Senin, 04 September 2017

Bersama PT Talitha Group Kodim 1615/Lotim Tanam Bawang Putih Perdana

Pendam IX/Udayana
Senin, 4 September 2017

Minggu 03 September 2017 bertempat di Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun Kab. Lotim dilaksanakan kegiatan  Tanam Perdana Bawang Putih Demplot Kodim 1615/Lotim  bekerjasama dengan PT. Talitha Group. 

Kegiatan yang dihadiri oleh Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar S.I.P, Kasdim 1615/Lotim Mayor Czi Edy Gustaman, Kepala Direktur PT. Thalita H.Nuryanto S.H.,M.A beserta staf, Kabid Pertanian Lotim H.Badarudin, Unsur Muspika , Pasi Pers Kodim 1615/Lotim Kapten Inf I Nengah Seneng, Pasi Ter Kodim 1615/Lotim Kapten Inf Syafi'i, Danramil 1615-10/Sembalun Kapten Inf Akmal, Pasi Ops Kodim 1615/Lotim Lettu Inf Agil, Kapolsek Sembalun Iptu Made Sutama, Pasi Inteldim 1615/Lotim Lettu Inf Abdul Wahab, para Babinsa jajaran Kodim 1615/Lotim, Sekdes Sembalun Bumbung dan para tamu undangan ini, bertujuan untuk memberikan alternatif kepada masyarakat dalam memilih sistem dan metode tanam bawang putih yang paling sesuai dalam rangka meningkatkan hasil produksi menyesuaikan dengan kondisi lahan dan cuaca yang sedang berlaku.

Seperti apa yang disampaikan oleh Dandim 1615/Lotim pada kesempatan tersebut mengatakan  bahwa  Kegiatan ini sama sekali bukan retorika politik, bukan pula ajang jual obat. TNI semata-mata hanya ingin membantu masyarakat, memberikan alternatif mana sistem dan metoda tanam serta produk terbaik yang bisa diaplikasikan menyesuaikan dengan kondisi tanah yang umumnya sudah jenuh dan cuaca yang kurang menguntungkan saat ini dimana hujan sudah sangat jarang terjadi.

Selebihnya kita serahkan kepada masyarakat untuk memilih agar bisa menanam bawang putih sepanjang tahun, demi mencapai target yang dicanangkan oleh pemerintah.  Perlu kita ketahui bahwa beberapa tahun belakangan TNI-AD menjalin kesepakatan/MoU dengan Kementan karena banyak latar belakang, gambarannya adalah, bayangkan saja Indonesia yang dikenal dunia sebagai negara agraris tapi masih impor beras, jagung, kedelai dan lain-lain termasuk bawang putih seolah NKRI ini seperti Singapura yang tidak punya lahan pertanian, padahal lihat saja, NKRI ini sangat luas dan tanahnya subur, harusnya kita mencapai swasembada di semua sektor pertanian.
Itulah kenapa Kementan menjalin MoU dengan TNI, karena tau persis bagaimana Merah Putihnya prajurit TNI, semoga mampu bersama Kementan mencapai ketahanan pangan sekaligus memberangus masalah-masalah dibidang pertanian dari hulu sampai hilir, dan kami yakini inilah salah satu pengabdian TNI, penjabaran dari ke-14 tugas TNI sesuai UU no. 34 tahun 2004. 

Dalam demplot bawang putih ini Kodim 1615/Lotim bekerjasama dengan PT. Talitha dengan menggunakan pupuk organik berbasis Mikrobia yang kabarnya selain menyuburkan tanaman juga mampu mengembalikan unsur hara dan kesuburan tanah yg telah tergerus oleh bahan-bahan kimia pada proses penanaman yang lalu, lebih jelasnya kita nanti akan mendengarkan presentasi dari PT. Talitha.  Untuk itu, kami memohon dukungan dari semua pihak terkait penanaman bawang putih agar kegiatan bisa kita laksanakan dengan aman dan lancar serta mendapatkan hasil yang optimal. (Kodim 1615/Lotim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar