Minggu, 03 September 2017

Babinsa Desa Jumpai Pendampingan Petani Mengolah lahan pertanian



Semarapura.   Babinsa Desa Jumpai Pendampingan Petani Mengolah lahan pertanian di Subak Pegatepan Desa Jumpai Kec. Klungkung Kab. Klungkung, Minggu (3/9).

          Kegiatan Babinsa Koramil 1610/01/Klungkung terus mendorong Petani menanam padi. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Jumpai bersama Petani Subak Pegatepan membajak mempersiapkan media tanam padi.

          Upaya Kusus dalam meningkatkan hasil pertanian terutama padi, jagung dan kedelai (Pajale) peluang kerjasama yang intensif Babinsa PPL untuk selalu terus mendorong petani untuk menanam Pajale untuk menyukseskan program swasembada pangan.

          Kegiatan yang dihadiri Babinsa, PPL dan Kelian Subak Pegatepan. Kehadiran petugas tersebut untuk memotivasi petani agar tetap berkomitmen mensukseskan swasembada pangan sesuai program yang dicanangkan pemerintah. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dalam membatu Petani dengan memberikan Alsintan, subsidi bibit benih padi dan kedelai serta pupuk bersubsidi.

          Pengolahan dalam rangka penyiapan media tanam dilakukan pendampingan oleh babinsa dan PPL. Babinsa Jumpai Pelda Wayan Tirta menjelaskan selalu bekerja sama Dengan para klian subak ppl dan petani dan selalu hadir di sawah mulai dari mengolah lahan sampai dengan panen. Sepertu saat ini dilakukan Wayan Tirta yang turun lansung ke sawah membantu petani membajak dengan  alat bajak modern traktordebgan tenaga disel, mengemburkan tanah sawah dengan hasil membajaknya lebih cepat.

          Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI bersama-sama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan klungkung dalam mendampingi para petani dalam bercocok tanam (pajale), untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, sehingga tercipta swasembada pangan yang mencukupi.

          Peran Klian Subak Pegatepan Wayan Karta, untuk menghimbau para Petaninya yang sudah panen segera menggarap lagi lahannya swgera bisa ditanami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar