Senin, 08 Mei 2017

Upacara Bendera, Ratusan Siswa Berkumpul Di Makorem 161/Wira Sakti


Pendam IX/Udayana
Senin, 08 Mei 2017

Ada suasana berbeda pada pelaksanaan upacara bendera pada Hari Senin (8/5) di Makorem 161/Wira Sakti.

Jika pada setiap hari Senin minggu-minggu sebelumnya hanya melibatkan Prajurit Makorem dan Jajaran Balak Aju, maka pelaksanaan upacara bendera Senin pagi (08/05) melibatkan unsur pelajar yaitu
siswa-siswi SMA dan SMP.

"Pelaksanaan kali ini dua sekolah yang dilibatkan yaitu SMP Negeri 4 Kupang dan SMA Negeri 3 Kupang yang berjumlah sebanyak 100 siswa"  sebut Kasiter Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Afson Ridwan Sirait.

Menurutnya kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dan berjenjang sesuai instruksi dari Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc.,  kepada satuan jajaran untuk melaksanakan upacara bersama pelajar  sebagai bagian dari program serbuan teritorial utamanya dalam rangka menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara.

"Di Korem kita laksanakan, kemudian di seluruh Kodim Jajaran sampai ke Koramil-Koramil. Mekanismenya para pelajar atau siswa kita jemput, kita siapkan transportasinya dan diajak melaksanakan upacara di masing-masing satuan", tambah Kolonel Inf Afson Ridwan Sirait.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyikapi kondisi bangsa saat ini yang rentan terhadap disintegrasi dan degradasi moral, maka dipandang perlu untuk mengajak generasi muda seperti pelajar sebagai generasi penerus bangsa melalui kegiatan upacara bendera bersama sebagai salah satu sarana atau media menanamkan jiwa kebangsaan, nasionalisme serta patriotisme sehingga akan semakin tertanam rasa cinta tanah air dan sikap bela bangsa dan bela negara dalam wadah Negara Kesatuan  Republik Indonesia yang Berbhinneka Tunggal Ika ini.

Pantauan di lapangan para pelajar yang sejak pukul 06.15 Wita sudah hadir di Makorem terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan upacara bendera bersama prajurit dan aparat sipil negara (ASN) Makorem 161/Wira Sakti.

Seorang peserta upacara bendera Siswi SMA Negeri 3 Kupang bernama Abigail E. Ticoalu menyampaikan rasa  senang dan bangganya bisa ikut kegiatan seperti ini.

"Ini kali pertama kita dihadirkan Upacara Bendera Senin bersama Prajurit TNI AD Korem 161/Wira Sakti, pengalaman berharga seraya berharap kegiatan seperti ini akan dapat menanamkan jiwa nasionalisme sebagai Bangsa Indonesia, tahu untuk memberikan penghormatan kepada lambang negara bendera merah putih serta lagu Indonesia Raya. Yang lebih penting lagi dapat memberi dampak yang baik dalam kedisiplinan  termasuk bagi para siswa dan juga lingkungan masyarakat
”, ungkapnya penuh semangat.

Hal senanda juga disampaikan oleh Jimmy Suran Siswa SMP Negeri 4 Kupang. Siswa Kelas VIII ini mengungkapkan rasa senang dan bangganya ikut kegiatan tersebut.

"Kita harus bangga jadi Indonesia yang utuh yang
Berbhinneka Tunggal Ika, ungkapnya, seraya berharap ke depannya Bangsa Indonesia akan semakin maju dan sejahtera. (Penrem 161/Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar