Senin, 08 Januari 2018

Danrem 161 Wira Sakti : TNI-Polri Siap Amankan Kunker Presiden Di NTT

Pendam IX/Udayana
Senin, 8 Januari 2018

Komandan Korem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., usai memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan kerja Presiden  RI Ir. Joko Widodo dan rombongan ke wilayah Nusa Tenggara Timur,  mengatakan pihak TNI dan Polri telah siap untuk mengamankan acara kunjungan kerja tersebut.

Hal ini disampaikan Danrem 161/WS saat dikonfirmasi awak media di Lapangan Apel Makorem 161/ Wira Sakti, Minggu (07/01).

Presiden Repubik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan  akan berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT) tepatnya di Kupang dan Rote Ndao dalam rangka kunjungan kerjanya selama dua hari yaitu Senin (8/1/2018) - Selasa (9/1/2018).

Pihak TNI Polri yang bertugas untuk melakukan pengamanan, sudah mempersiapakan semua pengamanan yang dibutuhkan dengan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan  Pam VVIP di lapangan Makorem setempat.

Dalam amanatnya Danrem menyampaikan amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak yang mengatakan bahwa pengamanan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo beserta rombongan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada kita.

"Untuk itu, kita harus junjung tinggi kehormatan dan kepercayaan tersebut dengan berbuat maksimal agar rangkaian kegiatan kunjungan kerja Presiden RI dan Ibu Hj. Iriana Joko Widodo serta rombongan dapat berjalan tertib, aman dan lancar," ujar Danrem.

Apel yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan Pasukan pengamanan baik secara perorangan maupun satuan sesuai Protap yang berlaku dalam rangka Pengamanan VVIP, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan secara optimal.

Selain itu, apel pengecekan ini juga sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan, sehingga tidak terjadi hambatan.

Selain itu Danrem juga menegaskan agar para personel memahami dan menguasai Prosedur Tetap Pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

"Pegang teguh disiplin dan pahami rantai Komando agar tugas pengamanan dapat terlaksana dengan baik dan Ingat jangan lengah dan tingkatkan kepekaan terhadap segala kemungkinan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak lain yang ingin mengganggu pengamanan," ujar Danrem.

Dalam pengamanan kali ini TNI Polri melibatkan 3.250 personel. Selain itu disiapkan dua KRI untuk berjaga jaga.

"Dinamika akan terus ada mungkin juga di last minute akan terjadi perubahan jadwal dan lainnya  tapi secara pengamanan kita siap lakukan yang terbaik," lanjut Danrem.

Dalam gelar pasukan pengamanan hadir pula Kapolda NTT, Komandan Lanud El Tari  Komandan Lantamal VII Kupang dan jajaran TNI Polri Lainnya.

Seusai apel gelar pasukan, semua personel masuk ke satuannya masing-masing untuk mengadakan latihan, simulasi dan mendengarkan pengarahan dari Dansubsatgas  dan juga oleh Paspampres untuk lebih memahami tugas masing-masing.


Kegiatan juga diisi dengan gladi rangkaian mulai dari Bandara Eltari menuju tempat-tempat yang akan dikunjungi pemimpin nomor satu di negeri ini. (Penrem 161/WS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar