Rabu, 02 Mei 2018

Petani Wulanggitang Flotim Nikmati Panen Perdana di Lahan Cetak Sawah



Pendam IX/Udayana
Rabu, 2 Mei 2018

Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli mengapresiasi TNI Kodim 1624/Flotim yang telah bersama pemerintah daerah mendampingi petani, melalui program perluasan pencetakan sawah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Flotim, Agustinus Payong Boli pada saat berdialog dengan masyarakat Desa Hewa, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flotim, sebelum melakukan panen perdana dengan kelompok tani Rungat, Desa Hewa.

“TNI melalui para babinsa yang tersebar di desa-desa selalu mendampingi petani mulai dari tanam, pemeliharaan tanaman sampai dengan panen hari ini,” kata Agus Boli.

Dikatakannya, pemerintah daerah sangat mendukung dan bersyukur karena Flotim mendapat intervensi dari pemerintah pusat dalam program pencetakan perluasan sawah.

“Untuk mendukung suksesnya program tersebut, saya memberi pesan khusus kepada Pemerintah Desa Hewa Wulanggitang untuk tidak lelah memotivasi petani untuk menanam,” ajaknya.

Ia juga meminta agar para petani membiasakan budaya baru yakni, bercocok tanam di lahan basah, dari kebiasaan mengolah lahan kering sesuai misi ketiga pemerintah daerah yaitu selamatkan tanaman rakyat.

Sementara itu Dandim 1624/Flotim, Lektol Inf Komang Agus di hadapan para petani mengatakan, pemerintah telah memberikan bantuan kepada para petani berupa alat-alat pertanian untuk menggarap sawah, oleh karena itu Ia meminta agar alat-alat tersebut dijaga dan dirawat sebaik-baiknya.

“Saya menghimbau agar para petani di sini menggarap sawah dengan maksimal dan menggunakan Alsintan yang sudah tersedia, apabila Alsintan ini tidak digunakan secara maksimal maka kami bisa mengalihkan Alsintan ini kepada para petani yang lebih produktif,” tegasnya.

Penanaman padi di tempat ini, lanjut Komang Agus, bukan hanya sekali saja, akan tetapi harus terus dilakukan dengan memanfaatkan lahan kering menjadi lahan basah.

“Jangan sampai lahan yang sudah dibuka ini tidak ditanami dan menjadi lahan tidur,” imbuhnya.

Panen Padi Perdana ini selain dihadiri oleh Wabup Flotim dan Dandim juga diikuti oleh Kepala Dinas Pertanian Flotim, Anton Wukak Sogen, Danramil 1624-06/Boru Kapten Arm Edi Hermanto, Pasilog Kodim 1624/Flotim Kapten Inf Nyoman Mudayasa, Pasi Ter Kodim Kapten Ing Nurmarsudi, Camat Wulanggitang yang diwakili Kasie Trantib, Wakapolsek Boru, Kelompok Tani serta Masyarakat Desa Hewa. (Kodim 1624/Flotim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar