Rabu, 08 November 2017

Rapat Percepatan Upsus wilayah Gianyar



Pendam IX/Udayana
Rabu, 8 Nopember 2017

Dalam rangka menindak lanjuti program pemerintah tentang kedaulatan pangan, Kodim 1616/Gianyar bersama dengan dinas pertanian Kabupaten Gianyar dan instansi terkait melaksanakan rapat koordinasi pencapaian target dan sasaran tanam Upsus Pajale periode Oktober 2017 - Maret 2018  di Kantor Dinas Pertanian Gianyar, Selasa (7/11).

Rapat yang digelar di aula Kantor Dinas Pertanian Kab. Gianyar dihadiri  oleh Dandim 1616/Gianyar melibatkan Kadistan Gianyar, Para Danramil jajaran Kodim 1616/Gianyar, Tim Teknis Provinsi. Bali, BPS se Kab. Gianyar dan Ka UPT se Kab.Gianyar serta instansi pendukung dari bidang pertanian.

Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Asep Noer Rokhmat,S.E menyampaikan mengenai target yang belum tercapai ada beberapa kendala dan hambatan yang dialami dilapangan dimana salah satunya adalah kerusakan saluran irigasi sehingga perlu penanganan yang terkoordinasi selain itu masalah hama yang juga harus mendapat atensi, kedepan rencana sasaran tanam, panen, produktifitas dan produksi tanaman pangan Kab.  Gianyar harus mempunyai data statistik yang valid tentang luas lahan di Kab. Gianyar jangan sampai ada berbedaan jumlah luas lahan sehingga kerjasama petugas lapangan dengan para Babinsa dapat berjalan baik untuk meningkatkan swasembada pangan.

Kadistan Gianyar Ir. I Made Raka, M.Si  pada intinya menyampaikan tingginya alih fungsi lahan perlu diantisipasi dengan Ranperda yang akan dikoordinasikan dengan Prof. Wayan Widia sehingga dapat mencegah terjadinya alih fungsi lahan di wilayah Kab. Gianyar, mengenai kerusakan saluran irigasi sehingga banyak lahan yang tidak mendapatkan air, semoga ditahun 2018 permasalahan sudah dapat diselesaikan sehingga dapat memenuhi target yang diberikan agar pencapaian target dapat terpenuhi.

Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian target dan sasaran tanam Upsus Pajale periode Oktober 2017 - Maret 2018 dengan antara lain penjabaran potensi wilayah, Pencapaian Kinerja 2015 dan Target kinerja 2017, perkembangan lahan di Kab. Gianyar, Sasaran dan Capaian luas tanam Pajale tahun 2014 - 2017 dan kebijakan pencapaian swasembada Padi dan Kedelai di Kab. Gianyar. (Kodim 1616/Gianyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar