Senin, 12 Juni 2017

Prebekel Desa Gunaksa I Ketut Budiarta Apresiasi Pelatihan Hansip



Pendam IX/Udayana
Senin, 12 Juni 2017

Pengamanan lingkungan menjadi tugas dan tanggung jawab semua Komponen masyarakat agar lingkungan kondusif, dimasa lalu masyarakat aktif menerapkan sistim keamanan lingkung sehingga peran Hansip menjadi sangat penting menjadi pelopor kegiatan Siskamling. Akhir-akhir ini Siskamling menjadi memudar dengan demikian perlu digiatkan kembali, karana terbukti dengan Siskamling dapat menangkal aksi-aksi kejahatan di wilayah. Demikian pengantar Babinsa Gunaksa Pelda Nengah Yasa didepan para personil Hansip dalam rangka memberikan pembekalan Fungsi dan Tugas Hansip diaula Kantor desa Gunaksa, Minggu (11/6).

Babinsa mengatakan Hansip sebagai keamanan Desa agar mampu mengelola sumber daya yang ada dalam rangka menciptakan keamanan desa, kegiatan agar dilakukan secara sinergi dengan aparat TNI dan Polri  yaitu Babinsa dan Babinkamtibmas yang bertugas di desa gunaksa. Pada kesempatan ini untuk memaksimalkan peran Hansip maka dilaksanakan pelatihan Hansip.

Tujuan pelatihan Hansip  adalah disamping Untuk meningkatkan kemampuan Hansip dan memahami tugas yang diemban, dan juga menyiapkan potensi demografi sebagai Kader rakyat terlatih untuk kepentingan Sishanta. Koramil 1610-03/Dawan berperan dalam menyiapkan dan menghimpun rakyat terlatih yang nantinya  dimanfaatkan untuk kepentingan Pertahanan.

Dalam rangka meningkatkan kesiapan hansip di desa gunaksa untuk tugas-tugas kedepan seperti pengamanan desa dan disiapkan untuk pengamanan even -even hari raya dan Pemilu.

Kegiatan dihadiri oleh Perbekel desa Gunaksa, Bendesa adat Gunaksa, Para Kaur dan Kadus se-Desa Gunaksa. Peserta latihan hansip berjumlah satu SST atau 31 orang dalam waktu pelatihan selama 2 hari, dengan materi latihan Baris Berbaris dan materi  penyuluhan tentang fungsi dan tugas hansip.

Prebekel Desa Gunaksa I Ketut Budiarta mengatakan menyambut baik kegiatan ini dan kegiatan pelatihan seperti ini sangat baik menambah pengetahuan petugas hansip di lapangan menjaga keamanan desa dan terima kasih kepada Babinsa dan Babinkamtibmas mohon agar hansip kami dilatih terus sehingga meningkat kemampuannya. (Kodim 1610/Klungkung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar