Minggu, 30 April 2017

Kodim 1619/Tabanan Ikut Tanam Kedelai di Subak Gubug 2 Tempek Ureg


Pendam IX/Udayana
Minggu, 30 April 2017

Babinsa ikut mendampingi Petani dalam gerakan tanam Kedelai di Subak Gubug 2 Tempek Ureg, Desa Sudimara Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan.

Babinsa bersama pihak terkait melaksanakan gerakan khusus menanam kedele di Subak Gubug 2 Tempek Ureg. Kegatan tersebut dalam rangka peningkatan produksi Kedelai di Kab. Tabanan.

Gerakan tanam Kedelai itu dihadir Kabid TPH Kabupaten Tabanan, Kepala BP3K dan PPL Kabupaten Tabanan, Danramil 1619-01/Tabanan Kapten Inf. Yudha Wicaksono beserta 10 anggotanya. Hadir pula Bhabinkamtibmas Desa Sudimara, Bhabinkamtibmas Desa Gubug, Pekaseh, serta masyarakat Subak setempat sekitar 100 orang.

Sementara Suandra dari Distan Tabanan menyampaikan bahwa tanam Kedelai seluas 100 Ha adalah program pemerintah pusat untuk Subak Gubug 2. Bibit Kedelai yang ditanam jenis anjasmoro. Para Petani hanya membayar Rp. 3.100, dengan harga bibit sesungguhnya yang kisaran Rp. 13.000 hingga Rp. 15.000. Kekurangan dari harga yang sesungguhnya itu disubsidi pemerintah, jelas Suandra.

Kapten Yudha menambahkan, program pemerintah yang sudah disetujui para Petani, bahwa di Subak Gubug 2, dengan melalui proses panjang di Subak Gubug 2 akan ditanami kedelai seluas 100 hektar.

Kegiatan tersebut, akan terus dipantau, dan Koramil 1619-01/Tabanan mendampingi dalam proses tanam, panen, hingga penjualan. Bila hal tersebut dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan sesuai petunjuk yang diberikan PPL, maka akan mendapatkan hasil maksimal. Hasilnya pun dapat dinikmati Petani. Jangan sampai ada penyimpangan dalam hal benih maupun pupuk yang disubsidi pemerintah, tegasnya.

Begitu juga Nyoman Sumadana sebagai Koordinator BP3K Kec. Tabanan, memberikan cara dan merawat tanaman Kedelai. Dengan bibit varietas unggul anjasmoro, bila petani menanam dengan benar dan dipupuk sesuai aturan, maka akan membuahkan hasil yang maksimal, ujar Sumadana. (Kodim 1619/Tabanan)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar