Jumat, 12 Mei 2017

Amankan Pelaku Perampokan, 3 Orang Babinsa Bantu Kepolisian


Pendam IX/Udayana
Jumat, 12 Mei 2017

Berbagai aksi kejahatan yang ada di Kab. Bima terutama kasus perampokan yang terjadi membuat masyarakat menjadi resah, selain itu kerap kali tindakan kriminal biasa tidak sedikit berakhir dengan bertikaian antar kampung seperti halnya yang terjadi antara kelompok masa dari Desa Tolouwi Kec. Monta Kab. Bima dan kelompok masa dari masa Desa laju Kec. Langgudu Kab. Bima, yang berawal dari tindak kriminal perampokan yang diindikasi dilakukan oleh beberapa pemuda yang berasal dari Desa Tolouwi melakukan perampokan terhadap watga Desa Laju.

Setelah kejadian tersebut korban yang berasal dari Desa Laju menyampaikan kepada rekan-rekanya bahwa ia telah dirampok di Desa Tolouwi oleh oknum warga yang berasal dari Desa tersebut. Hal ini membuat kedua warga Desa tersebut saling menyerang, untuk itu aparat Kepolisian menjadi sangat berhati-hati dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di di Desa tersebut.

Kepala Desa Tolouwi setelah ditelpon Kapolres yang menyampaikan mengenai nama-nama pelaku perampokan, Kamis (11/5), langsung menghubungi Babinsa Desa Tolouwi Serda Rafaid dan Babinsa Desa Tolotangga Sertu Saharullah dan Babinsa Nototera Sertu Nasrudin untuk menyampaikan permasalahan tersebut.

Sebagai aparat kewilayahan dalam membantu pemerintah daerah dan Kepolisian setempat Babinsa tidak tinggal diam, pada hari itu juga setelah melakukan koordinasi dengan aparat Desa dan tokoh masyarakat setempat ketiga Babinsa yang berasal dari Koramil 1608-07/Monta tersebut langsung mendatangi rumah para pelaku dan melakukan penangkapan terhadap tiga pemuda yang diduga sebagai pelaku perampokan terhadap warga Desa Laju.

Meskipun  tugas penangkapan tersebut bukan merupakan tugas TNI namun dalam menjaga keamanan wilayah TNI akan selalu membantu pihak kepolisian, apalagi mengingat di wilayah tersebut  kerap kali terjadi konflik dikarenakan hal-hal kecil. Untuk itu perlu adanya kerjasama semua pihak dalam menjaga keamanan wilayah, setelah melakukan koordinasi ketiga Babinsa tersebut melakukan pendekatan dengan warga setempat secara persuasif dan selanjutnya mengamankan ketiga pemuda tersebut dari dari tempat tinggalnya masing-masing, untuk selanjutnya  diserahkan kepada pihak Kepolisian (Polres Kab. Bima).

Dengan adanya peristiwa ini diharapkan masyarakat dapat bekerjasama dengan aparat keamanan untuk menciptakan kodisi yang kondusif diwilayah Bima, apabila wilayah kita aman maka investor dan wisatawan pasti beramai-ramai akan datang dan menanamkan modalnya. Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi masyarakat karena perekonomian masyarakat akan semakin meningkat dan kesejahteraanpun akan semakin baik, untuk itu masyarakat harus dapat berfikir jernih dalam menghadapi setiap masalah, apalagi masyakat Indonesia yang sangat terkenal dengan budaya musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan. (Penrem 162/Wira Bhakti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar