Selasa, 20 Maret 2018

Syukuran HUT, Yonif 743/PSY Junjung Tinggi Kearifan Lokal di Manapun Berada




Pendam IX/Udayana
Selasa, 20 Maret 2018

Satgas Pamtas RI - RDTL Yonif 743/PSY Dpp Dansatgas Melaksanakan kegiatan Syukuran HUT Batalyon yang ke 53 tahun. Adapun kegiatan tersebut diadakan di Makosatgas, pada Senin (19/03).  Dengan dihadiri oleh Anggota Polres Belu, Kodim 1605/Belu, Yonif 744/SYB, Pemerintah Daerah Kab. Belu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Instansi Pemerintahan di Wilayah Atambua.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Sejarah Satuan Yonif 743/PSY Kemudian dilanjutkan Sambutan Dansatgas. Dalam acara Syukuran Batalyon Infanteri 743/Psy ke 53, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Mayor Inf Putu Tangkas Wiratawan S.Ip, Dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan HUT Batalyon Infanteri 743/Psy ini sekaligus memberikan pesan kepada seluruh Prajurit  Yonif 743/PSY agar senantiasa mengenang sejarah satuan yang ada sehingga selalu menimbulkan kebanggan dan kecintaan terhadap satuan.


Tentunya dengan kecintaan terhadap satuan maka setiap prajurit akan selalu berbuat yg terbaik yg didasarkan Pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit Dan 8 Wajib TNI, khususnya dalam menjaga perbatasan, Danyon berpesan agar selalu membantu setiap kesulitan masyarakat perbatasan dan selalu menjaga hubungan yang harmonis dengan masyarakat dimanapun bertugas, dengan demikian, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberi perlindungan dan kesuksesan untuk Batalyon Infanteri 743/PSY yang kita cintai ini.

Dalam kegiatan ini juga diadakan kegiatan pemotongan tumpeng dan pemberian penghargaan prajurit berprestasi. Pemberian penghargaan ini diberikan atas dasar kepedulian dan keikhlasan Prajurit 743 yang dengan sigap menolong warga yang digigit ular dan dievakuasi sampai ke Puskesmas dalam keadaan aman.


Kegiatan Berikutnya adalah Kegiatan Ramah Tamah yang dilaksanakan dengan kegiatan Santap siang bersama prajurit dan tamu undangan. Pada kegiatan kali ini dilaksanakan dengan sedikit berbeda karena kegiatan santap siang tidak menggunakan piring ataupun nasi Kotak melainkan diatas daun pisang. Hal ini menunjukkan adanya kebersamaan prajurit 743 dan tamu undangan yang hadir pada acara tersebut.

Romo Yoris salah satu tokoh Agama yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa dalam setiap penugasan di wilayah perbatasan RI - RDTL pada umumnya semua Prajurit TNI yang bertugas dapat melaksanakan tugasnya dengan baik hanya saja Yonif 743/PSY sedikit berbeda dengan satuan lain saat bertugas diperbatasan, hal ini dikarenakan selain melaksanakan tugasnya Satgas Yonif 743/PSY juga sangat dekat dan cepat berbaur dengan Masyarakat khususnya di wilayah perbatasan sehingga saat Yonif 743/PSY bertugas akan sangat berkesan dan diterima dengan baik dimata Masyarakat.

Selanjutnya pukul 14.00 wita perwakilan Satgas Pamtas RI - RDTL Yonif 743/PSY yg dipimpin langsung Dansatgas Melaksanakan Kegiatan Tali Asih dan Pemberian Sembako Ke Panti Asuhan AL - Mujahidin di Kel. Manuaman Kec. Atambua Selatan dan Panti Asuhan Bakti Luhur Atambua Kel. Tulamalae Kec. Atambua Barat.

Pengurus AL-Mujahidin Ustad Sobri mengucapkan Terima Kasih kepada Dansatgas beserta Anggtanya yang memberikan Bantuan Sembako kepada anak - anak yatim dan berharap kedepannya akan ada kegiata-kegiatan positif lainnya antara Satgas Yonif 743/PSY dengan AL-Mujahidin.

Suster Petro yang dalam hal ini sebagai Pengasuh panti asuhan Bakti Luhur memberikan apresiasi yang tinggi kepada Satgas Yonif 743/PSY yang telah berkunjung dan berbagi kepada anak-anak yang berada di Panti Asuhan Bakti Luhur. Suster Petro juga mengucapkan Terima Kasih kepada Tim Kesehatan Satgas Yonif 743/PSY yang menyempatkan diri memberikan pelayanan kesehatan kepada anak-anak panti saat berkunjung dan memeriksa kondisinya sebagai wujud perhatiannya kepada anak - anak.

Diakhir Kegiatan Dansatgas mengucapkan terima kasih kepada Seluruh Prajurit atas dedikas dan pengabdiannya selama pelaksanaan tugas perbatasan. Hal ini menandakan bahwa Prajurit Yonif 743/Psy selalu mendapat hati di lingkungan masyarakat sekitarnya, karena Yonif 743/Psy selalu menjunjung tinggi kearifan lokal di manapun berada. (Satgas Pamtas RI - RDTL Yonif 743/PSY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar