barat menyampaikan bahwa TNI dalam hal ini  Kodim1613/Sumba Barat selalu setia kepada rakyat dan ikut serta untuk membantu memajukan kesejahteraan rakyat melalui bidang pertanian. Menurutnya, kehidupan masyarakat bisa berubah tergantung pada perorangan atau masyarakatnya itu sendiri.
"Tanah ladang, sawah yang luas apabila didiamkan atau dibiarkan tidak akan menghasilkan apa apa, tidak akan merubah keadaan menjadi baik melainkan sebaliknya akan menjadi buruk untuk kehidupannya. Sekarang masyarakat panen berarti sudah merubah kehidupan untuk menjadi yang lebih baik karena ada yang dihasilkan", ungkap Letkol Fifin.

Dia menambahkan agar anggota kelompok tani saat ini menyampaikan kepada temannya, petani yang belum masuk pendataan agar semua masuk ke kelompok tani karena apabila sudah masuk data kelompok tani akan ada kemudahan pada saat penggarapan lahan tentang Alsintan Saprodi akan ada perhatian dari pemerintah.
"Hasil panen tidak boleh dijual kepada tengkulak atau jangan jual secara ijon karena akan merugikan petani akan mengurangi hasil pendapatannya laporkan hasilnya ke Bulog", harapnya.

Dijelaskannya, Apabila petani membutuhkan Alsintan agar menghubungi Babinsa yang setiap hari mendampingi petani, sebab di Kodim banyak Alsintan diperuntukan untuk para petani seperti traktor, rice transplanter, mesin pompa dan eksavator untuk mengalirkan air atau buat irigasi. "Kalau ada kesulitan dalam pengambilan pupuk dan menghadapi kendala pada saat penanaman segera melaporkan kepada Babinsa agar segera dapat diatasi", pesan Dandim.

Ikut hadir dalam kegiatan pendampingan panen antara lain Pasiterdim Kapten Inf Suyono, Danramil 1613-01/Loli Kapten Inf Supriyatno, Babinsa Sertu Saidin, Kepala gudang dolog Bapak Wayan dan Kasi PP, Bapak Ngurah sedangkan kegiatan panen itu sendiri dimulai dari pukul 07.00 wita hingga selesai. (Penrem 161/Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar