Jumat, 01 September 2017

Hewan Qurban : Nilai Kesalehan Ritual Dan Kesalehan Sosial.



Pendam IX/Udayana
Jumat, 1 September 2017

Dalam setiap perayaan Idul Adha umat muslim, selain melaksanakan sholat sunah dua rakaat juga bagi yang mampu secara materi dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban. Penyembelihan hewan qurban ini bermula dari kisah perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putra terkasihnya yaitu Nabi Ismail.
 Berkenaan ndengan perayaan Hari Idul Adha, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin S., S.I.P.M.Sc,. menyerahkan hewan qurban kepada umat Muslim pada Jumat (1/9) di halaman Masjid Agung Sudirman untuk disembelih dan dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya.

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan, penyembelihan hewan qurban  ini mengandung dua nilai yakni nilai kesalehan ritual dan nilai kesalehan sosial. Kesalehan ritual berarti dengan berqurban berarti telah melaksanakan perintah Allah menonjolkan hal-hal yang bersifat keagamaan atau kerohanian. Kemudian qurban diartikan sebagai kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, juga memiliki dimensi kemanusiaan sebagaiu wujud solidaritas kemanusiaan yang termanifestasikan secara jelas dalam pembagian daging qurban.

Perintah berqurban bagi yang mampu ini menunjukkan bahwa Agama Islam mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa respek dan peduli terhadap fakir miskin dan kaum dhu’afa  yang ada disekitarnya. Dengan disyari’atkannya qurban, umat Muslim dilatih untuk mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial dan mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama guna mempererat tali silaturahmi atau kebersamaan.

Semua ini sejalan dengan tema Idul Adha atau Idul Qurban Tahun 1438 H/2017 M yaitu Melalui  Hikmah Idul Adha 1438 H/ 2017 M Kita Tingkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Serta Sikap Rela Berkorban Guna Mewujudkan Prajurit Yang Kuat, Hebat, Profesional Dan Dicintai Rakyat.

Tema ini hendaknya dapat dijadikan sarana untuk menumbuhkan dan mening-katkan kepedulian sosial sebagai seorang Prajurit maupun Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan  Darat terhadap masyarakat di lingkungan sekitar masing-masing, untuk itu Pangdam berpesan kepada panitia agar   pembagian daging qurban ini diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan taufiq dan hidayahNya kepada kita sekalian, Demikian harap Pangdam.

Hadir pada kesempatantersebut antara lain Kasdam IX/Udayana, Irdam, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, Para Asisten Kasdam, Perwura Ahli, LO-AL,LO-AU dan para Kepala/Komandan Satuan Kodam IX/Udayana. (Pendam IX/Udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar