Minggu, 07 Mei 2017

Koramil 1623-06/Selat Bantu Evakuasi Warga Mendak Tirta


Pendam IX/Udayana
Minggu, 7 Mei 2017

Koramil Selat Ikut Bantu Evakuasi Warga Pingsan Di Gunung Agung Desa Sebudi Kec. Selat Kab. Karangasem, Kamis (4/5).

Angota Koramil 1623-06/Selat, ikut mengevakuasi warga yang sedang "Mendak Tirta” atau memohon tirta ke puncak Gunung Agung tepatnya di atas Pura Pasar Agung korban bernama I Gede Tamu umur 65 Tahun asal Dusun Pandan pingsan di atas Gunung Agung dan terpeleset. Rombongan sekitar 150 orang, mulai mendaki pukul 00.30 WITA, kemudian turun sekitar pukul 05.30 WITA, saya tidak tahu persis kejadianya karena korban I Gede Tamu berangkat turun duluan kata Ni Luh Ayu 35 Tahun asal Dusun Pandan, padahal korban sering mendaki ke Gunung Agung yang merupakan Gunung tertinggi di Bali.

Kakak saya sudah sering melakukan pendakian sampai ke puncak Gunung Agung kata Adik kandung korban Made Merta, 47 Tahun. Pada kejadian itu, ratusan warga dari Dusun Pikat Desa Ababi Kec. Abang Karangasem mendaki ke puncak Gunung Agung untuk prosesi ngaturang “pekelem” dan “Ngelungsur Tirta” dalam rangkaian Upacara Karya Nubung Pedagingan Di Pura Pemaksan Pandan, namun naas salah satu pengiring terpeleset dan terplanting hingga tak sadarkan diri.

Sekitar pukul 14.00 WUTA team evakuasi berhasil membawa korban I Gede Tamu turun hingga di terminal Pura Pasar Agung yang sudah di tunggu oleh tim dari Puskesmas Selat. Korban langsung dilarikan ke Puskesmas Selat.“saat ditemukan korban dalam keadaan sadar tetapi sempat tidak sadar juga, banyak kendala saat melaksanakan efakuasi seperti kabut, jalan sangat licin karena sempat turun hujan, untuk efakuasi berjalan selama 2 setengah jam.

Mendapat informasi kejadian tersebut dari Babinsa Sebudi Serma I Kadek Carma Utama, Danramil 1623-06/Selat Kapten Inf I Wayan Mustika yang saat itu sedang melaksanakan Piket Kodim dan sudah dilaporkan ke Dandim 1623/Karangasem yang sedang melaksanakan Upacara Penutupan TMMD ke-98 di Desa Ban. (Kodim1623 Karangasem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar