Jumat, 05 Januari 2018

Sertijab Di Lingkungan Kodam IX/Udayana Kembangkan Kemampuan Manajerial Dan Beri Warna Positif

Pendam IX/Udayana
Jumat, 5 Januari 2017

Kodam IX/Udayana sebagai kompartemen strategis, kedepan mempunyai tugas yang semakin berat, oleh karena itu Kodam IX/Udayana senantiasa melaksanakan kaderisasi dan penyegaran sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan organisasi dalam upaya optimalisasi pencapaian tugas pokok Kodam IX/Udayana, berkenaan dengan itu pada Jumat (5/1) Kodam IX/Udayana melaksanakan acara Tradisi Penerimaan, Penyerahan Tugas, Pergeseran Jabatan dan Serah Terima Jabatan Perwira Menengah dipimpin oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin S., S.I.P.,M.Sc, di Hall Makodam IX/Udayana.

Dalam acara tersebut jabatan yang diserahterimakan antara lain, Komandan Detasmen Markas, Letkol Inf Elvin Tiomada S, menyerahkan tugas kepada Pangdam IX/Udayana dalam rangka mengikuti pendididkan Athan, kemudian pergeseran jabatan Staf Alhi Pangdam IX//Udayana Bidang Ilpengtek Dan LH, yang semula dipegang Kolonel Inf Pranito Dwinarwan,SIP, diserahkan kepada  Kolonel CZI Abdijon Sinaga. Staf Ahli Pangdam Bidang Ekonomi, dari Kolonel Czi Abdijon Sinaga kepada Kolonel Inf Pranito Dwinarwan,SIP. Jabatan Asrendam diserahterimakan dari Kolonel Inf Eko Hariyanto,S.Sos, kepada Kolonel Inf Ahmad Muttakin, S.Sos. Aspers Kasdam IX/Udayana dari Kolonel Inf Mahanom Suparyono kepada Kolonel Inf Heru Agung Aryandhono dan Dandeninteldam dari Letkol Chb Dayat Dwi Ariyanto,S.Sos, kepada Mayor Inf Nelson Paido Makmur.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Kolonel Inf Mahanom Suparyono, danLetnan Kolonel Inf Elvin Tiomada Saragih beserta isteri atas pengabdiannya selama ini. Kemudian kepada Kolonel Inf Ahmad Muttakin, S.Sos., dan Kolonel Inf HeruAgung Aryandhono beserta isteri Pangdam menyampaikan ucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kodam IX/ Udayana. Selanjutnya kepada Kolonel Czi Abdijon Sinaga, Kolonel Inf Pranito Dwinarwan, S.IP., Kolonel Inf Eko Hariyanto, S.Sos., Letnan Kolonel Chb Dayat Dwi Ariyanto, S.Sos., dan Mayor Inf Nelson Paido Makmur disampaikan selamat bertugas dalam jabatan yang baru.

Selanjutnya Pangdam menyampaikan bahwa, serahterima jabatan ini pada hakekatnya merupakan bagian dari proses kaderisasi dan penyegaran serta tuntutan kebutuhan organisasi dalam upaya optimalisasi pencapaian tugas pokok Kodam IX/Udayana dan samping itu juga dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan manajerial para perwira sejalan dengan pola pembinaan personel dan karier prajurit. 

Pangdam menekankan peran staf kalau dianalogikan dari kata STAF yaitu S (Sibuk, Serius, Santai, Selesaikan Tugas Pokok), T (Tanggap, Tanggon, Trengginas), A (Analisa/Kepekaan Sosial) dan F (Fore Casting/ Antisipasi). Sesuai dengan analog ini, maka para Perwira Staf harus dapat berbuat sesuai dengan perannya, dilandasi kompetensi masing-masing, mengingat Kodam IX/Udayana merupakan kompartemen strategis yang mengemban tugas berat mengamankan kedaulatan negara serta keutuhan wilayah NKRI di wilayah Bali dan Nusa Tenggara dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar negeri.

Konsekuensi dari tugas ini, seluruh prajurit Kodam IX/Udayana tidak terkecuali Staf Ahli Pangdam Bidang Ilpengtek dan LH, Staf Ahli Pangdam Bidang Ekonomi, Asrendam, Aspers serta Dandeninteldam dituntut mampu melaksanakan tugas dengan baik, karena itu para pejabat baru agar segera pelajari tugas pokok sekaligus menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja di masing-masing satuan. Berikan warna positif dan ciptakan suasana kerja yang kondusif sehingga mampu memotivasi anggota lebih giat bekerja guna peningkatan profesionalisme yang berbasis kinerja di satuan masing-masing. Demikian ujar Pangdam. 

Hadir dalam acara tersebut para pejabat  Kodam antara lain, Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Irdam IX/Udayana, Danrem 163WSA, Danrindam IX/Udayana, Para Sahli Pangdam IX/Udayana  Para Asisten, LO-AL, LO-AU, para Kabalak Kodam IX/Udayana, Persit Kartika Chandra Kirana dan sejumlah undangan lainnya.(Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar