Senin, 08 Mei 2017

“Prokasih”, Bulan Bakti Gotong Royong Koramil 1623-05/Manggis


Pendam IX/Udayana
Senin, 08 Mei 2017

Program Kali Bersih atau sering disebut dengan Prokasih merupakan program kegiatan rutin yang diselenggarakan kali ini dalam rangka Bulan Bakti Gotong Royong Koramil 1623-05/Manggis, Minggu (7/5) di Desa Nyuh Tebel Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem.

Komandan Koramil 1623-05/Manggis Kapten Inf Bambang Edi Yuluanto bertempat di Desa Nyuh Tebel Kecamatan Manggis menyelenggarakan Bulan Bakti Gotong royong Kali Bersih (PROKASIH). Sebelum pelaksaan Prokasih dimulai terlebih dahulu Sambutan dari Kepala Desa Nyuh Tebel.

Dalam sambutannya Perbekel Nyuh Tebel meminta keperdulian lingkungan dan jangan membuang sampah di sungai. Karena mengingat musim hujan madih berlangsung dan juga sangat mengundang penyakit bila sampah-sampah dibuang di sungai. “Lebih baik dikumpulkan lalu dibakar juga sampah bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik”, tegas Perbekel Nyuh Tebel Ir. I Ketut Mudra.

Dalam kegiatan Prokasi ini pelaksanaannya dibagi sektor-sektor untuk membersikan sungai sepanjang kurang lebih 1.5 Km. Sampah plastik dan sampah yang lain jadi sasaran, Prokasih ini juga menormalisasikan aliran air yang terdapat di dalam sungai tersebut.

Tak kalah pentingnya sasaran mengangkat tanah endapan lumpur yang sangat penting. Karena sungai bisa mengakibatkan kedangkalan. Babinsa Desa Nyuh Tebel Serda I Made Tama Budi antusias dengan kegiatan ini. Karena dirasakan sungai yang ada hanya 1 sungai di wilayah Desa Nyuh Tebel tidak begitu enak dilihat karena banyak sampah yang di buang ke sungai.

Dengan Program Kali Bersih (PROKASIH) ini kedepannya masyarakat mau perduli dengan kebersihan dan tidak buang sampah sembarangan. Juga kegiatan rutin Bulan Bakti Gotong Royong ini tetap di programkan di wilayah Desa Nyuh Tebel harapan Babinsa Desa Nyuh Tebel Serda I Made Tama Budi.

Hadir dalam kegiatan Prokasih ini Danramil beserta 5 orang anggota, Staf Kecamatan Manggis, Babinkamtibmas, Kelian Subak, Perbekel beserta staf, LPM Desa Nyuhtebel, Karang Taruna, Masyarakat Desa Nyuh Tebel sekitar 60 orang. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar