Senin, 21 Mei 2018

Memaknai Hari Kebangkitan Nasional di Jaman Serba Digital




Pendam IX/Udayana
Senin, 21 Mei 2018

Kodam IX/Udayana memperingati Hari Kebangkitan Nasioanal dengan menggelar upacara pada Senin (21/5) di lapangan Makorem 163/Wira Satya. Upacara ini dilkasanakan untuk memperingati kebangkitan perjuangan seluruh rakyat Indonesia yang ditandai dengan lahirnya Boedi Oetomo.

Pada kesempatan tersebut Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia (Rudiantara), yang pada intinya menyampaikan bahwa Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bagi bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan.

Boedi Oetama telah memberikan yang terbaik bagi terbentuknya bangsa melalui suatu organisasi kepemudaan yang tanpa melihat asal-muasal primordial dan akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan, dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana saat itu, mereka terus menghidup-hidupi api nasionalisme dalam diri masing-masing.

Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain, meski belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya, keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

Adapun tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini adalah  “PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA MEMPERKUAT PONDASI KEBANGKITAN NASIONAL INDONESIA DALAM ERA DIGITAL”, sejalan dengan tema tersebut dalam konteks menghadapi digitalisasi ini, kita semua harus dalam irama yang serempak dalam memecahkan masalah dan menghadapi para pencari masalah, dulu kita bisa, dengan keterbatasan akses pengetahuan dan informasi.

Dengan keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa, seharusnya sekarang kita juga bisa, sepikul berdua, menjaga dunia yang serba digital ini, agar menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita.

Oleh sebab itu, mari maknai peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini di lingkungan kita sesuai lingkup tugas kita masing-masing untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang. Terima kasih. Bangkit Indonesia, demikian ajak Menteri Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia dalam sambutannya.

Upacara ini diikuti oleh anggota TNI dan Pegawai Negeri Sipil Kodam IX/Udayana yang bermarkas di wilayah Denpasar dan dihadiri juga oleh para pejabat Kodam IX/Udayana anrata lain Danrem 163/Wira Satya, para Staf Ahli, para Asisten, LO-AL, LO-AU dan para Kabalak Kodam IX/Udayana. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar