Senin, 14 Mei 2018

Wujudkan Rasa Solidaritas Sosial, Kodam IX/Udayana Sumbang Darah



Pendam IX/Udayana
Senin, 14 Mei 2018

Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel Inf, J Hotman Hutahaean, S.sos, disela kegiatan Donor Darah pada Senin (14/5) di Ball Room Discovery Kartika Plaza menyampaikan, Bhakti Sosial Kesehatan Donor Darah ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari Ulang Tahun ke 61 Kodam IX/Udayana yang tepatnya jatuh pada tanggal 27 Mei 2018 mendatang dengan mengusung tema “Kodam IX/Udayana Bersama Komponen Bangsa Lainnya Siap Mewujudkan Wilayah Bali Nusra Aman, Damai Dan Sejahtera”

Untuk merealisasikan tema tersebut banyak kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan, seperti Karya Bhakti sudah dilaksanakan minggu lalu, ribuan prajurit dan Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kodam IX/Udayana berbaur dengan Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat untuk melaksanakan pembersihan lingkungan di kawasan pesisir pantai Tanjung Benoa Nusa Dua, kemudian hari ini Donor Darah bekerjasama dengan PMI Cabang Provinsi Bali dengan mengerahkan ratusan Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil jajaran Kodam IX/Udayana  serta Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana untuk berpartisipasi dalam kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan ini dengan menyumbangkan darahnya, dan hasilnya nanti akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Cadang Provinsi Bali.

Kegiatan kemanusiaan seperti ini sengaja dilaksanakan sebagai wujud adanya perhatian, partisipasi dan kebersamaan dalam menumbuhkan rasa solidaritas sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan darah. Sudah sepatutnya ditumbuhkan dan dipupuk, karena dengan menyumbangkan darah pada hakekatnya mempunyai manfaat ganda disamping sangat bermanfaat bagi sipenerima untuk keselamatan jiwanya, pendonorpun mendapatkan manfaat, karena dengan melaksanakan donor secara teratur akan sangat bermanfaat bagi kesehatan si pendonor.

Pada kesempatan ini hadir Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, membuka secara resmi pelaksanaan Donor Darah kali ini dalam sambutannya pada intinya mengajak agar donor darah ini dijadikan sebagai gaya hidup yang menyehatkan dan bukan merupakan suatu hal yang menakutkan. Karena donor darah memiliki manfaat positif bagi pendonor antara lain menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius secara dini.


Kemudian masih ada rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kodam IX/Udayana seperti, Ziarah Rombongan ke Taman Makam Pahlawan. Ziarah ini mempunyai makna yang sangat dalam untuk memberikan Penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah rela berkorban jiwa raga demi kelangsungan bangsa dan Negara ini dan sekaligus juga memohon restu untuk melanjutkan perjuangannya dalam mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan pembangunan yang  bermanfaat.

Selanjutnya ada juga kegiatan Anjangsana dengan mengunjungi para Warakawuri, para pensiunan untuk saling menjaga silaturahmi, maupun dengan mengunjungi panti-panti asuhan sebagai wujud kepedulian Kodam IX/Udayana terhadap para penghuni panti yang sesungguhnya masih banyak membutuhkan sentuhan perhatian dan bantuan baik dari pemerintah maupun dari komponen masyarakat lainnya. Kemudian sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun juga akan dilaksanakan syukuran yang sesuai rencana akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei di Makodam IX/Udayana.


Kegiatan sosial dan kemanusiaan seperti ini dilaksanakan secara terpusat maupun secara tersebar di seluruh satuan jajaran Kodam IX/Udayana yang meliputi wilayan Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur. Demikian ujar Kapendam IX/Udayana.

Para pejabat yang hadir dalam Donor darah di Hotel Kartika Plaza ini antara lain Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya,  para Asisten, Para Perwira Ahli, LO-AL, LO-AU. Para Kabalak jajaran Kodam IX/Udayana, Ketua PMI Cabang Provinsi Bali dan JM Discovery Kartika Plaza. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar