Rabu, 08 November 2017

Pendampingan Babinsa Gerokgak Dalam Pengolahan Lahan Kering Secara Tradisional



Pendam IX/Udayana
Rabu, 8 Nopember 2017

Pengolahan Lahan Kering Secara Tradisional di dusun Brombong, Subak Abian Brombong Desa Celukanbawang Kec. Gerokgak Kab. Buleleng, Rabu (8/11).

Di lahan Bapak Made Darsana dan Ketut Sukadana Dusun Brombong, Disubak Abian Brombong Desa Celukanbawang Babinsa koramil 1609-08/Gerokgak Serka Made Sarka melaksanakan pendampingan upsus pertanian.Pengolahan lahan kering secara tradisional dilakukan.Luas lahan yang diolah 1 Ha 20 Are yang rencananya ditanami bibit jagung, bisi 18 bantuan dari Distan Kabupaten Buleleng. Penyerahan langsung benih jagung bisi 18 kepada Petani sebanyak 15 Kg.

Tanah sebagai media tanam harus mendapatkan perhatian khusus sebelum memulai bercocok tanam, adapun tahapan yang harus ditempuh dalam memulai bertani adalah pengolahan tanah. Pengolahan tanah yang baik akan menghasilkan pertumbuhan tanaman yang baik pula selain faktor bibit, pemeliaharan, serta hama. Pengolahan tanah pada dasarnya adalah memperbaiki susunan tanah sehingga bibit maupun tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Secara garis besar, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengolahan tanah yaitu tingkat kelembaban tanah, kegemburan tanah, dan ketersediaan unsur hara dalam tanah. Beberapa alat yang sering digunakan untuk pengolahan tanah kering antara lain linggis, cangkul, baja, cangkul garpu, sekop, sabit, serta perlengkapan lainnya.(Kodim 1609/Buleleng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar