Senin, 18 Desember 2017

Panen Jagung Perdana 1609-08/Gerokgak di Mertasari Patas Gerokgak

Pendam IX/Udayana
Senin, 18 Desember 2017

Panen Jagung Perdana Koramil 1609-08/Gerokgak di Dusun Mertasari Desa Patas Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng, Senin (18/12).

Di Indonesia, umumnya jagung digunakan untuk bahan baku industri pakan ternak. Jagung mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan ternak, seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, besi, fosfor dan Vitamin B1. Dengan kelengkapan nutrisi yang terkandung di jagung.
     
Di Dusun Mertasari Desa Patas telah dilaksanakan panen raya jagung unggulan LIPI 2017. Panen bersama implementasi tehnologi mikroba fungsional untuk adaptasi dampak perubahan iklim.
     
Panen jagung di laksanakan dikebun milik Bapak Madra dan Wayan Mandra dengan luas 1 Ha. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Ketua LIPI perwakilan bali bapak Dr Bayu aji M.Si. sekretaria pertanian Kab. Buleleng Bapak Wayan Narta.
     
Umur panen yang kurang tepat, seperti panen muda, akan menurunkan mutu jagung. Hal ini disebabkan karena jagung muda masih berkadar air tinggi. Padahal kadar air tinggi bisa memicu munculnya penyakit pasca panen seperti jamur dan busuk tongkol.
    
Panen bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik secara manual maupun dengan mesin panen jagung. Apapun teknik yang digunakan, prinsipnya adalah menjaga kadar air tetap rendah dan dibuat serendah-rendahnya. Biji dengan kadar air rendah dapat meminimalisir serangan panyakit pasca panen, sekaligus meningkatkan harga ditingkat pedagang atau pengepul jagung. (Kodim 1609/Gerogak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar