Senin, 20 November 2017

Bentuk Ksatria Patriot Bangsa, Kodim 1626/Bangli Bina Pramuka Saka Wira Kartika



Pendam IX/Udayana
Senin, 20 Nopember 2017

Untuk memberikan ketrampilan dan pengetahuan kepada Saka Wira Kartika, Kodim 1626/Bangli melaksanakan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, di Aula Makodim 1626/Bangli, Minggu (19/11). Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 1626/Bangli, Pasiter Kodim 1626/Bangli, Pelatih dan anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1626/Bangli.

Menurut penyelanggara Kegiatan Pasiter Kodim 1626/Bangli Kapten Chb Komang Gita kegiatan ini mengangkat tema “TNI AD melaui pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika TA. 2017 di Jajarannya ikut serta membina dan membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan serta mewujudkan rasa cinta tanah air dan mempererat Kebhinneka Tunggal Ika-an guna menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia”.

Materi yang diberikan dalam kegiatan pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika meliputi pembinaan syarat kecakapan khusus yaitu Krida navigasi darat, Krida Pionir, Krida mounteinering, Krida Survival, Krida penanggulangan bencana, Pembinaan kesadaran bela negara dalam kepramukaan yaitu PBB/PPM dan Latihan Upacara Bendera. Wawasan Kebangsaan yaitu Proxy war, Sejarah nasional, dan Paham Radikalisme, Kekayaan dan kewirausahaan, Kepedulian sosial dan lingkungan.

Dalam pengarahannya Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto, M.Sc. menyampaikan bahwa Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan kepramukaan. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan Program Kerja TNI-AD Bidang Teritorial yang bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif sehingga dapat terhindar dari kegiatan negatif serta dapat membentuk patriot bangsa yang setia, berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan bangsa dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam ceramahnya Dandim juga menyinggung Tentang Wawasan Nusantara, Pontensi yang di miliki oleh Negara Indonesian, serta berbagai kerawanan yang perlu diwaspadai. Kepada adik-adik Saka Wira Kartika saya berpesan ikuti dan laksanakan kegiatan ini sesuai arahan dan petunjuk dari pelatih sehingga dapat diambil manfaatnya dalam melaksanakan tugas belajar di sekolah atau di tempat tinggal masing masing. (Kodim 1626/Bangli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar