Senin, 17 April 2017

Pak Yosep : “Bapak-bapak Ini Adalah Tentara Rakyat, Buktinya Mereka Dekat Dengan Kami”



Pendam IX/Udayana
Senin, 17 April 2017

Tak terasa, hampir dua minggu pelaksanaan TMMD atau Tentara Manunggal Membangun Desa ke 98 hampir tak bisa dibedakan antara warga dan TNI.
Semua mulai membaurkan diri dalam berbagai kegiatan sosial yang dinamakan TMMD di Desa Tunbes, Kecamatan Biboki Moenleu, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur.

Sejumlah warga Desa itupun tak segan-segan angkat bicara, mereka terlihat senang, sebab hampir tak ada jarak di antara mereka, apalagi personel yang terlibat dalam TMMD ini tinggal  bersama di .rumah masyarakat.

"Bapak-bapak tentara adalah tentara rakyat buktinya mereka tidak mengambil jarak dengan kami, bahkan rela bersama dengan kami dalam segala keterbatasan, makan pun apa adanya,"Tutur Yosep, warga Desa Tunbes

Ketiadaan penerangan berupa listrik pada malam tiba, membuat warga dan Satgas TMMD hanya bisa saling berdiskusi kecil mengenai situasi kampung yang kini mulai berubah.

Puluhan tahun mereka hidup di tengah keterbatasan, tiada listrik, jalan berlubang, jaringan komunkasi handpone juga tidak ada, bahkan untuk ke kota pun harus menempuh jalan puluhan kilometer dengan melintasi sungai berarus deras.

"Kami mulai bernapas lega, dengan kehadiran bapak TNI dalam program TMMD, kampung ini mulai berubah dari hari-hari sebelumnya, kami senang", ucap Yosep sambil menebar senyum.

Lokasi yang menjadi sasaran TMMD ke-98 kali ini memang sangat tepat, jalur tempuh ke lokasi yang berada hampir 100 kilomter arah timur Kota Kefamenanu itu jauh dari harapan akan kehidupan yang layak.

Mereka nyaris terisolir bila saat hujan tiba, pasalnya luapan sungai yang berarus deras membuat masyarakat tak mampu berbuat banyak selain menanti luapan banjir surut untuk bisa melintas walau bertaruh nyawa.

"Kita berharap, kegiatan  TMMD kali ini selesai tepat waktu agar masyarakat bisa menikmati hasil yang dikerjakan selama ini,"Ungkap Dandim 1618 TTU Letkol Arm. Budi Wahyono, S.H.,n, Sabtu, (15/04/2017)

Seperti diketahui,  sasaran fisik yang dibangunan pada program TMMD ke 98 adalah Pembangunan 1 unit Kapela, pembukaan jalan baru sepanjang 3.000 Meter, pembuatan drainase sepanjang 200 Meter, pembuatan tembok penahan sepanjang 200 meter x 1,5 Meter rehab Aula Desa Tunbes ukuran 15 x 7 Meter.

Sedangkan yang terlibat langsung dalam kegiatan itu adalah dari unsur Satgas TMMD, TNI AD 115 orang, TNI Angkatan Laut 5 orang, TNI Angkatan Udara 5 orang, POLRI 3 orang,  Pemerintah Kabupaten TTU 22 orang serta tenaga masyarakat setempat 100 orang. (Penrem 161/Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar