Rabu, 17 Mei 2017

Menjaga Kesehatan Prajurit Dan ASN, Korem 161/WS Gelar Rikkes Berkala

Pendam IX/Udayana
Rabu, 17 Mei 2017

Personel militer dan aparatur sipil negara (ASN) jajaran Korem 161/Wira Sakti di wilayah Garnisun Kupang melaksanakan pemeriksaan kesehatan atau Rikkes berkala yang dikoordinir oleh Detasemen Keaehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.01 Kupang, bertempat di Aula Serbaguna Makorem 161/Wira Sakti, Rabu pagi (17/05/17).

Pemeriksaan keaehatan ini merupakan program dari TNI AD yang wajib diperuntukan bagi seluruh personel baik militer maupun sipil. Waktu pelaksanaan di Tahun Anggaran 2017 adalah setiap tri wulan secara bergiliran satuan-satuan melakukan Rikkes sehingga akhirnya seluruhnya akan tercover atau mendapatkannya.

Seperti apa yang dijelaskan oleh Wadan Denkesyah 09.04.01 Kupang, Mayor Ckm I Ketut Sukresno saat di konfirmasi di lokasi kegiatan mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan berkala bertujuan untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan prajurit dan ASN. Sehingga akan diketahui apa ada terindikasi sakit atau keluhan. Bila ada jenis penyakit yang ditemukan atau keluhan maka akan ada saran rujukan untuk berobat dengan mengikuti saran dokter yang menangani.

Lebih dari itu yang utama dari Rikkes ini adalah sebagai tindakan preventif atau pencegahan terhadap hal-hal yang mengganggu kondisi kesehatan secara perorangan. Jika setiap orang ada pada kondisi sehat maka akan sangat mendukung kinerjanya. Menurutnya, yang diperiksakan pada pemeriksaan kesehatan kali ini meliputi fisik yang terkait pada mata, telinga, gigi dan mulut, varises, hemoroid, parikokel, EKG, foto torax dan USG. Pengecekan laboratoriun dilakukan terhadap darah dan air kecing, sebutnya.

Harapan dari kegiatan ini adalah sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi terhadap segala kemungkinan penyakit atau keluhan yang dialami para anggota. Kondisi kita bisa dijaga tetap sehat dan bugar tentunya melalui keseimbangan dalam kegiatan, pola makan yang teratur, istirahat yang cukup serta jangan lupa berolahraga, ungkap Mayor Ckm Ketut.(Korem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar