Senin, 17 April 2017

Pangdam IX/Udayana : Yang Lebih Penting Adalah Sikap Mental Dan Jati Diri Sebagai Prajurit


Pendam IX/Udayana
Senin, 17 April 2017

Rindam IX/Udayana menyelenggarakan penutupan pendidikan pertama Tamtama TNI AD Gelombang II tahap I Tahun Anggaran 2016, Senin (17/4) di Lapangan Wira Yudha Bhakti Mako Rindam IX/Udayana.

Pendidikan Pertama calon Tamtama ini dibuka pada bulan Desember 2016  kurang lebih empat  bulan lamanya para siswa  digodok, digembleng dan dibina dalam Pendidikan Pertama yang nantinya mengantarkan para siswa menuju perubahan status dari sipil menjadi TNI Angkatan Darat yang profesional, para siswa dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan baik yang berkaitan dengan penanaman disiplin, pembinaan mental, akademik, pembinaan jasmani serta pengetahuan dan keterampilan Militer Dasar.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P, M.Sc., selaku Inspektur Upacara melantik 366 orang Tamtama TNI AD gelombang I tahap II Tahun Anggaran 2017, dalam amanatnya menyampaikan kepada para siswa “Setelah dilantik menjadi Tamtama TNI Angkatan Darat tentunya status kalian mengalami peralihan yaitu dari kehidupan sipil ke dalam kehidupan militer. Peralihan status ini tidak sekedar ditempuh dengan tempaan fisik maupun akademis yang berat, tetapi yang lebih penting adalah tumbuhnya sikap, mental dan jati diri sebagai seorang Prajurit Rakyat, Prajurit Pejuang, Prajurit Nasional dan Prajurit Profesional. Perubahan sikap mental tentunya akan memerlukan penyesuaian dalam pola pikir dan pola tindak sebagai Prajurit TNI Angkatan Darat.  Pola pikir dan pola tindak setelah menjadi Prajurit TNI Angkatan Darat akan tumbuh menjadi kebanggaan pada diri kalian”.

Jadikan kebanggaan ini sebagai modal untuk memotivasi diri dalam rangka menghadapi pendidikan lanjutan yang lebih berat.  Bentuk diri kalian menjadi Prajurit TNI Angkatan Darat sesuai semboyan Dwi Warna Purwa Cendekia Wusana yaitu prajurit yang tanggap, tanggon dan trengginas dalam olah keprajuritan TNI Angkatan Darat serta menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam rangka pelaksanaan tugas menjaga tetap tegaknya kedaulatan Negara dan menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjamin keamanan dan keselamatan Bangsa Indonesia. Demikian tegas Pangdam.

Selanjutnya Pangdam juga berharap agar ilmu dan keterampilan yang telah didapat dalam mengikuti pendidikan di lembaga pendidikan Rindam IX/ Udayana ini dapat dijadikan bekal untuk menempuh pendidikan lanjutan nantinya sesuai dengan kecabangan masing-masing.

Hadir antara lain Kasdam IX/Udayana, Bigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Danrem 163/Wira Satya, Dan Rindam IX/Udayana, para Staf Ahli Kodam IX/Udayana, Pa LO-AL, LO-AU, para Asisten para Kabalak Kodam IX/Udayana, Muspida Kabupaten Tabanan dan sejumlah undangan lainya. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar